Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Bahasa Korea

Saat kita ingin berguru bahasa korea alangkah lebih baiknya jikalau kita juga belajar cara menulis bahasa korea. Dengan berguru cara menulis bahasa korea akan memudahkan kita untuk sanggup mengucapkan bahasa korea dengan lebih baik. sama ibarat berguru menulis arab, Penulisan bahasa korea memang terkesan rumit, namun jikalau kita dalami dan serius mempelajarinya maka tidak akan serumit ibarat yang kita bayangkan.

Pertama yang harus anda pelajari ketika akan berguru menulis bahasa korea ialah mengenal abjad atau alfabet hangul. Alfabet hangul terdiri dari 14 karakter konsonan dasar, 5 konsonan ganda, 6 vokal dasar dan 15 vokal turunannya. Setiap karakter hangul terdiri dari 2 buah unit atau lebih. Unit-unit tersebut merupakan adonan dari beberapa buah abjad konsonan dan abjad vokal.

Cara menulis bahasa korea atau abjad hangul penyusunan setiap unitnya pada umumnya dari atas ke bawah atau dari atas kekanan kemudian kebawah.

14 abjad konsonan dasar hangul :

ᄀ( g) ᄂ(n) ᄃ(d) ᄅ( r/l) ᄆ( m) ᄇ( b) ᄉ(s)

ᄋ(-, ng) ᄌ(j) ᄎ(ch) ᄏ(k) ᄐ(t) ᄑ(p) ᄒ(h)

Konsonan adonan atau konsonan ganda

ㄲ (kk) ㄸ (tt) ㅃ(pp)
ㅆ(ss) ㅉ(jj)

10 abjad vokal dasar

ᅡ(a) ᅣ(ya) ᅩ(o) ᅭ(yo) ᅵ(i) ᅥ(eo) ᅧ(yeo) ᅮ(u) ᅲ(yu) ᅳ(eu)

Huruf vokal gabungan

ㅐ(ae) ㅒ(yae) ᅪ(wa) ᅫ(wae) ᅰ(we) ᅱ(wi) ᅴ(ui) ㅔ(e) ㅖ(ye) ᅬ(oe) ᅯ(wo)

Itulah abjad – abjad pada bahasa dan goresan pena korea. Untuk menulis sebuah karakter hangul menggabungkan beberapa abjad tersebut. Untuk mempermudah berguru cara menulis bahasa korea ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan :

1. Setiap goresan pena abjad hangul selalu diawali dengan abjad konsonan pad tiap kata atau karakter, kemudian diikuti oleh abjad vokal.

2. Setiap kata terdiri dari beberapa abjad konsonan dan vokal dengan penulisannya dari kiri ke kanan atau sanggup juga dari atas ke bawah.

3. Huruf vokal sanggup dibedakan menjadi 2 jenis yaitu abjad vokal vertikal dan abjad vokal yang horizontal.

Huruf vokal vertikal merupakan abjad vokal yang penulisannya tegak : ᅡᅣᅥᅧᅵ,

Huruf vokal horizontal merupakan abjad vokal yang penulisannya mendatar : ᅩ ᅭ ᅮ ᅲ ᅳ

4. Penulisan abjad vokal vertikal yaitu di sebelah kanan abjad konsonan yang pertama atau bersebelahan dengan abjad konsonan.

5. Penulisan abjad vokal horizontal yaitu di bawah abjad konsonan yang pertama.

6. Meskipun penulisan abjad hangul harus diawali dengan abjad konsonan bukan berarti kita tidak sanggup menuliskan kata yang diawali dengan abjad vokal. Caranya yaitu menambahkan konsonan ᄋyaitu konsonan yang tidak berbunyi didepan abjad vokal. Apabila konsonan ᄋ diletakkan diakhir kata maka bunyinya menjadi ng.

Itulah beberapa cara gampang untuk berguru cara menulis bahasa korea. Semoga saja artikel ini sanggup membantu anda dalam mempelajari bahasa korea. Selamat berguru dan agar cepat pintar menulis dan berbahasa korea.

Posting Komentar untuk "Cara Menulis Bahasa Korea"