Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fase Embrionik Dan Perkembangan Manusia

Fase embrionik dan perkembangan manusia – Terciptanya insan itu dimulai dari adanya proses pembuahan antara sel sperma dan sel telur di dalam ovarium. Setelah terjadinya pembuahan itu maka terjadilah kehamilan pada seorang wanita. Dalam kehamilan itu ada fase fase yang harus dilewati, salah satunya ialah fase embrionik. Setelah masa kehamilan akan melewati fase pasca kehamilan yaitu fase sesudah lahir. Nah, dikala ini saya akan bahas wacana fase embrionik dan juga fase perkembangan manusia. Langsung saja yuk kita simak bersama sama.

Fase embrionik

Fase Embrionik ialah suatu fase pertumbuhan dan juga perkembangan setiap makhluk hidup selama masih pada masa embrio atau masa dalam kandungan yang diawali dari adanya suatu insiden fertilisasi hingga lalu terbentuknya sebuah janin yang ada di dalam rahim seorang wanita. Fase fertilisasi ini merpakan suatu masa dimana terjadi pertemuan sel sperma dengan sel telur atau ovum yang lalu akan menghasilkan zygote. Lalu zygote itu akan melaksanakan pembelahan sel. Tahapan fase embrionik ada lima yaitu :
  1. Morula. Morula yaitu proses pembentukan sel menyerupai sebuah bola yang bulat. Hal ini ialah jawaban dari adanya pembelahan sel yang dilakukan secara terus menerus. Keberadaan sel antara satu dengan lainnya itu rapat.
  2. Blastula. Blastula yaitu sebuah prose pembentukan lanjutan dari fase morula yang akan terus mengalami pembelahan. Bentuk dari blastula itu sendiri ditandai dari mulai adanya suatu perubahan sel dalam mengadakan pelekukan yang dilakukan secara tidak beraturan. pada blastula itu sendiri mengandung cairan sel yang dikenal dengan cairan blastosoel. 
  3. Gastrula. Grastula yaitu proses pembentukan lanjutan dari fase blastula. Pada fase ini pelekukan sudah nampak positif terang dan mempunyai lapisan pada dinding badan embrio yang disertai dengan adanya rongga tubuh.
  4. Organogenesis. Organogenesis yaitu suatu proses terbentuknya organ organ yang ada pada badan setiap makhluk hidup (manusia). Organ yang akan dibuat ini asalnya ialah dari setiap masing masing jenis lapisan dinding pada badan embrio yang ada pada fase gastrula.
  5. Imbas embrionik yaitu suatu imbas dari adanya dua lapisan dinding pada badan embrio dalam proses pembentukan organ badan yang ada pada insan secara utuh dan sempurna.

Fase perkembangan insan

Fase perkembangan manusia jikalau ditinjau secara umum itu sanggup dibagi menjadi lima buah tahapan, yaitu:
  1. Bayi
  2. Anak anak 
  3. Remaja 
  4. Dewasa dan 
  5. Lansia.
Setiap tahapan atau fase perkembangan insan itu senantiasa akan berlangsung seiring dengan adanya acara belajar. Tugas dari setiap fase yang akanmuncul pada proses perkembangan, itu ialah suatu keharusan universal yang idealnya akan berlaku secara otomatis, menyerupai halnya acara mencar ilmu akan dilakukan secara otomatis seiring dengan berjalannya kelima buah tahapan yang terdapat didalam fase perkembangan manusia.

Posting Komentar untuk "Fase Embrionik Dan Perkembangan Manusia"