Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Khusus Pada Binatang Dan Tumbuhan

Didunia ada banyak banget jenis makhluk hidup, diataranya yakni manusia, tumbuhan dan juga hewan. Diantara makhluk hidup yang ada di dunia mempunyai ciri ciri yang berbeda antara ciri ciri khusus pada hewan, ciri ciri tumbuhan dan juga ciri ciri manusia. Semua makhluk hidup itu mempunyai ciri khusus yang berbeda-berbeda.

Ciri khusus yang terdapat pada tumbuhan, hewan, dan insan bekerjasama dengan kemampuan yang dimilikinya untuk mempertahankan hidupnya. Berikut akan kami ulas mengenai ciri ciri khusus pada binatang dan tumbuhan.

Ciri ciri khusus pada hewan

Hewan binatang yang hidup di dunia mempunyai ciri-ciri tertentu. Ciri ciri yang ada pada hewanpun berbeda antara binatang yang satu dengan yang lainnya. Berikut yakni beberapa ciri ciri khusus pada binatang tertentu:

Hewan mempunyai pengecap panjang dan juga lengket. Lidah ini berfungsi untuk menangkap mangsa yang tiba dan berada di dekatnya. Ada beberapa binatang yang mempunyai ciri khusus ibarat itu, pola binatang yang mempunyai pengecap yang panjang dan juga lengket yakni landak semut, tokek, bunglon, cicak.

Memiliki kemampuan berekolokasi, kemampuan berekolokasi berfungsi untuk mendeteksi benda-benda yang berada diruangan yang gelap. Contoh binatang yang mempunyai ciri ekolokasi yakni kelelawar.

Memiliki kulit yang berduri. Ada jenis binatang yang mempunyai kulit berduri, kulit berduri ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari banyak sekali musuh dari luar. Contoh binatang yang mempunyai ciri kulit berduri yakni landak.

Memiliki kaki berselaput. Ada binatang yang mempunyai jenis kaki berselaput, biasanya binatang yang mempunyai kaki berselaput yakni jenis binatang yang bisa berenang, alasannya yakni selaput yang terdapat pada kakinya berfungsi untuk berenang. Contoh binatang yang mempunyai ciri kaki berselaput yakni katak, angsa, dan juga itik.

Memiliki rangka luar. Ada beberapa jenis binatang yang mempunyai rangka luar tubuh, rangka ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Contoh binatang yang mempunyai ciri rangka luar yakni udang, kepiting, lobster, dan rajungan.

Ciri ciri pada tumbuhan

Selain hewan, tumbuhan juga mempunyai ciri ciri yang khusus, ciri-ciri yang terdapat paada tumbuhanpun berbeda antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya. Berikut yakni beberapa ciri ciri pada tumbuhan :

  • Mempunyai batang berongga. Batang berongga mempunyai fungsi untuk mengapung diatas air. Contoh tumbuhan yang mempunyai ciri ciri mempunyai batang berongga yakni eceng gondok dan juga teratai
  • Mempunyai daun lebar dan juga tipis. Daun yang lebar dan juga tipis yang dimiliki oleh beberapa tumbuhan tertentu bermanfaat untuk mempercepat proses penguapan air. Contoh tumbuhan yang mempunyai ciri brdaun lebar dan juga tipis yakni teratai dan juga talas 
  • Memiliki wangi yang busuk. Dari beberapa tumbuhan yang tumbuh didunia ada beberapa jenis tumbuhan yang berbau busuk, salah satu tumbuhan tersebut yakni tumbuhan yang berbentuk bunga. Bau busuk yang di keluarkan oleh bunga berfungsi untuk menarik para serangga yang bisa membantunya dalam proses penyerbukan

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Khusus Pada Binatang Dan Tumbuhan"