Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjabaran Tinjauan Pustaka Penelitian

Tinjauan pustaka penelitian mempunyai arti yaitu peninjauan kembali pustaka-pustaka mengenai ( review of related literatur ). Sesuai dengan arti itu, sebuah tinjauan pustaka penelitian mempunyai fungsi sebagai peninjauan kembali / review pustaka ( laporan penelitian dan lain – lain ) mengenai duduk kasus yang berkaitan dan tidak selalu harus cocok identik dengan bidang duduk kasus yang sedang dihadapi, namun termasuk juga yang seiring serta berkaitan ( collateral ).

Fungsi tinjauan pustaka penelitian yang berkaitan yakni hal yang fundamental di dalam penelitian, ibarat yang dinyatakan oleh Leedy pada tahun 1997, bahwa semakin banyak peneliti mengetahui, memahami dan mengenal wacana penelitian – penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya ( yang berkaitan dekat sesuai dengan topik penelitiannya ). Semakin sanggup dipertanggung jawabkan tekniknya meneliti duduk kasus yang dihadapi. Namun demikian, sebagian penulis / peneliti ( tawaran penelitian / karya tulis ) menganggap bahwa href=" ">tinjauan pustaka penelitian yakni bab yang tidak terlalu penting sehingga dibentuk asal ada saja / hanya untuk sekedar menyatakan / menunjukan bahwa penelitian yang dikerjakan belum pernah dilaksanakan sebelumnya.

Pembuktian keaslian penelitian itu gotong royong hanyalah salah 1 dari beberapa fungsi tinjauan pustaka. Kekurangan lain yang terkadang juga dijumpai yaitu dalam penyusunan, penstrukturan / pengorganisasian tinjauan pustaka penelitian. Banyak pembuatan tinjauan pustaka penelitian yang ibarat dengan resensi buku ( dibahas buku/buku, tanpa ada korelasi yang bersistem ) / ibarat dengan daftar pustaka ( hanya menuliskan siapa penulisnya serta di pustaka mana ditulis, jadi tidak membahas apa yang ditulis ). Tinjauan pustaka mempunyai fungsi yakni :

1. Mengungkapkan penelitian – penelitian yang sama dengan penelitian yang akan anda lakukan, dalam hal ini, perlu diperlihatkan juga cara penelitian – penelitian tersebut dalam menjawab permasalahan serta merancang teknik penelitiannya.

2. Membantu memperlihatkan citra mengenai metode serta teknik yang dipakai dalam penelitian tersebut.

3. Mengungkapkan sumber – sumber warta / judul pustaka yang berkaitan dan belum anda ketahui sebelumnya.

4. Mengenal peneliti yang karyanya unik dan penting dalam permasalahan yang sedang anda hadapi. Kemungkinan sanggup dijadikan narasumber / sanggup ditelusuri karya tulisnya yang lain.

Semoga ulasan singkat kali ini berguna.

Posting Komentar untuk "Penjabaran Tinjauan Pustaka Penelitian"