Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, Sifat Dan Bagian-Bagian Akar

Pengertian, fungsi, sifat dan bagian-bagian akar – Pada kesempatan ini saya masih akan membahas seputar tumbuhan. Anda semua pastinya sudah tahu, bahwa ada berbagai flora yang ada di dunia ini. Dan jikalau anda mau untuk mencermati dan mempelajari wacana flora secara lebih rinci, maka anda akan tahu bahwa flora itu sendiri terbagi atas beberapa bab dalam tubuhnya. Salah satu dari bab tersebut yaitu akar.

Sudah tahukah anda bahwa flora itu mempunyai akar? Akar pada flora itu biasanya berada pada bab bawah flora yaitu terdapat didalam tanah, meskipun tidak semua akar jenis flora terkubur dalam tanah. Ada beberapa flora yang akarnya tidak tekubur dalam tanah salah satu misalnya yaitu flora eceng gondok. Akar yang dimiliki oleh flora ada yang mempunyai sifat sanggup tumbuh dan membesar dan adapula yang mempunyai sifat tidak sanggup tumbuh dan membesar.

Sehubungan dengan hal tersebut, disini saya juga akan mengulas seputar akar, khususnya wacana bab penggalan akar, pengertian akar, fungsi akar, dan juga sifat akar. Semua itu akan saya ulas pada satu buah judul diatas yaitu pengertian, fungsi, sifat dan bagian-bagian akar. Untuk sanggup mengetahuinya dengan jelas, simaklah penjelasannya berikut ini.

Pengertian dan sifat akar

Pertama saya akan membahas wacana pengertian dan sifat akar terlebih dahulu. pengertian dari akar itu sendiri yaitu organ pada flora yang pada umumnya ada di dalam tanah atau terkubur oleh tanah jadi tidak terlihat oleh mata, namun tidak semua akar flora itu terkubur oleh tanah alasannya pada beberapa jenis flora tertentu, ada juga akar yang sifatnya menjulang dan berada di atas tanah, misalnya yaitu flora anggrek epifit.

Akar juga merupakan organ pada flora yang dipakai untuk menyerap kandungan mineral dan juga kandungan air yang terdapat di dalam tanah. Air dan juga mineral yang telah diserap oleh akar akan dipakai untuk tumbuh. Nah, dari pengertian diatas sanggup untuk kita simpulkan bahwa sifat akar yaitu tumbuh dan membesar di dalam tanah dan juga ada sebagian akar flora yang bersifat menjulang dan berada di atas tanah.

Bagian-bagian dan fungsi akar

Setelah anda mengetahui wacana pengertian dan sifat akar, selanjutnya anda juga harus mengetahui wacana bagian-bagian dan fungsi akar. Bagian bab akar itu sendiri sanggup dibagi menjadi tiga buah bab yaitu :
  1. Pangkal akar. Pangkal akar terletak antara perbatasan dari bab akar dan juga bab batang tumbuhan.
  2. Batang akar. Batang akar terletak antara bab pangkal akar dan juga ujung akar. 
  3. Ujung akar. Ujung akar terletak pada bab yang paling ujung atau yang paling muda.
Mengetahui wacana pengertian, sifat dan juga bab bagiannya saja, itu belum cukup. Untuk itu anda juga harus mengetahui wacana fungsi akar. Fungsi akar itu sendiri yaitu :
  1. Sebagai alat yang dipakai untuk menyerap air dan juga zat hara yang terdapat di dalam tanah.
  2. Sebagai alat yang dipakai untuk menyongkong tumbuhan. 
  3. Sebagai daerah yang dipakai untuk menyimpan cadangan makanan. 
  4. Sebagai alat untuk melaksanakan perkembangbiakan yang dilakukan secara vegetative.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Sifat Dan Bagian-Bagian Akar"