Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Deskriptif Bahasa Indonesia

Contoh teks deskriptif bahasa Indonesia – Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yaitu bahasa yang menyatukan semua warga Indonesia. Ilmu bahasa Indonesia ialah ilmu yang harus dipelajari oleh setiap warga Negara Indonesia. Salah satu topik yang sering kali dipelajari dalam ilmu bahasa Indonesia ialah duduk kasus teks deskriptif atau teks deskriptif. Sudah tahukah anda apa itu yang dimaksud dengan teks deskriptif?

Teks deskriptif atau paragraph deskriptif adalah sebuah teks atau paragraph yang berisi wacana suatu citra atau lukisan dari sebuah benda yang sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian kalimat. Kaprikornus paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat yang menceritakan wacana sifat dari benda yang sedang diceritakan, paragraph tersebut sanggup menggambarkan dari benda tersebut sehingga mambuat pembacanya seolah olah melihat secara eksklusif benda yang diceritakan tersebut.

Dari klarifikasi tersebut diatas, apakah anda sudah sanggup untuk menciptakan pola teks deskriptif sendiri? Khususnya pola teks deskriptif bahasa Indonesia, sebab kita ialah pecahan dari warga Indonesia. Jika anda belum sanggup menciptakan pola teks deskriptif sendiri, anda sanggup membaca pola teks deskriptif bahasa Indonesia yang ada dibawah ini.

Contoh teks deskriptif

Teks deskriptif mempunyai tujuan tersendiri, tujuan dari teks deskriptif ialah agar orang yang membaca nya sanggup seolah olah melihat sendiri benda yang diceritkan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri menggunakan pola yang subjektif namun hal ini kalau si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut. Paragraph deskriptif mempunyai ciri ciri. Adapun cri ciri dari paragraph deskriptif tersebut ialah :

  • Paragraph berisikan wacana gamabaran suatu obyek
  • Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara terang dan melibatkan kesan pada sebuah indera 
  • Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah sanggup melihat secara eksklusif wacana obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut 
  • Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik menyerupai bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

Dari adanya klarifikasi yang lebih detail tersebut mungkin ketika ini anda sudah sanggup menciptakan pola paragraph deskriptif sendiri. Namun, dibawah juga akan saya berikan pola paragraph deskriptif bahasa Indonesia.

Contoh paragraph deskriptif bahasa Indonesia

Saya akan menawarkan pola paragraph deskriptif, sebab kita ialah orang Indonesia maka saya akan menawarkan pola paragraph deskriptif bahasa Indonesia. Berikut ialah contohnya.

Sungai serayu ialah sungai yang higienis dan juga alami. Lebar dari sungai serayu sanggup lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu mempunyai air yang higienis dan juga sangat segar. Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat higienis dan juga indah, sebab di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi. Bebatuan bebatuan tersebut sering dipakai sebagai daerah duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai daerah mancing.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Deskriptif Bahasa Indonesia"