Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Pendidikan Huruf Pada Siswa

Pendidikan huruf kini telah diberlakukan khususnya untuk anak sekolah dasar. Pendidikan huruf sendiri ditujukan untuk menyebarkan kepribadian pada setiap siswa semenjak dini. Konsep pendidikan huruf menyerupai rasa cinta terhadap Tuhannya sendiri, rasa bertanggung jawab, lalu jujur, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang ditanamkan pada siswa semenjak dini. Pendidikan huruf mempunyai banyak artian, namun mempunyai persamaan tujuan.

Pengertian dari Konsep Pendidikan Karakter

Menurut Elkind dan Sweet, pendidikan huruf merupakan cara untuk menciptakan seseorang mengerti, memahami, dan bertindak sesuai dengan sopan santun dan norma yang berlaku. Ketika seorang anak kecil menghadapi masalah, anak kecil tersebut dapat memilih mana yang benar dan mana yang salah tanpa ada tekanan sedikitpun. Menurut T. Ramli, konsep pendidikan karakter pada hakikatnya merupakan pendidikan perihal nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya sendiri dan bertujuan untuk menyebarkan kepribadian anak atau siswa didik ke arah yang baik sehingga dapat menjadi generasi muda yang membanggakan bangsa dan negara.

Sesuai dengan grand design milik kementrian pendidikan dan kebudayaan, konsep pendidikan huruf ini akan menyertakan aneka macam aspek dalam diri siswa didik nantinya, menyerupai aspek psikologis, sosio, dan cultural. Pembentukan huruf pada setiap siswa didik ini akan menyebarkan semua fungsi dalam diri siswa, menyerupai kognitif atau pola pikir, afektif, psikomotorik, dan konatif. Selain itu, pendidikan huruf siswa yang berupa sosio-kultural yakni bagaimana perilaku siswa ini saat berhadapan dengan orang-orang yang ada di dalam keluarganya, teman sepermainan, tetangga, lingkungan sekolah dan lingkungan selain rumah dan sekolah.

Sejauh ini pemerintah menginginkan anak didik atau generasi bangsa yang mendatang akan menjadi belum dewasa yang baik atau insane kamil. Oleh sebab itu, pemerintah, tepatnya kementrian yang fokus pada pendidikan dan kebudayaan di Indonesia menawarkan konsep pendidikan yang gres diterapkan di setiap sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi tinggi. Konsep pendidikan huruf inilah yang menjadi pola kementrian untuk menyebarkan setiap aspek yang dimiliki oleh siswa semenjak dini. Konsep ini akan diajarkan dengan cara pengetahuan, lalu pelaksanaan, dan lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan pada siswa.

Posting Komentar untuk "Konsep Pendidikan Huruf Pada Siswa"