Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Perpindahan Kalor

Pengertian Perpindahan Kalor - Sebelum membahas perpindahan kalor, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan kalor. Apa itu kalor ? dalam kehidupan sehari-hari kalor juga disebut sebagai panas. Kalor atau panas di definisikan sebagai suatu bentuk energi yang mengalir dari benda bersuhu tinggi menuju benda yang suhunya lebih rendah. Dari pengertian tersebut, sanggup disimpulkan bahwa kalor akan mengalir atau berpindah bila ada perbedaan suhu antara dua medium.

Perpindahan kalor dibedakan menjadi tiga jenis yaitu perpindahan kalor secara radiasi, perpindahan kalor secara konduksi dan perpindahan kalor secara konveksi. Dapatkah kau menyebutkan masing-masing pola perpindahan kalor tersebut ?

Saat berkemah dan menyalakan api unggun, tubuh akan terasa hangat ketika berada bersahabat api unggun, begitupun ketika berjemur dipantai dibawah panas terik matahari tubuh akan menghitam sebab terbakar panas matahari. Mengapa hal itu sanggup terjadi ? kedua insiden di atas merupakan pola insiden perpindahan kalor secara radiasi. Apa itu perpindahan kalor secara radiasi ? perpindahan kalor secara radiasi ialah perpindahan kalor secara eksklusif tanpa memerlukan medium. Panas matahari hingga ke bumi tanpa memerlukan medium sebab di ruang angkasa ialah ruang hampa udara.

Pernahkah kau menciptakan teh panas ? ketika kau mengaduk-aduk teh panasmu tangan yang memegang sendok juga akan ikut panas. Dapatkah kau menjelaskan mengapa hal itu sanggup terjadi ? insiden yang kau alami tadi merupakan salah satu pola perpindahan kalor dengan cara konduksi. Apa yang dimaksud perpindahan kalor dengan cara konduksi ? perpindahan kalor dengan cara konduksi ialah perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan molekul zat-zat perantaranya. Umumnya Perpindahan kalor secara konduksi terjadi pada zat padat. Dapatkah kau menyebutkan pola perpindahan kalor dengan cara induksi yang sering kau jumpai ?

Selanjutnya ialah perpindahan kalor dengan cara konveksi. Tahukah kau apa yang dimaksud perpindahan kalor dengan konveksi ? perpindahan kalor dengan cara konveksi ialah perpindahan kalor dengan disertai perpindahan molekul-molekul zat perantaranya. Berbeda dengan perpindahan kalor secara konduksi yang hanya memindahkan kalornya saja sedangkan zat mediator tidak ikut berpindah pada perpindahan kalor secara konveksi baik kalor maupun molekul zat ikut berpindah. Perpindahan kalor dengn cara konveksi terjadi pada zat cair atau fluida dan gas. Dapatkah kau menyebutkan pola perpindahan kalor secara konveksi ? perpindahan kalor secara konveksi terjadi pada ketika merebus air. Awalnya yang menerima panas ialah cuilan air cuilan bawah, air yang panas bergerak ke atas dan air yang belum panas turun ke bawah mengisi daerah yang kosong, begitupun seterusnya hingga semua air menjadi panas dan mendidih pada suhu 100⁰C. Demikianlah sekilas wacana pengertian perpindahan kalor, agar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Perpindahan Kalor"