Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peredaran Darah Terbuka Dan Tertutup

Peredaran Darah Terbuka dan Tertutup - peredaran darah pada makhluk hidup terdiri dari jantung, darah dan pembuluh darah. fungsi peredaran darah pada makhluk hidup yaitu untuk sirkulasi darah dan untuk mendistribusikan zat-zat yang dibutuhkan oleh badan untuk bertahan hidup. Jantung mengalirkan darah ke seluruh anggota badan melewati pembuluh darah. Darah yang mengandung oksigen akan mengalir keseluruh badan melewati pembuluh darah untuk didistribusikan ke anggota tubung yang memerlukannya. Setelah semua badan sudah teralirkan oleh darah yang mengandung oksigen, darah tersebut akan bertukar dengan darah yang sudah mengandung karbondioksida.

Perbedaan peredaran darah terbuka dan tertutup:

1. Peredaran Darah Terbuka
Peredaran darah terbuka merupakan peredarah darah sederhana. Jantung akan mengalirkan darah ke ronggo-rongga yang terbuka di tubuh. Makara pembuluh darah membawa darah dengan tekanan rendah, sebab darah juga mengalir ke seluruh badan diluar pembuluh darah. Biasanya peredaran darah terbuka dimiliki oleh hewan-hewan tertentu seperting serangga, udang dan biota atau makhluk kecil lainnya.

Kelebihan yang dimiliki oleh peredaran darah terbuka yaitu prosesnya membutuhkan sedikit energi jadi peredaran darah terbuka ini cocok untuk binatang yang bertubuh kecil dan mempunyai metabolisme yang tidak mengecewakan lambat. Baca: Peredaran Darah Ganda dan Jantung 

2. Peredaran Darah Tertutup

Peredaran darah tertutup mempunyai sistem yang lebih kompleks. Proses utamanya terletak di paru-paru dan kanal sistemik. Makara paru-paru akan mendapatkan oksigen dari luar tubuh, sesudah oksigen terikat pada darah, darah akan mengalir pada kanal sistemik, yaitu pembuluh darah untuk di bawa ke jantung dan akan di pompa ke seluruh cuilan tubuh.

Kelebihan yang dimiliki oleh peredaran darah tertutup yaitu peredaran darah tertutup lebih efisien sebab sanggup berjalan pada tekanan yang tinggi, dan juga peredaran darah tertutup hanya memerlukan jumlah darah yang relatif sedikit sebab hanya berjalan pada pembuluh darah saja. Peredaran darah tertutup juga sanggup memngalirkan darah dengan lebih cepat, sehingga nutrisi yang dibutuhkan badan sanggup dipenuhi dengan sangat baik. Peredaran darah tertutup lebih besar lengan berkuasa dari pada Peredaran darah terbuka. Karena mempunyai tingkat anti bodi yang tinggi pula dibandingkan Peredaran darah terbuka.

Perbedaan yang dimiliki antara Peredaran darah tertutup dan Peredaran darah terbuka.
  • Peredaran darah terbuka merupakan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh, tanpa harus melewati pembuluh darah. Makara pada binatang yang mempunyai Peredaran darah terbuka tidak sanggup mengenali perbedaan antara cairan badan serta darah sebab sama-sama mengisi seluruh bagian-bagian tubuh, dan keduanya tercampur didalam badan binatang yang mempunyai Peredaran darah terbuka. 
  • Peredaran darah tertutup merupakan darah yang dipompa oleh jantung ke seluruh badan melewati pembuluh darah. Makara darah hanya mengalir di pembuluh darah yang ada di dalam badan saja. Baca: Macam - Macam Pembuluh Darah

Posting Komentar untuk "Peredaran Darah Terbuka Dan Tertutup"