Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara Dan Pandangan Hidup

Pengertian Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan HidupDasar Negara Indonesia ialah Pancasila. Ideologi Negara kita juga Pancasila. Pandangan hidup kita pun juga pancasila. Pancasila sudah menjadi tuntunan hidup bangsa dan Negara Indonesia. Apalagi fungsi Pancasila dalam kehidupan Negara Indonesia? Sepertinya memang begitu banyak fungsi Pancasila bagi bangsa Indonesia. Apakah maksud dari semua fungsi tersebut? Kita akan bahas satu persatu.

Pengertian Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia


Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Pancasila ialah dasar Negara Indonesia yang dipakai untuk fatwa bangsa Indonesia dalam berperilaku dan bercita –cita. Pancasila tersebut dicetuskan biar supaya bangsa Indonesia mempunyai fondasi yang berpengaruh untuk berdiri sampai dikala ini dan tidak lagi dijajah oleh bangsa lain. Ada beberapa macam fungsi pancasila yang dari dulu sampai kini dianut oleh bangsa Indonesia. Fungsi – fungsi tersebut ada 10. Tiga diantaranya ialah pancasila sebagai dasar Negara, pancasila sebagai ideologi Negara, dan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

Mengapa pancasila dijadikan sebagai dasar Negara? Negara tanpa dasar, bagaikan rumah tanpa fondasi. Maksudnya ialah ketika Negara tidak mempunyai dasar mengapa Negara itu terbentuk, maka akan gampang runtuh atau dijajah oleh bangsa lain. Dasar Negara merupakan kaki untuk berpijak, dimana kaki tersebut harus berpengaruh dan kokoh. Pancasila mempunyai tugas penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Pancasila ialah dasar Negara yang menjadi sebuah sumber dari segala sumber aturan yang yang mengatur seluruh pemerintahan, wilayah dan masyarakat Indonesia. Pancasila terlibat secara eksklusif dalam hukun Indonesia, yang terikat dengan formal oleh struktur kekuasaan dan cita – cita aturan yang menjadi seluruh dasar Negara Indonesia.

Pengertian Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia


Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia. Apakah itu ideologi? Sebelum kita mngetahui klarifikasi terkait Pancasila sebagai Ideologi Negara Indonesia, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu ihwal definisi Ideologi. Ideology berasal dari dua kata yaitu Idea dan Logos. Kata “Idea” yang mempunyai arti gagasan atau konsep. Dasar yang dimaksud di dalam kata ini ialah cita – cita. Kata “Logos” mempunyai arti ilmu. Makara dari dua makna dua kata tersebut sanggup disimpulkan bahwa arti ideology ialah ilmu pengertian – pengertian dasar. Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia ialah pancasila sebagai ilmu dasar yang dipakai bangsa Indonesia dalam melakukan, menjalani, memikirkan nilai – nilai, norma – norma, adab istiadat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia. Sehingga apa yang masyarakat lakukan untuk negaranya tidak keluar atau melanggar ideology tersebut, sehingga sanggup berjalan dan berkembang dengan terarah.

Pengertian Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Manusia tanpa adanya pandangan hidup ibarat insan tanpa mimpi, sanggup disebut juga pikiran yang mati. Pikiran yang tidak bergerak maupun pikiran yang tidak berkembang. Manusia ibarat itu lebih berbahaya daripada insan jahat, alasannya ialah insan – insan yang ibarat tersebut di atas menciptakan bangsa Indonesia menjadi tidak berkembang dan mati, balasannya sanggup menciptakan bangsa Indonesia terjajah lagi oleh bangsa lain. Orang – orang ibarat itu tidak akan sanggup berpikir bila mereka terjajah. Pandangan hidup bangsa Indonesi haruslah berpedoman, bila tidak berpedoman akan menjadi tidak terarah. Kehidupan sehari – hari bangsa Indonesia diatur dalam Pancasila.

Kenapa sanggup begitu? Nilai – nilai yang ada dalam Pancasila semuanya berasal dari budaya yang tercipta dalam masyarakat Indonesia. Makara inti dari nilai – nilai budaya bangsa Indonesia tersirat dalam Pancasila, maka Pancasila juga sanggup disebut sebagai cita – cita moral bangsa Indonesia. Cita – cita tersebut ialah fatwa bangsa Indonesia untuk mencapai bangsa yang sejahtera secara lahir dan batin. Yang dimaksud dengan pancasila sebagai pandangan hidup adalah, pancasila yang mempunyai fungsi sebagai fatwa yang dipakai untuk mengatur korelasi antar sesame manusia, fatwa yang mengatur ihwal insan dengan lingkungan, dan juga korelasi antara insan dengan Tuhannya. Baca: Pengertian dan Fungsi Undang-Undang Dasar 1945 Menurut Para Ahli Sebagai Dasar Hukum NKRI

Posting Komentar untuk "Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara Dan Pandangan Hidup"