Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencar Ilmu Menulis Aksara Arab Pada Komputer

Bahasa Arab berasal dari negara-negara timur Tengah khususnya negara Arab Saudi. Mereka tiba ke Indonesia awalnya hanya berdagang. Oleh alasannya yakni suatu hal, mereka pun turut syi’ar agama Islam. Dahulu pengajaran agama Islam secara manual yaitu hanya memakai perkataan dan goresan pena tangan. Seiring berkembangnya teknologi, pengajaran menulis karakter Arab kini lebih gampang yaitu dengan teknologi aplikasi di komputer. Pada dasarnya karakter Arab sulit ditranslite ke karakter latin termasuk ke bahasa Indonesia, tetapi Para cendekian ulama dengan pembuat aplikasi Arabic sudah membahasnya dan terjadi janji yang sanggup dipakai oleh semua pengguna komputer. Namun ketika ini tampaknya penulisan penulisan Arab ke Indonesia semakin tidak teratur, kebanyakan hanya menuliskan asal. Oleh alasannya yakni itu, pembuatan aplikasi karakter arab juga harus ada perbaikan biar tidak menyalahi hukum bakunya. Cara mencar ilmu menulis karakter Arab pada komputer menciptakan goresan pena lebih manis dan rapi. Menulis karakter Arab di komputer sanggup memakai microsoft office word 2007.


Berikut Cara mencar ilmu menulis karakter arab pada komputer dengan microsoft office word 2007:

1. Anda harus menambahkan
aplikasi bahasa Arab terlebih dahulu. Keyboard juga harus yang ada karakter Arabnya. Cara menambahkan metode bahas Arab pada komputer yaitu klik start kemudian pilih kontrol panel kemudian tampil jendela baru. Pada bab view dinpojok kanan atas, pilihlah atau gantilah menjadi “category”.

2. Pilih “change keyboards or othr input methods” pada bab “clock, language, & region”. Setelah ada tampilan baru, pilihlah atau klik “change keyboard”. Kemudian muncul jendela gres lagi. Klik tanda “+” di sebelah goresan pena arabic. Klik tanda “+” pada keyboard dan checklis atau dicentrang Arabic 101, 102, Arabic 102 azerty, klik oke.

3. Buka “microsoft office word 2007”. Lihat pada area taskbar di layar bawah sebelah kanan, pilihlah yang arabic.

4. Cobalah ketik beberapa karakter atau kata Arab. Jika sudah muncul menjadi karakter Arab berarti Anda berhasil mengubahnya. Anda juga sanggup memakai derma “keyboard on screen”, caranya klik star kemudian pada bab “search”, ketik “keyboard” kemudian “enter”.

5. Apabila ingin memakai goresan pena latin kembali atau dikembalikan ke bahasa Indonesia lagi, klik saja taskbarnya pada bab kanan bawah. Pilih IN atau EN. Secara otomatis, tampilan “microsoft office word 2007” Anda sudah kembali normal bahasa latin lagi.

Penggunaan microsoft office word Arabic tentunya sangat memudahkan Anda untuk mencar ilmu menulis karakter Arab. Akan tetapi Anda dilarang eksklusif seratus persen percaya dengan aplikasi tersebut, Anda harus mengkonsultasikan ke pengajar bahasa Arab biar ada kesesuaian. Kadangkala bahasa komputer dengan aslinya ada sedikit perbedaan. Selamat belajar menulis bahasa Arab, semoga artikel ini bermanfaat untuk proses pembelajaran Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mencar Ilmu Menulis Aksara Arab Pada Komputer"