Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Menulis Novel

Mungkin anda pernah berpikir ketika anda membaca sebuah novel, bagaimana caranya mereka bisa menulis novel? Dan dimana mereka mencar ilmu menulis novel? Pertanyaan ini mungkin ialah awal dari ketertarikan anda untuk mulai bisa belajar menulis novel dan mempunya sebuah novel dengan pengarangnya ialah nama anda.

Menulis novel sesungguhnya tidak harus melalui sebuah pendidikan formal di indonesia menyerupai sekolah jurusan penulis novel. Namun anda juga bisa mencar ilmu menulis novel secara otodidak. Atau mencar ilmu tanpa pertolongan guru hanya melalui tutorial.

Sebelumnya anda juga harus paham sesungguhnya apa yang dimaksud dengan novel. Dengan memahami pengertian novel akan membantu anda lebih gampang untuk mencar ilmu menulisnya. Novel ialah sebuah buku yang menyuguhkan suatu kisah baik itu kisah konkret ataupun fiksi.

Untuk mulai mencar ilmu menulis novel sebaiknya anda mulai membuat sebuah novel mengenai hal-hal yang anda sukai. Dengan menuliskan hal yang anda sukai akan memudahkan anda dalam mendapat inspirasi.

Ha yang harus diperhatikan dalam menulis novel adalah

1. penentuan tema,

tulislah sebuah novel dengan tema yang anda pahami. Dengan tema yang anda pahami akan memudahkan anda dalam menulis sebuah novel.

2. penokohan,

sebelum menulis sebuah
novel sebaiknya anda memilih tokoh-tokoh yang akan anda angkat dalam novel.

3. alur cerita

untuk permulaan  belajar menulis novel sebaiknya anda memakai alur maju.

4. gaya bahasa

gunakanlah gaya bahasa yang sederhana biar lebih gampang dipahami oleh banyak kalangan. Penggunaan gaya bahasa yang tinggi akan menciptakan sebagian pembaca sulit memahaminya. gunakan bahasa indonesia dengan baik.

5. Latar

Sebaiknya memakai latar kawasan yang pernah atau kunjungi.

6. amanat

sebuah novel yang anggun tentu saja sanggup menanamkan suatu kebajikan di hati pembacanya dan menunjukkan suatu pembelajaran bagi pembacanya.

Untuk sanggup menulis sebuah novel biar cepat selelsai sebaiknya anda perhatikan beberapa hal berikut :

1. Tentukan goal

Buatlah sasaran dalam jangka panjang da jangka pendek. Misalnya dalam jangka pendek. Perhari anda harus mendapat sekian halaman. Dengan begini anda akan terus menulis dan novel anda akan cepat selesai

2. Konsisten

Yang kedua ialah anda harus konsisten atau terus menerus. Rasa malas ialah musuh utama bagi seorang penulis. Kaprikornus anda jangan biarkan rasa malas itu terus-terusan ada. Karena sekali anda berhenti menulis maka akan menciptakan anda malas untuk memulainya kembali.dan Hal ini yang akan menciptakan novel anda menjadi terbengkelai.

3. Yakin

Saat anda mulai mencar ilmu menulis novel anda harus mempunyai sebuah keyakinan bahwa anda bisa menulis sebuah novel dan akan segera menyelesaikannya. Tanpa adanya keyakinan maka novel anda bisa dipastikan akan usang selesainya atau bahkan tidak akan selesai.

Itulah bagaimana cara mencar ilmu menulis novel yang baik serta cara biar novel anda bisa segera terselesaikan. Jangan pernah bosan untuk mencar ilmu dan mari budayakan menulis.

Posting Komentar untuk "Belajar Menulis Novel"