Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Norma Moral Istiadat Dan Norma Agama

Contoh norma tabiat istiadat dan norma agama - tabiat berasal dari bahasa arab yang berarti kebiasaan. Kaprikornus tabiat ialah kebiasaan yang mengidentifikasi status suatu daerah. Norma tabiat istiadat biasanya tidak tertulis namun mempunyai pengaruhyang besar lengan berkuasa dalam suatu masyarakat lantaran dilestarikan secara turun temurun. Pelanggaran pada norma tabiat istiadat sanggup berupa pengucilan dari masyarakat setempat hingga tak dianggap dari masyarakatnya.

Norma tabiat istiadat ada berdasarkat kebiasaan yang sudah dilakukan oleh nenek moyang dan diturunkan secara bebuyutan semoga terpelihara dan tetap ada.

Norma adat- istiadat dibagi menjadi beberapa pecahan yaitu :

1. Nilai Budaya ialah norma tabiat istiadat dari segi budaya yang berisi wacana ide-ide dalan suatu masyarakat atau kelompok, menyerupai buadaya gotong royong.

2. Norma merupakan tabiat istiadat yang terikat pada suatu tugas tertentu misalkan tugas pemuka agama, ustadzah, kyai dan lain sebagainya

3. Hukum pada norma tabiat istiadat ada yang bersifat tertulis maupun tidak tertulis

4. Aturan Khusus merupakat tabiat istiadat yag berisi wacana suatu acara khusus yang menjadi kebiasaan rutin menyerupai pengajian 4 bulanan orang yang sedang mengandung. Atau tabiat jawa yang melaksanakan beberapa prosesi ketika akan melangsungkan pernikahan.

Bentuk norma tabiat istiadat sanggup berupa hukum yang tertulis maupun tidak tertulis. Norma tabiat istiadat biasa diperkenalkan oleh orang renta kepada anaknya atau peraturan yang dikeluarkan oleh tetua adat, dokumentasi masa kemudian dan lain sebagainya, jadi yang menegakkan norma tabiat istiadat ialah orang-orang renta yang ada sebelum kita atau para tetua-tetua adat.

Norma tabiat istiadat muncul disebabkan adanya efek dari banyak sekali hal misalkan efek agama, efek kerajaan, efek bangsa lain dan masih banyak lagi.

Tingkatan norma tabiat istiadat diantaranya adalah: pertama cara yang dilakukan sekelompok masyarakat yang dilakukan secara berulang-ulang, misalkan cara makan suatu kelompok, kedua ialah kebiasan yang merupakan bentuk sikap yang berulang-ulang yang membawa efek nyata dan dianggap baik, ketiga ialah tata kelakuan yang mencerminkan sifat dan tabiat sekelompok masyarakat misalkan orang madura berwatak keras. Keempat ialah tabiat istiadat itu sendiri yang mempunyai efek besar dan besar lengan berkuasa bagi suatu kelompok atau masyarakat.

Itulah beberapa contoh norma tabiat istiadat, sedangkan norma agama ialah norma yang didasarkan pada kaidah-kaidah agama yang diciptakan semoga menjadi penuntun hidup atau petunjuk hidup bagi orang yang beragama. Norma agama itu menuntut kepatuhan atau ketaatan bagi penganut agama tersebut. Sifat dari norma agama bersifat mutlak dan tidak sanggup ditawar. Bagi yang meyakini agama, norma agama ialah norma yang paling tinggi kedudukannya diantara norma-norma lainnya. Norma agama tidak hanya mengatur wacana hubuangan antara insan dengan tuhannya tetapi juga mengatur bagaimana berafiliasi antara insan dengan manusua lainnya, insan dengan lingkungannya serta insan dengan makhluk lainnya. Bagi yang melanggar norma agama akan mendapat hukuman dosa dan akan mendapat pembalasan ketika meninggal nanti.

Contoh norma agama misalnya: bagi orang islam, wajib melaksanakan rukun islam dan mempercayai rukun iman, bagi orang kristen wajib ke gereja dan mempercayai ilahi yesus, bagi orag yang beragama hindu wajib memperlihatkan sesembahan kepada siwa, didalam agama juga ada hukum yang menyebutkan dihentikan membunuh, mencuri, dan masih banyak lagi.

Posting Komentar untuk "Contoh Norma Moral Istiadat Dan Norma Agama"