Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat – Sifat Gelombang Bunyi

Sifat – sifat gelombang bunyi sama dengan sifat – sifat gelombang pada umumnya. Seperti yang sudah kita ketahui gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal yang terdiri dari rapatan dan renggangan. Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik ialah gelombang yang merambat melalui medium, gelombang bunyi merambat melalui zat padat zat cair dan zat gas. Jika berada di ruang hampa udara kita tidak mendengar bunyi apapun. Astronot yang berada di ruang angkasa memakai telepon untuk berkomunikasi.

Sifat – Sifat Gelombang Bunyi
1. Gelombang bunyi sanggup di pantulkan
Karena bunyi merupakan gelombang maka bunyi juga sanggup dipantulkan. Gelombang bunyi akan dipantulkan jikalau mengenai permukaan yang keras. Pemantulan bunyi dalam ruang tertutup sanggup menimbulkan gaung ialah bunyi pantul yang terdengar sebelum bunyi orisinil berhenti. Untuk menghindari gaung di dalam gedung biasanya dipasang peredam suara. Peredam bunyi terbuat dari kain wool, kapas, karet.

2. Gelombang bunyi sanggup dibiaskan
Sama halnya dengan gelombang, sifat gelombang bunyi akan dibiaskan ketika melewati dua medium yang kerapatannya berbeda. Contoh
bencana pembiasan gelombang bunyi pada malam hari kita mendengar bunyi petir lebih keras daripada siang hari. Hal ini disebabkan pada malam hari suhu udara lapisan atas lebih panas daripada suhu lapisan bawah. Sehingga bunyi merambat dari lapisan atas ke lapisan bawah. Cepat rambat bunyi pada suhu udara cuek lebih kecil dibandingkan pada suhu panas, sehingga pada medium atas lebih cepat daripada pada suhu bawah.

3. Gelombang bunyi sanggup dilenturkan
Gelombang akan mengalami difraksi atau pelenturan ketika melewati suatu penghalang. Begitupun edengan gelombang bunyi. Sifat gelombang bunyi sanggup dilenturkan. Gelombang bunyi di udara mempunyai panjang gelombang yang pendek hanya dalam satuan sentimeter dan meter. Contoh bencana pelenturan gelombang bunyi ketika berada di tikungan kita sudah mendengar bunyi klakson motor walaupun kita belum melihat motor tersebut. Hal ini terjadi arena gelombang bunyi terhalang oleh gedung maupun egunungan yang ada di tikungan sehingga gelombang bunyi mengalami pelenturan.

4. Gelombang bunyi sanggup dipadukan (interferensi)
Sama halnya dengan gelombang. Interferensi gelombang bunyi juga dibedakanmenjadi dua ialah interferensi konstrukstif dan interferensi desdruktif.
a. Interferensi konstrukstif disebut juga dengan penguatan bunyi.
b. Interferensi desdruktif disebt juga peemahan bunyi
Contoh interferensi bunyi terjadi dikala kita berada di erat loud speaker maka kita akan mendengar bunyi besar lengan berkuasa dan bunyi lemah secara bergantian.
Demikianlah sekilas wacana sifat-sifat bunyi agar bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Sifat – Sifat Gelombang Bunyi"