Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Pola Protista Seolah-Olah Tumbuhan

Sebelum kita bahas ihwal pembagian terstruktur mengenai protista mirip tumbuhan, ciri ciri protista mirip flora dan juga pola protista mirip tumbuhan. Anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan protista. Protista merupakan mikroorganisme eukariota yang bukan merupakan jenis tumbuhan, binatang dan juga bukan merupakan jenis fungus. Semua mikroorganisme itu disatukan ke dalam jenis protista, akan tetapi pada ketika ini jenis protista tersebut sudah tidak sanggup dipertahankan lagi.

Protista sering kali dipakai dalam hal kajian morfologi dan juga ekologi terhadap semua organism yang mempunyai sel tunggal dan hidup berdikari atau jikalau terbentuk sebuah koloni sama sama tetapi hal itu tidak menerangkan referensiasi jadi sebuah jaringan yang berbeda.

Jika dilihat dari sudut taksonomi alasannya yaitu ditinggalkannya pengelompokan pada jenis ini lantaran mempunyai sifat parafiletik. Setiap organism yang ada didalam suatu protista tidaklah mempunyai persamaan, terkecuali pada jenis pengelompokan yang mudah, hal itu terjadi pada siapapun baik itu jenis yang mempunyai sel satu maupun yang mempunyai sel banyak tanpa mempunyai sebuah jaringan. 

Protista hidup di semua lingkungan yang banyak terdapat air. Di dunia ini banyak ditemui jenis protista yang mirip flora mirip algae. Algae merupakan fotosintetik dan juga produsen primer dalam sebuah ekosistem khususnya pada didaerah laut. Jenis ptotista lain yang ada didunia ini yaitu apicomplexa dan juga kinetoplastid, jenis protista ini merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi manusia.

Klasifikasi dan ciri ciri protista

mirip flora Protista merupakan sebuah mokroorganisme yang bukan binatang dan juga bukan tumbuhan, namun ada sebagian protista yang bentuknya mirip bentuk binatang maupun bentuk tumbuhan. Setelah anda mempelajari ihwal pengertian protista, anda juga harus mempelajari ihwal pembagian terstruktur mengenai dan ciri ciri protista mirip flora dan juga protista yang mirip hewan. Akan tetapi ketika ini aku hanya akan mengulas ihwal jenis protista yang mirip dengan flora saja.

Jenis protista yang hidup di dunia ini ada aneka macam mulai dari yang bersel satu dan ada juga protista yang bersel banyak. Salah satu pola protista yang ada di dunia ini yaitu alga. Klasifikasi dari protista jenis alga ini diklasifikasikan menurut atas pigmen pigmen lebih banyak didominasi yang dimiliki oleh protista tersebut, dan juga menurut pada komponen, jumlah serta posisi flagella dan juga penyusun dinding sel dan bentuk dari makanan cadangannya. Alga dikelompokan menjadi beberapa bagian, salah satu diantaranya yaitu clorophyta atau disebut dengan ganggang hijau. Ciri ciri dari clorophyta yaitu :
  1. Dalam tubuhnya terdapat klorofil yang berwarna hijau
  2. Hidupnya melayang diatas air baik air tawar maupun air laut 
  3. Hanya mempunyai satu sel yang mirip benang 
  4. Memiliki dinding sel dan cadangan makanan disimpan pada organ yang mempunyai bentuk yang bulat

Contoh protista mirip tumbuhan

Jenis protista ada banyak sekali, ada yang mirip hewan, mirip jamur dan adapula protista yang mirip tumbuhan. Salah satu pola protista mirip flora yaitu algae. Algae mempunyai beberapa jenis diantaranya yaitu :
  • Alga hijau, contohnya ulva
  • Alga merah, contohnya porphyra 
  • Heterokontophyta, contohnya makrocystis 
  • Alga keemasan

Posting Komentar untuk "Klasifikasi, Ciri Ciri Dan Pola Protista Seolah-Olah Tumbuhan"