Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Novel Siti Nurbaya

Sinopsis Novel Siti Nurbaya - Sinopsis sebuah dongeng yaitu pecahan yang sangat dinanti semua pecinta novel. Sinopsis sangat memilih bobot dari dongeng yang ingin disuguhkan. Melalui sinopsis, alur dongeng yang akan disuguhkan menjadi sangat jelas. Marah rusli merupakan salah satu penulis terbesar di Indonesia. Sudah banyak karya-karyanya yang sudah kita nikmati. Anda tentu sudah mendengar ihwal dongeng “Siti Nurbaya”. Siti nurbaya yaitu anak ningrat berjulukan Baginda Sulaiman. Sedangkan Samsul bahri yaitu anak seorang penghulu berjulukan Sutan Mahmud Syah. Kedua sejoli ini belakang layar saling menyukai. Mereka menjalin relasi secara belakang layar hingga suatu hari Samsul Bahri harus pergi kekota Batavia untuk menuntut ilmu. Samsul Bahri dan siti nurbaya menghabiskan bersama dibukit dan ketika hendak beranjak pergi, samsul bahri mencium siti nurbaya di depan rumahnya. Kejadian ini terlihat oleh ayah siti nurbaya dan seketika itu juga eksklusif berang. Melihat ini, samsul bahri ketakutan dan lekas berlari. para pendudukpun ikut berang dan mengejar samsul bahri hingga keluar dari padang.

Tokoh lain yang tidak kalah seru yaitu  Datuk Maringgih. Dia yaitu orang terpandang di desanya yang tidak lain yaitu tentangan Baginda Sulaiman (ayah siti nurbaya). Datuk Maringgih yaitu orang munafik yang memiliki rasa dengki terhadap keberhasilan bisnis Ayah Sitti Nurbaya. Ia kemudian merencanakan hal jahat yang hasilnya menjatuhkan dan menciptakan gulung tikar perjuangan baginda sulaiman. Tidak puas hanya hingga disini, Datuk Maringgih juga mengatakan hutang yang sangat banyak kepada ayah Sitti Nurbaya. Ketika keluarga Sitti Nurbaya dipaksa untuk membayar utang, siti nurbaya hasilnya memperlihatkan diri kepada sang Datuk untuk menikahinya, asalkan semua hutang ayahnya dianggap lunas. hasilnya Datuk Maringgih mendapatkan penawaran tersebut dengan aneka macam pertimbangan.

Datuk Maringgih hasilnya menikahi siti nurbaya, tetapi perlakuan sang suami yang sangat bergairah kepadanya, Siti Nurbaya hasilnya tetapkan untuk lari ke Batavia menyusul Samsulbahri. Pertemuan keduanya dibatavia menimbulkan kembali benih-benih cinta yang pernah hilang. Merekapun hidup senang hingga pada suatu dikala keluarga siti nurbaya mengirimkan surat yang berisi kabar kematian ayahnya. Siti nurbaya hasilnya tetapkan untuk kembali kekampung halamanya di padang. Ia pun hasilnya meninggal akhir racun yang diberikan datuk maringgih di kuenya. Mendengar kematian orang yang dicintainya menciptakan Samsulbahri sangat terpukul. Berbagai cara dilakukan untuk bunuh diri tetapi tidak bisa. Akhirnya, ia mencari kesempatan untuk membalaskan dendamnya kepada datuk maringgih. Setelah datuk maringgih tewas, Ia pun ikut menemui ajalnya.

Artikel menarik lainnya:

Dongeng Lutung Kasarung

Posting Komentar untuk "Sinopsis Novel Siti Nurbaya"