Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ijtihad

Pengertian ijtihad – Ijtihad sanggup dilakukan terhadap kejadian atau kasus yang tidak terdapat secara eksplisit dalam sumber utama pedoman islam, Al-Qur’an dan Hadist dan terhadap kasus yang terdapat dalam kedua sumber itu. Ijtihad dalam bentukmya yang kedua dilakukan dengan cara menafsirkan kembali Al-Qur’an dan Hadist sesuai dengan kondisi masyarakat kini ini.

Pada lapangan atau ruang lingkup ijtihad mempunyai arti menuntaskan problem dan mengkaji ulang hanya berlaku dalam bidang fiqih saja. Masalah aqidah termasuk problem yang dihentikan di ijtihadkan lagi.akan tetapi tidak semua warga Muhammadiyah sepenuhnya oke terhadap pendapat tersebut terutama para cendekiawan atau pemikirnya.

Pengertian ijtihad

Pengertian ijtihad yakni suatu upaya yang dilakukan untuk menuntaskan problem yang secara eksplisit tidak terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadist. Dalam melakukan permasalahan tersebut diatas diharapkan adanya aktualisasi logika dan juga pikiran yang cerdas dan fitri, serta logika akal yang bersih, yang dijiwai oleh pedoman islam. Ijtihad sanggup dilakukan pada dikala terjadi suatu kejadian atau kasus yang tidak terdapat secara eksplisit dalam sumber utama pedoman islam, Al-Qur’an dan Hadist dan terhadap kasus yang terdapat dalam kedua sumber itu.

Ijtihad

Ijtihad berdasarkan istilah mempunyai dua arti yaitu Pemurnian dan juga peningkatan. Dalam arti pemurnian ijtihad dimaksud kan sebagai pemeliharaan mata pedoman islam yang berdasar pada kedua sumber yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-shohihah. Sedangkan arti dari Peningkatan yakni proses pengembangan moderenisasi dan yang semakna dengan yang lainnya. Tajdid dimaksudkan sebagai penafsiran, pengamalan, dan perwujudan pedoman islam dengan tetap berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah Ash-shohihah.

Menurut pengertiannya Ijtihad dalam bentuk yang kedua tersebut sanggup dilakukan dengan cara menafsirkan kembali Al-Qur’an dan Hadist sesuai dengan kondisi masyarakat kini ini. Dalam melakukan tindakan ijtihad lebih mengutamakan perihal kemaslahatan umat manusia, yang menjadi tujuan utama yang telah disyariatkan berdasarkan aturan dalam islam. Kemaslahatan yang dimaksud oleh para tokoh-tokoh tersebut yaitu kemaslahatan yang sesuai dengan syariat islam, atau setidaknya tidak bertentangan dengan syariat itu. Maslahat dengan nash, maka nash harus didahulukan daripada maslahat.

Pada sebuah lapangan atau pada suatu ruang lingkup ijtihad, arti dari menuntaskan problem dan mengkaji ulang hanya berlaku dalam bidang fiqih saja. Masalah aqidah termasuk problem yang dihentikan ataupun tidak sanggup untuk di ijtihadkan lagi. akan tetapi dalam hal ini tidak semua warga sanggup sepenuhnya oke terhadap pendapat tersebut terutama para cendekiawan atau para pemikirnya. Maka dari itu banyak masyarakat islam terutama warga muhammadiyah yang sangat berharap semoga ijtihad tersebut tidak hanya diartikan sebagai purifikasi saja, akan tetapi juga harus sanggup diartikan sebagai sebuah redefinisi dan reformulasi bagi suatu problem masalah gres yang harus dipahami secara integralistik. Baca: Perbedaan NU dan Muhammadiyah

Posting Komentar untuk "Pengertian Ijtihad"