Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Konsep Pendidikan Islam

Konsep konsep pendidikan islam - Konsep yakni wangsit umum yang tersusun rapi untuk diterapkan secara bersiklus dalam kehidupan nyata. Konsep sangat penting dalam pendidikan sebab pendidikan tanpa adanya konsep maka pendidikan tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu pendidikan terutama pendidikan Islam harus memiliki konsep yang mapan.

Pendidikan merupakan belahan penting dari kehidupan insan yang tak pernah bisa ditinggalkan. Pendidikan yakni transfer pengetahuan dan nilai. Pendidikan bertujuan untuk menyempurnakan kecerdasan-kecerdasan insan yang secara potensi telah diberi oleh Allah SWT. Islam mengenal forum pendidikan atau sentra pendidikan semenjak detik-detik awal diturunkannya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW. Guru agung yang pertama yaitu Nabi Muhammad SAW.

Pendidikan islam

Pendidikan Islam yakni perjuangan secara sadar yang dilakukan oleh orang remaja muslim yang bertakwa untuk mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) anak didik melalui aliran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya.

Pendidikan Islam merupakan jalur strategis yang dibutuhkan sanggup menyentuh seluruh aspek kehidupan. Karena pendidikan Islam merupakan media yang sanggup mengantarkan umat Islam kedalam gerbang kemajuan. Dengan wawasan ilmu pengetahuan yang terintegrasi, setidaknya hal menyerupai itu sanggup digunakan untuk membangun system pendidikan Islam, khususnya dalam merumuskan teori-teori pendidikan yang bersumber dari konsep-konsep pendidikan Islam.

Konsep konsep pendidikan islam

Pengertian dari konsep itu sendiri yakni wangsit umum yang tersusun rapi untuk diterapkan secara bersiklus dalam kehidupan nyata. Konsep sangat penting dalam pendidikan sebab pendidikan tanpa adanya konsep maka pendidikan tersebut tidak akan bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu pendidikan terutama pendidikan Islam harus memiliki konsep yang mapan. Konsep konsep pendidikan Islam antara lain:

Tarbiyah - Tarbiyah diartikan sebagai proses yang terkait dengan kegiatan yang bersifat fisik (jasmani) yaitu memberi makan anak semoga sanggup tumbuh, memelihara dan mengasuh anak. Tarbiyah lebih mengacu kepada segala sesuatu yang tumbuh.

Ta’lim - Ta’lim diartikan sebagai proses penanaman pengetahuan, pemahaman, pengertian tanggung jawab dan amanah, sehingga terjadi pencucian diri dari segala kotoran dan mengakibatkan diri seseorang dalam kondisi yang siap untuk mendapatkan hikmah serta mempelajari hal-hal yang belum diketahuinya dan berkhasiat bagi dirinya.

Ta’dib - Ta’dib merupakan proses penyemaian dan penanaman budpekerti dalam diri seseorang.

Konsep pendidikan Islam meliputi tiga hal yaitu Tarbiyah, Ta’lim dan Ta’dib. Ketiga hal tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan dari pendidikan Islam. Konsep pendidikan Islam yang paling sempurna berdasarkan para andal pendidikan islam yakni konsep Ta’dib. Konsep pendidikan yang dirumuskan oleh Islam intinya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi insan secara menyeluruh. Islam mengklasifikasi ilmu ke dalam beberapa bidang disiplin yang mana jiwa dari hal itu yakni bersinarnya kecerdasan sosial dari diri insan yang berujung pada tingginya kualitas akal pekerti dan akhlak.

Posting Komentar untuk "Konsep Konsep Pendidikan Islam"