Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Metodologi Pembelajaran Pai

Metodologi Pembelajaran PAI - Pendidikan agama Islam merupakan salah satu pendidikan yang sangat penting yang harus diintensifkan kepada para penerima didik. Hal ini sebab duduk kasus pendidikan agama merupakan sebuah duduk kasus yang sangat urgen, terlebih dengan semakin tingginya arus globalisasi yang menghilangkan batas-batas kebudayaan, yang dengannya lebih banyak membawa pengaruh negatif dalam hal semakin banyaknya pergaulan bebas.

Dengan kenyataan tersebut maka mengintensifkan pendidikan agama di sekolah menjadi alternatif utama untuk menanamkan akhlakul karimah pada penerima didik. Tentunya untuk melaksanakan hal ini dibutuhkan banyak hal yang harus dilakukan oleh tenaga pendidik untuk meningkatkan minat berguru siswa terhadap pendidikan agama Islam. Salah satunya ialah dengan menentukan metodologi pembelajaran PAI yang tepat. Nah, berikut ini saya akan mengutarakan kepada anda sekalian perihal beberapa metode yang sangat baik untuk dipakai dalam peningkatan kualitas pendidikan agama Islam. Di antaranya beberapa metode tersebut adalah.

1. Metode ceramah plus. Metode ini merupakan sebuah metode yang berasal dari adonan metode ceramah dan metode interaktif, kelebihan metode ini jikalau dibandingkan dengan metode yang lainnya ialah pertama sebab tenaga pendidik memperlihatkan pembelajaran secara pribadi kepada penerima didiknya atau secara ceramah sehingga penerima didik sanggup mengetahui bahan pembelajaran tanpa menggantungkan pada ketersediaan sumber buku yang terbatas, kedua sebab metode interaktif maka penerima didik akan aktif dalam bertanya dan akan mengakibatkan integrasi sosial antara tenaga pendidik dan juga penerima didik di dalam acara pembelajaran.

2. Metode diskusi. Seorang tenaga pendidik pendidikan agama Islam sanggup menerapkan metode diskusi pada penerima didiknya. Banyak hal yang sanggup diberikan memakai metode ini, misalkan saja dengan menggabungkannya dengan metode observasi kelompok, studi kasus dan juga metode problem solving atau pemecahan masalah. Dengan cara yang semacam ini maka akan sangat baik untuk membentuk suatu kesatuan antara penerima didik yang terlibat. Selain itu tenaga pendidik sanggup memacu semangat yang dimiliki oleh penerima didik dengan cara memperlihatkan penghargaan pada tim atau kelompok yang mempunyai prestasi atau poin yang tertinggi. Jalan semacam ini akan menciptakan penerima didik menjadi semangat belajar.

Demikian tadi beberapa ulasan yang sanggup saya sajikan tentangnya. Semoga beberapa ulasan di atas sanggup memperlihatkan banyak manfaat bagi anda sekalian.

Posting Komentar untuk "Metodologi Pembelajaran Pai"