Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Variabel Penelitian

Pengertian dari Variabel
Terdapat beberapa definisi mengenai variabel dalam penelitian. Salah satunya ialah ibarat di bawah ini :

- Variabel merupakan segala sesuatu yang hendak dijadikan sebagai objek pengamatan di dalam sebuah penelitian. Kaprikornus pengertian yang biasa didapatkan dari definisi tersebut ialah bahwa di dalam sebuah penelitian ada sesuatu yang memang menjadi sasaran, contohnya variabel itu tadi. Sehingga variabel merupakan suatu fenomena yang menjadi perhatian di dalam penelitian yang di ukur atau diobservasi.

- Variabel merupakan konsep yang memiliki variasi nilai. Dari definisi tersebut mengandung arti konsep atau sesuatu sanggup disebut sebagai variabel apabila konsep tersebut memiliki variabilitas atau sanggup dibedakan jadi beberapa kategori atau jenis.

Kegunaan dari Variabel pendidikan
Untuk mempersiapkan metode atau alat pengumpulan data
Untuk pengujian hipotesis
Untuk mempersiapkan pengolahan data atau metode analisis

Macam-macam dari variabel

- Variabel Independen
Variabel yang sanggup menjadi alasannya perubahannya / sanggup menghipnotis / mengakibatkan variabel dependen.

·- Variabel Dependen
Variabel yang sanggup dipengaruhi / akhir yang dikarenakan adanya variabel bebas. Misalnya ibarat : imbas dari ikan terhadap motivasi pembelian. Kaprikornus ikan = variabel independen, sementara motivasi pembelian = variabel dependen.

- Variabel Moderator
Adalah salah satu variabel yang sanggup mempengaruhi, baik itu memperkuat maupun memperlemah relasi di antara variabel dependen dan independen. Selain itu variabel ini juga sering disebut dengan variabel independen kedua. Misalnya ibarat : Anak merupakan variabel yang memperkuat relasi di antara suami istri. Kaprikornus yang menjadi pihak ketiga yaitu variabel yang memperlemah relasi antara suami istri.

- Variabel Intervening
Adalah variabel yang sanggup menghubungkan di antara variabel Independen dengan variabel dependen yang sanggup memperlemah atau memperkuat relasi akan tetapi tidak sanggup diukur atau diamati. Misalnya ibarat : Hubungan di antara (Independen) kualitas pelayanan dengan (Intervening) kepuasan konsumen dan juga (Dependen) loyalitas.

- Variabel Kontrol
Adalah variabel yang dibentuk atau dikendalikan konstan, sehingga imbas dari variabel independen dengan dependen tidak dipengaruhi oleh faktor eksternal yang tidak diteliti. Misalnya ibarat : Adakah perbedaan di antara tenaga penjual yang lulus S1 dan D3, maka harus ditetapkan adanya variabel kontrol yang berupa peralatan yang sama, honor yang sama dan sebagainya. Sehingga apabila tanpa variabel kontrol tentu akan sulit ditemukan perbedaan penampilan karyawan yang disebabkan oleh faktor pendidikan.

Posting Komentar untuk "Variabel Penelitian"