Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Penerimaan (Revenue), Keuntungan (Profit), Dan Maksimalisasi Keuntungan (Profit Maximization)

Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya (cost), kali ini kita akan mempelajari konsep penerimaan (revenue), keuntungan (profit), dan terbaikisasi keuntungan (profit maximization).

1. TOTAL REVENUE, AVERAGE REVENUE, DAN MARGINAL REVENUE.

Pada prinsipnya, penerimaan (revenue) ialah jumlah unit moneter (uang) yang diperoleh dari penjualan output produksi.

1.1. Total Revenue (TR).

Total revenue (TR) ialah keseluruhan penerimaan yang dihitung dari hasil perkalian antara harga (P) dengan kuantitas output (Q) yang terjual.



Jika dituliskan dalam sebuah persamaan akan terlihat ibarat diberikut.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

1.2. Average Revenue (AR).

Average revenue (AR) adalah penerimaan yang didapatkan dari setiap penjualan satu unit output. melaluiataubersamaini kata lain, AR yaitu harga jual per unit output (P).

Adapun persamaannya yaitu sebagai diberikut.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

1.3. Marginal Revenue (MR).

Marginal revenue (MR) ialah embel-embel penerimaan yang diperoleh dari embel-embel penjualan satu unit output.

Persamaan MR yaitu sebagai diberikut.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

1.4. Hubungan antara TR, AR, dan MR.

Untuk menunjukan hubungan antara TR, AR, maupun MR, kita akan mengambil sebuah pola sederhana.

Misalkan A menjual roti tawar dengan kuantitas dan harga ibarat tercantum dalam Tabel 1.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)
keterangan:

2. PROFIT.

Profit atau laba ialah keuntungan penjualan, yang besarnya ialah selisih total revenue dengan total cost.

Bila ditetapkan dengan sebuah persamaan, maka akan terlihat ibarat diberikut.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

3. MAKSIMALISASI PROFIT.

Sesudah memahami hubungan antara TR, AR, MR, TC dan Profit, pada bab ini kita akan mempelajari konsep terbaikisasi profit.

melaluiataubersamaini memakai pola diatas, kita sanggup melihat bagaimana terbaikisasi profit didapatkan, melalui Tabel 2. dibawah ini.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)
keterangan:
  • pada tabel tersebut terlihat bahwa semakin banyak jumlah output terjual, pada pertamanya profit mengalami peningkatan; namun pada titik tertentu, profit tersebut mengalami penurunan.
  • perhatikan kolom Perubahan pada Profit (MR – MC), disitu terlihat bagaimana besarnya perubahan profit yang diperoleh, seiring peningkatan penjualan output.

Maksimalisasi profit juga sanggup dijelaskan melalui kurva yang terlihat di Gambar 1.
Sesudah sebelumnya berguru wacana konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)
keterangan:
  • ketika MR > MC; maka untuk meterbaikkan profit, produsen harus meningkatkan kuantitas output.
  • saat MR < MC; maka untuk meterbaikkan profit, produsen harus mengurangi kuantitas output.
  • pada titik dimana MR = MC; pada ketika itulah level profit terbaik tercapai.

    Demikian ulasan wacana konsep penerimaan (revenue), keuntungan (profit), dan terbaikisasi profit (profit maximization). *



    Referensi:
    1. Krugman, Paul, and Robin Wells. (2011). Economics, Second Edition, Worth Publishers.
    2. Mankiw, Gregory N. (2008). Principles of Microeconomics, Fifth Edition, South-Western Cengage Learning.
    3. Samuelson, Paul A., and William D. Nordhaus. (2002). Economics, Seventeenth Edition, McGraw-Hill.
    Materi sebelumnya:
    Konsep Biaya (Cost) dalam Ilmu Ekonomi
    Perilaku Produsen, Fungsi Produksi, Marginal Product, dan the Law of Diminishing Return

    Materi selanjutnya:
    Karakteristik dan Analisa Pasar Persaingan Sempurna (Perfectly-Competitive Market)
    Kurva Penawaran dan Ekuilibrium Jangka Panjang di Pasar Persaingan Sempurna

    Posting Komentar untuk "Konsep Penerimaan (Revenue), Keuntungan (Profit), Dan Maksimalisasi Keuntungan (Profit Maximization)"