Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tenaga Endogen Dan Eksogen

Tenaga Endogen yaitu tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menjadikan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini mengakibatkan keadaan tidak rata pada permukan bumi. Misalnya, terjadinya perubahan pada suatu wilayah yang memiliki dataran rata menjadi bergelombang ibarat bukit atau membentuk pegunungan. Selain tanah menjulang, tenaga endogen ini juga menjadikan adanya penurunan tanah yang membentuk jurang atau lembah. Vulkanisme, tektonisme, dan seisme yaitu jenis-jenis dari tenaga endogen.
Terdapat dua pengaruh dalam tenaga endogen.

a. Dampak positif

1) Kawasan tangkapan air hujan (catchment area)

Tangkapan air hujan yaitu wilayah yang mendapatkan banyak curah hujan yang bisa menyimpan serta mengeluarkan air tersebut pada demam isu kemarau yang berupa air tanah yang di alirkan ke daerah yang lebih rendah. Wilayah ini menjadi daerah penting lantaran memperlihatkan ketersediaan sumber air bagi wilayah yang berada di pecahan bawah. Beberapa rujukan daerah catchment Bogor dan Puncak Cianjur. Kedua wilayah ini memperlihatkan sumber air bagi wilayah Jakarta. Contoh lainnya yaitu pegunungan Dieng. Kawasan pegunungan ini memperlihatkan sumber air bagi wilayah banjar Negara, wonosobo, dan purbalingga. Kawasan-kawasan ini disebut catchment lantaran berada di daerah yang tinggi dan apabila area ini ditumbuhi tumbuhan besar maka tumbuhan tersebut bisa menyimpan dan menyerap air hujan.

2) Sumber mineral dan materi tambang

Kali Putih dan kali Boyong merupakan wilayah disekitar lereng Merapi. Sepanjang kali ini merupakan tempat favorit penambangan kerikil dan pasir. Material yang ada ditempat ini terbentuk akhir adanya proses vulkanisme pada letusan Gunung Merapi. Sedangkan materi tambang ibarat alumunium, emas, biji besi, perak, alumunium terbentuk dari daerah rekahan pertemuan lempeng.


3) Pusat tenaga listrik

sentra tenaga listrik melalui pembangkit listrik tenaga uap yang berasal dari panas bumi. Resapan air didalam tanah akan bersentuhan dengan batuan panas. Hal ini menjadikan perubahan suhu air yang menguap menjadi uap panas. Uap tersebut kemudian berkumpul dan terperangkap kedalam sebuah rongga didalam tanah. Kondisi ini menciptakan tekanan uap tersebut menjadi sangat tinggi sehingga mengakibatkan dorongan yang sangat kuat apabila uap ini dikeluarkan kepermukaan bumi. Tenaga inilah yang digunakan untuk menggerakan turbin. PLTU Paiton di Jawa Timur yaitu rujukan salah satu pembangkit listrik pengguna uap.

4) Tempat habitat tumbuhan dan fauna

Adanya perbedaan jenis binatang sebagai akhir proses geologi yang merupakan pemisah daratan di Indonesia. adanya perbedaan jenis binatang di Indonesia.di wilayah Indonesia pecahan barat dan timur.

5) Tempat laboratorium dan wisata alam puncak Gunung Bromo merupakan tempat favorit pariwisata. Sedangkan Plato Dieng dan Laboratorium Geologi Alam Karang Sambung yang terletak di Kebumen (jawa tengah) dijadikan laboratorium alam.

b. Dampak negatif

1) Letusan gunung api yaitu tragedi bagi masyarakat sekitar. Letusan ini sanggup menjadikan kehancuran yang bisa meluluh lantahkan semua yang berada disekelilingnya.

2) Gempa bumi yaitu musibah menyeramkan selain letusan gunung berapi. Jembatan, bangunan, gedung, jembatan, dan lainya bisa disebabkan oleh gempa ini. Hal lain yang juga sangat mungkin terjadi yaitu adanya tsunami.

3) lereng-lereng curam terbentuk yang mengakibatkan tingkat abrasi dan longsor yang berbahaya bagi masyarakat sekitar.

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang berasal dari bumi pecahan luar. tenaga eksogen bersifat merombak bentuk permukaan bumi yang merupakan akhir dari tenaga endogen. Tenaga eksogen akan mengikis hasil tenaga endogen ibarat tebing dan bukit sehingga mengakibatkan perubahan pada permukaan bumi. Tenaga eksogen terdiri dari tiga sumber. Sumber pertama yaitu atsmosfer yang kuat pada suhu udara dan angin. Sumber kedua yaitu air. Air ini sanggup berupa fatwa air, gletser, siraman hujan dan lain sebagainya. Sumber ketiga yaitu organisme. Organisme yaitu jasad renik yang berasal dari hewan, manusia, dan tumbuhan. Baca: Contoh Batuan Sedimen dan Metamorf

Posting Komentar untuk "Tenaga Endogen Dan Eksogen"