Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Organisasi Sekolah

Sebelum kita membahas mengenai struktur organisasi sekolah, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari organisasi terlebih dahulu. Makara organisasi itu merupakan sekelompok orang yang dipersatukan secara formal dalam sebuah kolaborasi untuk mencapai suatu tujuan yang sudah ditetapkan. Sementara pengertian dari pengorganisasian yaitu yaitu kiprah kedua di dalam manajemen serta pengorganisasi yang didefinisikan sebagai sebuah proses acara penyusunan struktur organisasi menurut sumber-sumber, tujuan dan lingkungannya. Makara dapat dikatakan hasil dari pengorganisasian yaitu sebuah struktur organisasi. Nah, sesudah mengetahui beberapa pengertian di atas maka yang dimaksud dengan struktur organisasi sekolah yaitu sebuah susunan komponen-komponen dalam organisasi sekolah dan struktur tersebut yang memperlihatkan pembagian kerja dan juga peranan ataupun kegiatan-kegiatan yang tidak sama itu di koordinasikan.

Adapun struktur organisasi sekolah di bagi ke dalam beberapa komponen dengan kiprahnya masing-masing menyerupai berikut ini :

Kepala sekolah
Di sini kepala sekolah berperan sebagai Manager, Edukator, Administrator, Leader Motivator dan juga Inovator.

Wakil kepala sekolah
Wakil kepala sekolah kiprahnya membantu kepala sekolah dalam melaksanakan banyak sekali acara menyerupai menyusun rencana, pengarahan, pengorganisasian, pengawasan, penilaian, pengembangan keunggulan, menyusun laporan maupun ketenagakerjaan.

Bagian kurikulum
Peran dari bab kurikulum di sini yaitu untuk menyusun kalender pendidikan, menyusun pembagian kiprah para guru maupun jadwal pelajaran, mengatur pelaksanaan jadwal pengayaan, mengatur mutasi siswa maupun menyusun laporan.

Kesiswaan
Beberapa kiprah dari kesiswaan yaitu untuk mengatur pelaksanaan bimbingan konseling, menyusun pelaksanaan ekstra kurikuler, menyelenggarakan olah raga, menyeleksi calon peserta beasiswa.

Bagian sarana dan prasarana
Struktur di sini mempunyai kiprah untuk merencanakan kebutuhan prasarana penunjang acara belajar, mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana, menyusun laporan. Adapun di bagi masih dibagi menjadi dua bab yaitu pustakawan sekolah dan pengelola laboratorium.

Ketatausahaan
Ketatausahaan mempunyai kiprah untuk menyusun laporan jadwal kerja, mengelola keuangan sekolah, Mengurus manajemen ketenagaan dan siswa, menyusun manajemen perlengkapan, pelatihan dan juga pengembangan karir pegawai tata perjuangan di sekolah

Guru
Guru di sini kiprahnya melaksanakan acara pembelajaran, melaksanakan analisis hasil ujian, melaksanakan acara evaluasi proses belajar, mengisi daftar nilai siswa, dan sebagainya.

Wali kelas
Wali kelas di sini berperan penuh dalam pengelolaan kelas.

Guru pembimbing dan konseling
Beberapa kiprahnya yaitu menyusun jadwal pelaksanaan bimbingan dan konseling, memperlihatkan layanan bimbingan kepada para siswa, menyusun laporan dan sebagainya

Dengan dibentuk struktur organisasi sekolah tersebut, maka akan tercipta sebuah tatanan yang sesuai dengan kiprah dan kapasitas masing-masing komponen.

Posting Komentar untuk "Struktur Organisasi Sekolah"