Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Menulis Karakter Untuk Anak

Mulai berpikir untuk mengajarkan balita anda berguru menulis huruf tentu saja menciptakan anda sedikit kebingungan. Sebenarnya pada umur berapakah anak harus mulai diperkenalkan untuk berguru menulis huruf. Lalu dengan cara apakah anda harus mulai berguru mengenalkan huruf-huruf itu pada anak anda?

Pada usia masih dibawah tiga tahun atau batita dikenal sebuah istilah golden age. Golden age Yaitu usia dimana kemampuan perkembangan otak anak menjadi sangat maksimal dan sangat gampang untuk menangkap isu yang ia sanggup dari lingkungannya. Maka dianjurkan bagi para orangtua untuk selalu memperhatikan lingkungan kawasan tinggal dan selalu mendampingi dan selalu menawarkan pengawasan pada anak anda biar tidak mendapat dampak jelek dari lingkungannya

Alasan inilah yang menimbulkan banyak orangtua yang mulai mengajarkan bawah umur mereka untuk berguru menulis karakter dan juga berguru mengenal angka. Namun ada juga yang beropini berguru menulis karakter dan membaca kurang baik untuk diperkenalkan pada anak terlalu dini yaitu di bawah usia tiga tahun.

Namun tidak ada salahnya kita mulai berguru memperkenalkan anak kita berguru mengenal karakter dan juga angka, tetapi tentu saja dengan tidak memaksakan kemampuan anak anda. Tentu saja berguru mengenalkan karakter ini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Karena bawah umur paling suka dengan bermain yang menyenangkan. jangan menggunakan cara mendidik anak yang memaksakan kehendak anda pada anak.

Dengan penyampaian berguru yang menyenangkan akan menciptakan anak anda untuk memahami huruf-huruf serta angka yang anda ajarkan.

Berikut ialah beberapa cara mengenalkan dan berguru menulis karakter pada anak.

Pertama dengan menggunakan permainan jari

Anda bisa menggunakan permainan jari untuk mengajarkan anak anda berguru mengenal karakter secara menyenangkan. Permainan jari ini dilakukan dengan cara menuliskan dan menyebutkan huruf diatas telapak tangan anak anda. Dan anda juga bisa sambil menyebutkan buah atau sayuran yang menggunakan karakter awal dari karakter yang sedang diajarkan. Misalnya pada karakter A anda juga menyebutkan buah Apel atau buah yang lainnya.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan kertas karton yang ditempelkan di dinding.

Ajaklah anak anda berguru menulis karakter dengan anda mencontohkannya terlebih dahulu. Anda bisa menuliskannya dikarton yang ditempelkan di dinding. Meskipun goresan pena anak anda kurang baik, anda harus tetap menawarkan kebanggaan biar anak anda semakin semangat untuk berguru menulis huruf.

Cara yang ketiga yaitu dengan menggunakan kartu- kartu yang bertuliskan huruf

Cara ini sanggup anda lakukan dengan menciptakan beberapa belahan kartu yang ditulis dengan huruf- karakter yang anda ajarkan. Sebaiknya anda mengenalkannya dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Misalnya anda mengenalkan karakter A hingga D terlebih dahulu. Anda tuliskan karakter A dalam beberapa kartu begitu juga karakter yang lain. Kemudian anda ambil secara acak karakter tersebut, contohnya karakter A. Lalu mintalah anak anda untuk mengumpulkan karakter A yang lain. Hal ini akan sangat menyenangkan untuk anak kecil dan akan lebih gampang dipahami.

Itulah tiga cara yang sederhana dan tentu saja menyenangkan untuk berguru menulis karakter pada anak anda. Belajarlah menjadi guru yang baik dan menyenangkan untuk anak anda. Jangan pernah memaksakan kemampuan anak anda.

Posting Komentar untuk "Belajar Menulis Karakter Untuk Anak"