Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam - Macam Norma Dan Contohnya

Macam - Macam Norma
Macam - Macam Norma dan Contohnya - norma menentukan macam-macam bentuk yang setiap macamnya mempunyai arti dan sifat yang berbeda dan menimbulkan imbas yang berbeda-beda. Namun satiap norma miliki korelasi antara norma yang satu dengan norma yang lainnya yang sanggup saling mempengaruhi. Berikut macam-macam norma dan contohnya:

1. Norma Keagamaan

Norma keagamaan merupakan peraturan yang sumbernya berdasarkan dari perintah Tuhan. Bagi orang yang percaya agama, perintah Tuhannya merupakan landasan dalam berperilaku. Norma keagamaan tidak hanya mengatur wacana korelasi antar insan tetapi juga mengatur korelasi antara insan dengan tuhannya dan insan dengan lingkungannya serta dengan makhluk lainnya. Intinya didalam norma keagaamaan tidak hanya mengatur wacana duduk kasus peribadatan ibarat solat dan puasa tetapi juga mengatur wacana bagaimana seseorang hidup bersosial dengan sekitarnya. pola berbohong, menipu, mencuri itu perbuatan yang tidak boleh dan apabila dilanggar dosa. Anak harus hormat kepada orang tuanya alasannya ialah ridho Allah terletak di ridho orang tuanya. Bagi orang yang melanggar norma keagaaman akan mendapat dosa dan disiksa di alam abadi ketika mati nanti. Akan tetapi norma keagamaan hanya berlaku bagi orang yang mempunyai agama, bagi orang atheis yang tidak mempercayai agama dan adanya Tuhan tidak akan mentaati norma ini alasannya ialah menurutnya norma ini tidak bermanfaat untuknya.

2. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan ini bersumber dari bunyi hati dan dijadikan sebagai dasar dalam berberilaku antar sesamanya. Contohnya tidak boleh menyakiti, tidak boleh menikahi anak yang masih dibawah umur, tidak boleh memperkosa, jangan mengambil barang milik orang lain dan lain sebagainya. Bagi yang melanggar norma ini akan mendapat hukuman ibarat rasa bersalah yang muncul dari hati. Norma ini hanya sanggup diikuti oleh kelompok orang susila, bagi orang yang asusila tidak akan mempertimbangkan norma ini.

3. Norma Kesopanan
Norma kesopanan ialah peraturan yang didasarkan pada keinginan atau keinginan yang ingin dicapai ketika melaksanakan sosialisasi dengan orang lain, bagi sebagian masyarakat norma ini berlaku demi keselarasan hidup, norma ini merupakan peraturan berperilaku yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan ketika melaksanakan interaksi dengan orang lain. Contonya ibarat seseorang yang lebih muda harus menghormati yang lebih tua, tidak boleh buang angin ditempat umum, tidak boleh telanjang di depan orang lain. Norma kesopanan hanya berlaku bagi sebagian orang yang menganggap norma tersebut penting. Misalkan dijawa menggunakan pakaian yang terbuka ialah sesuatu yang tabu, hal ini berbeda dengan kondisi di papua pedalaman yang sebagian masyarakatnya hanya sebagian saja yang menggunakan pakaian.

4. Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan diadakan berdasar tingkah laris yang dilakukan oleh sebagian besar orang dan dilakukan berulang-ulang yang dirasa sikap ini baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Contohnya ibarat makan harus duduk, mengunci pintu rumah ketika malam hari dan lain sebagainya.

Keempat norma diatas saja terasa kurang lengkap alasannya ialah sanksiny hanya berlaku bagi yang mempercayai norma tersebut. Seperti bagi orang yang melanggar norma keagamaan akan mendapat jawaban ketika meninggal kelak, bagi yang melanggar norma kesusilaan akan mendapat hukuman perasaan bersalah sedangkan bagi orang yang melanggar norma kesopanan akan mendapat hukuman berupa gunjingan dan pengucilan dari sebagian masyarakat. Sanksi semacam ini tidak mendapat cukup perhatian bagi orang yang tidak menganggap penting norma-norma ini, sehingga sanggup mengancam ketentraman hidup orang lain yang percaya norma ini. Maka perlu ada norma yang tegas yang sanggup mengcover morma-norma sebelumnya.

5. Norma Hukum

Norma aturan ialah norma atau peraturan yang dibentuk oleh pemerintah dan negara. Norma ini bersifat memaksa sehingga menuntut ditaati oleh masyarakat yang mendiami negara tersebut, baik itu orang yang beragama atau atheis, orang susila maupun asusila, orang yang mempunyai kesopanan atau tidak semua harus mentaati norma hukum. Apabila tidak mentaati norma ini akan dikenakan hukuman yang cukup tegas. Contohnya orang yang membunuh akan dieksekusi dengan hukuman penjara minimal 5 tahun penjara dan denda 50 juta. Pada norma aturan ditentukan jenis pelanggarannya dan hukuman yang didapat oleh pelanggarnya.

Itulah klarifikasi wacana macam - macam norma dan contohnya, supaya bermanfaat.

Artikel menarik lainnya:
Jenis, tujuan dan fungsi norma
Contoh Norma Sosial dan Kesusilaan

Posting Komentar untuk "Macam - Macam Norma Dan Contohnya"