Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Dan Energi Dalam Fisika

Pengertian usaha

Dalam kehidupan sehari-hari perjuangan diartikan sebagai kerja yang kita lakukan untuk menghasilkan uang atau untuk tujuan tertentu. Misalnya ida bekerja biar menerima uang. Pengertian perjuangan dalam fisika tentu berbeda dengan pengertian perjuangan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam fisika perjuangan diartikan sebagai hasil kali antara komponen gaya dengan perpindahan benda. Dari pengertian tersebut sanggup disimpulkan bahwa gaya yang diberikan harus mengakibatkan benda berpindah. Jika gaya yang di berikan pada benda tidak mengakibatkan perpindahan benda maka perjuangan pada benda tersebut sama dengan nol.

Contoh : pedagang buah mendorong peti buah yang berisi jeruk sehingga peti tersebut berpindah sejauh 100 m, maka pedagang buah melaksanakan perjuangan terhadap peti buah. Buah rambutan yang jatuh ke permukaan bumi tanggapan tertarik gaya gravitasi bumi, maka gaya gravitasi melaksanakan perjuangan pada buah rambutan. Ari mendorong tembok sekuat tenaga tetapi tembok tidak berpindah, maka perjuangan yang dilakukan ari terhadap tembok sama dengan nol alasannya tembok tidak berpindah.

Usaha yang diberikan terhadap pada benda sanggup dilakukan oleh gaya yang besar dan arahnya tetap. Maupun oleh gaya yang besar dan arahnya tidak tetap. Contoh gaya yang besar dan arahnya selalu konstan yaitu gaya gravitasi bumi, sedangkancontoh gaya yang vbesar dan arahnya tidak konstan
yaitu gaya pegas.

Besar perjuangan yang diberikan oleh gaya yang searah dengan perpindahan benda, sanggup dihitung dengan persamaan :
W = F x s
Dimana :
W = Usaha (Joule)
F = Gaya (Newton)
S = Perpindahan (meter)

Apabila gaya yang diberikan tidak searah dengan perpindahan benda tetapi membentuk sudut α terhadap perpindahan, maka persamaan di atas idak berlaku lagi. besar perjuangan sanggup dihitung dengan persamaan :
W = F cos α x s

Pengertian Energi
Dalam kehidupan sehari-hari energi sering diartikan sebagai tenaga. Tetapi dalam fisika energi diarikan sebagai kemampuan untuk melaksanakan perjuangan atau kemapuan untuk melaksanakan kerja. Benda dikatakan mempunyai energi jikalau benda tersebut mempunyai kemampuan untuk melaksanakan usaha.

Adapun suara aturan kekekalan energi “energi tidak sanggup diciptakan dan tidak sanggup dimusnahkan”, tetapi sanggup berubah daribentuk yang satu ke bentuk yang lain". Dalam bahan perjuangan dan energi kelas XI hanya akan dibahas energi kinetik dan energi potensial.

a. Energi kinetik
Energi kinetik merupakan energi yang dimiliki oleh benda bergerak. Besar energi kinetik benda dirumuskan :
Ek = ½ m v2
Dimana :
Ek = energi kinetik (J)
m = massa benda (kg)
v = kecepatan benda (m/s)
jikalau benda membisu maka energi kinetik benda sama dengan nol (v = 0)

b. Energi potensial
Energi potensial disebut juga energi potensial gravitasi.
Merupakan enegi yang dimiliki benda alasannya posisi /ketinggian ibenda terhadap permukaan bumi. Besar energi otensial gravitasi dirumuskan :
Ep = m.g.h
Dimana :
Ep = energi potensial gravitasi (J)
m = massa benda (kg)
g = percepatan gravitasi bumi (m/s2)
h = ketinggian (m)
jikalau benda berada di permukaan bumi maka energi potensial gravitasi bumi sama dengan nol (ketinggian benda = 0)

Posting Komentar untuk "Usaha Dan Energi Dalam Fisika"