Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ilmu Tafsir



KUMPULAN SOAL ILMU TAFSIR

1.        Metode tafsir yang mengkaji ayat-ayat Al Alquran dari segala segi dan maknanya, ayat demi ayat, dan surah demi surah, sesuai dengan urutan dalam mushaf Usmani disebut dengan metode.......
A.    Maudhu’i                                         
B.     Tahlili                                              
C.     Muqaran
D.    Ijmali
E.     Isyari

2.        Penafsiran ayat Al Alquran terhadap maksud ayat Al Alquran yang lain disebut tafsir....
A.     Bil Ra’yi
B.     Fiqih
C.     Bil Ma’tsur
D.     Sufi
E.      Falsafi

3.        Penafsiran Al Alquran yang dilakukan (tokoh) suatu mazhab untuk sanggup dijadikan sebagai dalil atas kebenaran mazhabnya disebut tafsir.......
A.     Bil Ra’yi
B.     Fiqih
C.     Bil Ma’tsur
D.     Sufi
E.      Falsafi

4.        Tafsir tahlili (analisis) yang mengedepankan pembahasan sains dalam penafsirannya ialah jenis tafsir tahlili......
A.     Adabi
B.     Falsafi
C.     Fiqih
D.     Sufi
E.      Ilmi

5.        Penafsiran ayat-ayat Al Alquran dengan memakai teori-teori filsafat ialah metode penafsiran dengan cara .....
A.     Adabi
B.     Falsafi
C.     Fiqih
D.     Sufi
E.      Ilmi

6.        Pengetahuan seorang mufasir terhadap aturan-aturan yang disyaratkan dalam penafsiran Al Alquran ialah .....
A.     Sunah
B.     Mandub
C.     Harus
D.     Wajib
E.      Makruh

7.        Di bawah ini yang termasuk belahan ilmu dalam bahasa Arab, kecuali......
A.     Ilmu Nahwu
B.     Ilmu Sharaf
C.     Ilmu Ma’ani
D.     Ilmu Tauhid
E.      Ilmu Badi’

8.        Ilmu yang mempelajari bentuk asal kata dan pola kata kerja disebut dengan ............
A.       Ilmu Nahwu
B.        Ilmu Isytiqaq
C.        Ilmu Sharaf
D.       Ilmu I’lal
E.        Ilmu Balaghah

9.        Kegunaan dari ilmu balaghah ialah mengetahui ..............
A.     Bahasa Al Quran
B.     Isi Al Quran
C.     I’rab kalimat
D.     Turunnya ayat
E.      Akar kata

10.    Ilmu qiraat ialah ilmu yang mempelajari perihal....
A.     Ayat-ayat Al Quran
B.     I’jaz Al Quran
C.     Bacaan Al Quran
D.     Tahsin Al Quran
E.      Uslub Al Quran.

11.    Wahyu yang pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW adalah....
A.     QS. Al-‘Alaq ayat 1-5
B.     QS. Al-Falaq ayat 1-5
C.     QS. Yunus ayat 101
D.     QS. Al Baqarah ayat 164
E.      QS. Al-Fatihah ayat 1-7

12.    Rasulullah SAW mendapatkan wahyu untuk pertama kalinya saat ia sedang menyendiri di Gua Hira’. Penyendirian Rasulullah ini biasa disebut dengan istilah...
A.     Talawwus
B.     Tahaddus
C.     Tamannus
D.     Tahannuts
E.      Tarawwus

13.    Diantara sikap orang yang mengamalkan surah Al-‘Alaq ayat 1-5 adalah....
A.     Memiliki tekad dan semangat yang berpengaruh dalam belajar.
B.     Senantiasa memohon dukungan Allah biar dijauhkan dari sifat takabur.
C.     Menghafalkan ayat-ayat ini di luar kepala.
D.     Selalu membawa pena ke manapun ia pergi.
E.      Selalu membaca banyak sekali jenis buku, tidak peduli baik atau buruknya buku tersebut.

14.    Tanda-tanda kebemasukan Allah dan peringatan para Rasul tidak akan bermanfaa bagi orang-orang yang enggan diberiman. Pernyataan ini Allah sampaikan dalam...
A.     QS. Al-baqarah ayat 164
B.     QS. Al-‘Alaq ayat 5
C.     QS. Yunus ayat 101.
D.     QS. Yusuf ayat 111.
E.      Qs. Al-Ikhlas ayat 1-4

15.    Kata  انظروا  dalam QS. Yunus ayat 101, berarti.....
A.     Perhatikanlah.
B.     Cukup.
C.     Bermanfaat.
D.     Peringatan
E.      Sekelompok orang.

16.    Kata   إقرأ  dalam QS. Al-‘Alaq ayat 1 berarti…..
A.     Katakanlah
B.     Bacalah
C.     Ejalah
D.     Telaahlah
E.      Cermatilah

17.    Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menurut ayat Al-Quran sanggup dilakukan pada beberapa bidang ilmu ………
A.     Astronomi, Ilmu bumi, dan Kesenian
B.     Biologi, Fisika, Matematika, Ketrampilan.
C.     Astronomi, Geografi, Biologi, dan Fisika.
D.     Ilmu Bumi, Fisika, Bahasa, dan Antropologi.
E.      Astronomi, Fisika, Ilmu bumi, dan Sosiologi.

18.    Di antara pengembangan ilmu pengetahuan menurut ayat Al Alquran dalam bidang astronomi adalah………
A.     Ditemukannya kadar hujan.
B.     Ditemukannya garis orbit.
C.     Ditemukannya fungsi otak sebagai pengendali gerak.
D.     Ditemukannya teori relativitas waktu
E.      Penemuan bahwa besi berasal dari langit.

19.    Asal seruan penciptaan insan dari ‘alaq yang berarti…..
A.     Rahim.
B.     Sperma
C.     Segumpal darah
D.     Sel telur
E.      Tanah. 

20.    Berikut ialah sikap orang yang mengamalkan QS. Al-‘Alaq : 1-5, QS. Yunus : 101, QS. Al-baqarah : 164, kecuali…….
A.     Memiliki tekad dan semangat yang berpengaruh dalam belajar.
B.     Tekun dan sungguh-sungguh dalam mempelajari suatu ilmu
C.     Mengembangkan pengetahuan ihwal alam semesta.
D.     Melakukan penelitian atas segala hal.
E.      Menjiplak hasil inovasi orang lain.

21.    Ayat yang membicarakan hal yang harus diperhatikan insan dalam alam semesta ialah …………..
A.     QS. Al-Baqarah ayat 164
B.     Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.     QS. Ali Imran ayat 190-191
D.     QS. Al-A’raf ayat 179
E.      QS. Ar Rahman ayat 1-4

22.    Kata خلق   dalam QS. Al-Baqarah ayat 164 mempunyai arti……….
A.     Berlayar
B.     Berguna
C.     Penciptaan.
D.     Menyebarkan.
E.      Laut.

23.    Ayat yang memerintahkan insan untuk melaksanakan zikir dan fikir terdapat pada…….
A.     QS. Al-Baqarah ayat 164
B.     Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.     QS. Ali Imran ayat 190-191
D.     QS. Al-A’raf ayat 179
E.      QS. Ar Rahman ayat 1-4

24.    Zikir secara bahasa berarti…….
A.     Memperingati.
B.     Mengingat-ingat.
C.     Mengingatkan.
D.     Memperingatkan.
E.      Mengenang.

25.    Fikir yang dimaksud dalam QS. Ali Imran ayat 190-191 berarti…..
A.     Memikirkan nasib dan petaka yang ditakdirkan Tuhan.
B.     Memikirkan proses kejadian insan untuk sekedar mencari tahu.
C.     Memikirkan alam semesta untuk menemukan ilmu pengetahuan yang sanggup membuat kita sebagai penemu populer sedunia.
D.     Memikirkan proses kejadian alam semesta dan banyak sekali fenomena yang ada di dalamnya, sehingga mendapatkan manfaat dari padanya.
E.      Berfikir dalam segala sesuatu, sebelum melangkah, dan sebelum bertindak, untuk hasil yang terbaik.

26.    Di final ayat 190 surah Ali Imran, insan yang bisa melihat alam sebagai gejala kebemasukan dan keagungan-Nya, Allah sebut sebagai ……..
A.     Ulil Amri.
B.     Ulil Albab.
C.     Ulil Azmi.
D.     Ulil Abwab.
E.      Ulil Ahbab.

27.    Manusia yang tidak memakai potensi akalnya untuk memelajari gejala kebemasukan Allah, dianggap bagaikan binatang. Orang-orang tersebut kemudian diistilahkan sebagai………
A.     Al-Ghafilun
B.     Al-Ghafirun
C.     Al-Gharimun
D.     Al-Ghaibun
E.      Al-Ghalibun.

28.    Kehati-hatian dan upaya pembuktian terhadap tiruana diberita dan fenomena ialah metode yang sangat teliti dari aliran Islam. Anjuran untuk kehati-hatian ini terdapat dalam…….
A.     QS. Al-Baqarah ayat 164
B.     Qs. Al-Isra’ ayat 36
C.     QS. Ali Imran ayat 190-191
D.     QS. Al-A’raf ayat 179
E.      QS. Ar Rahman ayat 1-4

29.    Kata Al-bayan dalam surat Ar-Rahman ayat 4 maksudnya adalah………
A.     Potensi berpikir
B.     Cabang ilmu balaghah
C.     Pandai berbicara
D.     Pandai berekspresi.
E.      Semua benar selain B.

30.    Yang bukan termasuk imam dalam bidang qira’at adalah….
A.       Abu Amr dan Safi’
B.       Ashim dan Hamzah
C.       Al-Kisa’i dan Ibnu Amir
D.       Ibnu Katsir dan Ibnu Amir
E.        Ibnu Malik dan al Khalil

31.    Suatu qira’at dinilai shahih kalau sudah terpenuhi syarat-syarat…
A.    Bersambung sanad, simpel dibaca, sesuai dengan bahasa arab
B.     Bersamung sanad, sesuai dengan mushaf, diajarkan oleh imam yang masyur
C.     Bersambung sanad, sesuai dengan rasm mushaf utsmani, sesuai dengan tata bahasa arab
D.    Sanadnya Mutawattir, tidak janggal, sesuai dengan rasm mushaf
E.     Sesuai dengan bacaan Nabi SAW dan para teman dekat

32.    Berikut ini macam-macam bacaan qira’at yang boleh dipakai dalam sholat, kecuali qira’at…
A.    Mutawattirah
B.     Shahihah
C.     Sab’ah
D.    Syadzah
E.     Masyhurah

33.    Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini !
1        Ijtihad
2        Ahlul kitab
3        Penjelasan teman dekat
4        Kitabullah
5        Penjelasan Nabi
Yang Termasuk urutan landasan penafsiran al Qur’an pada masa tabi’in adalah…
A.     1,2,3,4,5
B.     1,2,5,3,4
C.     2,4,3,5,1
D.     3,4,1,2,5
E.      4,5,3,2,1

34.    Alasan yang melatarbelakangi kemunculan tafsir bil Ra’yi adalah…
A.     Logika insan sanggup dipakai untuk menemukan kebenaran
B.     Tidak tiruana ayat al Qur’an dijelaskan penafsirannya oleh Rasulullah SAW
C.     Tafsir bil Ra’yi lebih sesuai dengan zaman
D.     Tafsir bil Ra’yi lebih baik dari pada tafsir bil Ma’tsur
E.      Kemampuan ulama dalam menafsirkan Al Qur’an memakai riwayat berkurang

35.    Berikut ini termasuk tafsir bil Ra’yi, kecuali menafsirkan al Qur’an berdasarkan…
A.     Ilmu tata bahasa
B.     Ilmu logika
C.     Intuisi
D.     Ucapan tabi’in
E.      Sains

36.    Benih-benih kemunculan tafsir bil ma’tsur sudah ada semenjak masa…
A.     Rasulullah SAW
B.     Dinasti Bani Umayyah
C.     Dinasti bani Abbasiyah
D.     Ibnu Jarir at Thabary
E.      Pembukaan ilmu pengetahuan

37.    Berikut ini termasuk tafsir bil ma’tsur, kecuali
A.     Menafsirkan ayat al Qur’an dengan ayat al Qur’an lain
B.     Menafsirkan ayat al Qur’an menurut sunnah Nabi SAW
C.     Menafsirkan al Qur’an menurut ucapan teman dekat
D.     Memahami ayat al Qur’an dengan cara menghubungkan satu ayat dengan ayat lain
E.      Menafsirkan ayat menurut syair-syair arab

38.    Salah satu kitab karya Imam Ath-Thabari  adalah…
A.     Al Dur al Ma’tsur
B.     Mafatih al Ghaib
C.     Tafsir al Jalalain
D.     Al-Bahr Al-Muhith
E.      Jami’ al Bayan fi Tafsiril Quran

39.    Surat Ad Dukhan ayat :3
!$¯RÎ) çm»oYø9tRr& Îû 7's#øs9 >px.t»t6B 4 $¯RÎ) $¨Zä. z`ƒÍÉZãB ÇÌÈ  
Ditafsirkan oleh surat Al Qodar ayat :1
!$¯RÎ) çm»oYø9tRr& Îû Ï's#øs9 Íôs)ø9$# ÇÊÈ  
Penafsiran al Qur’an tersebut diatas ialah pola penerapan metode..
A.     Maudhu’i
B.     Muqaran
C.     Tahlili
D.     Ijmali
E.      Istiqaq

40.    Sumber pedoman dalam menafsirkan al Qur’an pada masa teman bersahabat adalah…
A.     Al Qur’an dan ijtihad
B.     Al Q ur’an dan Sunnah Nabi
C.     Ijtihad dan pemahaman
D.     Al Qur’an, Sunah Nabi, ahlu kitab dan ijtihad
E.      Al Qur’an dan pemahaman/penalaran

41.    Yang termasuk dalam kategori kitab tafsir bil al ma’tsur adalah…
A.     Anwar AT-Tanzil wa at-Takwil
B.     Mafatih al-ghaib
C.     Madarik al Tanzil wa Haqaiq at-Takwil
D.     Lubab at-Takwil fi Ma’an at-Takwil
E.      Jami al Bayan fi Tafsir Al-Qur’an

42.    Lafadz yang selalu disebutkan dalam bentuk jama’ dalam al Qur’an adalah…
A.      اللب                                      
B.      القلب                                     
C.     النور  
D.     الأرض
E.      السماء

43.    Penggunaan bentuk ifrad dalam ayat   É  >̍øópRùQ$#ur   É-ÎŽô³yJø9$# >§  menunjukan…
A.     Arah Timur dan Barat
B.     Waktu terbit dan terbenamnya matahari
C.     Waktu mulai berakhirnya trend gerah dan trend dingin
D.     Siang dan alam silih berganti
E.      Terang dan petang

úïÏ%©!$#ur (#ÿrãxÿx. ãNèdät!$uŠÏ9÷rr& ßNqäó»©Ü9$# NßgtRqã_̍÷ムšÆÏiB ÍqY9$# n<Î) ÏM»yJè=à9$# 3  ÇËÎÐÈ
44.    Penggunaan bentuk jamak untuk lafadz  ÏM»yJè=à9$# dalam ayat tersebut mengandung makna…
A.     Kepetangan-kepetangan
B.     Banyaknya jenis kesesatan
C.     Masa jasus yang lama
D.     Orang-orang yang tersesat
E.      Kepetangan pada setiap malam

ô`ÏB Ädr& >äóÓx« ¼çms)n=yz ÇÊÑÈ
45.    Fungsi penerapan nakirah dalam ayat diatas adalah…

A.     , تعظيم
B.     .تحقير
C.     . تقليل
D.     .تكثير   
E.      . إرادة  النوع

التفسير شرح القرأن و بيان معناه و الإفصاح بما يقتضيه بنصه أو إشارته أو نحواه  
46.    Makna tafsir yang sesuai dengan definisi diatas adalah…
A.     Menjelaskan kata yang sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang mendekatinya
B.     Menjelaskan dan memahami makna-makna kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi, serta menyimpulkan kandungan hukum
C.     Membahas terkena cara pengucapan kata-kata al Qur’an serta mengungkapkan petunjuk dan makna yang terkandung di dalamnya
D.     Pemahaman secara komprehensif ihwal kitab Allah dan klarifikasi makna yang dalam
E.      Menjelaskan al Qur’an, menerangkan maknanya, atau menerangkan apa yang dikehendaki nash, isyarat, serta tujuannya

علم يبحث فيه عن أحوال الكتاب العزيز من جهة نزوله و سنده و أداءه و ألفاظه ومعانيه المتعلقه بالفاظ و المتعلقه بألأحكام   
47.    Pernyataan diatas ialah pengertian…
A.     Ilmu tafsir al Qur’an
B.     Ilmu qira’at al Qur’an
C.     Rasm al Qur’an
D.     Tajwid al Qur’an
E.      Fahm al Qur’an

  (#qÝàÏÿ»ym n?tã ÏNºuqn=¢Á9$# Ío4qn=¢Á9$#ur 4sÜóâqø9$# (#qãBqè%ur ¬! tûüÏFÏY»s% ÇËÌÑÈ     
48.    Menurut imam Turmudzi, tafsir kalimat  o4qn=¢Á9$#ur 4sÜóâqø9$#  bermakna shalat….
A.     Maghrib                                           
B.     Isya’                                    
C.     Subuh
D.     Dzuhur
E.      Ashar

49.    Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini !
1        Surat al Ghasyiyah ayat: 17-20
2        Surat al-Lahab ayat 1-5
3        Surat al Fatihah ayat 1-7
4        Surat al Qadr ayat 1-5
Dari pernyataan-pernyataan di atas pola munasabah antara ayat dengan ayat yang dikaitkan dengan keadaan mukhotob ialah nomor…
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     1 dan 4
D.    2 dan 3
E.     2 dan 4

50.         Ayat 168 surah Al Baqarah menerangkan ihwal ………….
A.    Perintah Allah untuk mencari masakan di bumi.
B.     Penjelasan ihwal masakan yang halal dan haram
C.     Kasih akung Allah kepada makhluk-Nya.
D.    Bolehnya memakan segala sesuatu yang halal dan baik yang ada di bumi.
E.     Menjauhkan diri dari sifat tercela.

Posting Komentar untuk "Soal Ilmu Tafsir"