Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Alamiah Dasar



Soal Take Home
1.      Apa saja yang dibahas oleh kandungan ilmu Alamiah Dasar? Uraikan 5 macam dan 5 buah manfaat.
2.      Mengapa insan disebut makhluk yang terunik didunia (Sebutkan 5 keunikan insan dan 2 buah ayat yang menyatakan insan itu lebih tinggi derajatnya dari binatang)?
3.      Rasa ingin tahu (RIT) ialah cikal-bakal ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan lainnya (Kemukakan alasan saudara sebanyak 5 buah dan hadirkan dua buah ayat al-Qur’an wacana pengetahuan.
4.      Rasa ingin tahu pada insan dimulai semenjak umur balita (Kemukakan 5 buah contohnya beserta alasan-alasan engkau.
5.      Dahulu orang percaya dengan mitos (Kemukakan 5 buah teladan mitos dan mitos apa yang hingga kini masih ada.
6.      Coba kemukakan oleh saudara ilmu alamiah itu mabadunga dihayati sepenuh hati bisa mempertebal imam seseorang (Hadirkan 5 persoalan dan ditambah satu buah ayat al-Qur’an)
7.      Apa yang engkau ketahui wacana energy (Kemukakan sebuah energy dan keuntungannya bagi manusia).
8.      Dalam ilmu alamiah dasar ada dibahas wacana astronomi (Sebutkan plguat-plguat yang ada didunia ini ialah ciptaan Allah SWT (Sebutkan 5 plguat yang mempunyai satelit terbanyak, kemukakan ayat pada Surah Yasin wacana astronomi ini). QS. Yasin [36]: 37-40.
9.      Mengapa anaximenes beropini unsure pembentukakan (KEhidupan) itu yakni air (Kemukakan alasannya 5 buah dan hubungkan pendapatnya dengan Nabi Adam as.
10.  Buat soal 2 buah dan balasan sendiri. Hal yang menyangkut pemahaman alamiah dasar bisa membuat insan diberiman, mengesakan Tuhan dan bertaqwa.
JAWABAN:
1.      Yang dibahas dalam ilmu alamiah dasar adalah
·         Perkembangan pola pikir manusia
Baik dan benar selalu diiringi dan dituntun oleh isi kandungan al-Qur’an dan Hadits.
a.       Manusia bersifat unik
Manusia yang hidup berkecukupan di alam fana ini mempunyai keunikan-keunikan tersendiri dibandingkan makhluk yang lain, keunikan itu antara lain:
-          Memiliki organ badan yang kompleks (rumit) dan sangat khusus utamanya perangkat saraf-saraf dan otak.
-          Manusia mengadakan pertukaran zat yang keluar, ada kekerabatan antara insan dan tumbuhan, insan mengeluarkan karbondioksida sedangkan flora mengeluarkan oksigen.
b.      Memdiberikan tanggapan terhadap rangsang baik dari dalam maupun dari luar.
c.       Memiliki potensi berkembang biak (berketurunan)
Potensi berkembang biak bukanj spesialuntuk pada insan dan binatang tapi juga pada flora melalui tunas dan biji.
d.      Rasa ingin tahu
Rasa ingin tahu tidak dimiliki oleh makhluk lain. Air dan udara memang bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain, namun gerakannya itu bukanlah atas kehendaknya sendiri. Tetapi akhir dari efek ilmiah yang bersifat abadi. Rasa ingin tahu yakni cikal-bakal ilmu pengetahuan. contohnya rasa ingin tahu pada anak-anak, dikala belum dewasa merusak mainan bahu-membahu tujuan mereka bukan ingin merusak tetapi mencari tahu apa yang membuat mainan itu bergerak.
e.       Mitos
Mitos muncul alasannya yakni keterbatasan pengetahuan, pengalaman dan pemikiran manusia.
misal mitos:
-          Pelangi dianggap sebagai selendang bidadari.
-          Gunung meletus dianggap bahwa “Yang berkuasa dari pegunungan itu sedang marah”.
Manfaatnya:
-          Kita bisa mengetahui sifat-sifat unik yang dimiliki manusia.
-          Mengetahui bahwa rasa ingin tahu ialah cikal-bakal ilmu pengetahuan.
-          Mengetahui mitos dan artinya.
-          Mengetahui makhluk-makhluk ciptaan Allah (Kebemasukan Allah).
-          Untuk mempertebal iman.
-          Memahami konsep-konsep dasar ilmu alamiah.
-          Mengetahui proses terbentuknya alam semesta dan penghuninya berdasarkan sains dan al-Qur’an.
-          Memahami perkembangan ilmu biologi, fisika dan kimia dalam perspektif sains dan al-Qur’an
-          Memahami dampak sains dan teknologi bagi kehidupan.
-          Mengetahui wacana teori-teori pembentukan bumi
-          Mengetahui wacana plguat dan unsure-unsur di dalamnya.
-          Mengetahui wacana gejala-gejala wacana alam semesta.


2.      Manusia dikatakan sebagai makhluk yang paling unik karena, mereka memang unik dan diberikut yakni bukti keunikan insan yaitu:
-          Manusia mempunyai organ badan yang kompleks (rumit) dan sangat khusus utamanya perangkat saraf-saraf dan otak.
-          Manusia mengadakan pertukaran zat yang diamanahi oleh Allah, ada zat yang masuk dan ada zat yang keluar, ada kolerasi antara insan dan flora alasannya yakni insan mengeluarkan karbondioksida yang diharapkan tumbuhan, dan flora mengeluarkan oksigen yang diharapkan manusia, jadi keduanya saling menguntungkan.
-          Memdiberikan tanggapan terhadap rangsangan baik rangsangan dari dalam maupun rangsangan yang berasal dari luar. misal rasa duka dan bangga yakni rangsangan dari luar, dan rasa ingin memakan sesuatu yakni teladan rangsangan dari dalam.
-          Manusia mempunyai potensi berkembang biak (berketurunan) potensi berkembang biak bukan spesialuntuk pada manuisa dan binatang tapi pada flora juga yaitu flora bisa berkembang biak dengan cara tunas dan biji, binatang bisa melahirkan ataupun bertelur dan pada insan yakni melahirkan.
-          Manusia diberinteraksi dengan lingkungan (beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungan).
Misal: Orang yang sudah usang bekerja dipabrik getah (kantal) tidak mencium lagi amis getah yang menyengat alasannya yakni ia sudah mengikuti keadaan dengan tempat kerjanya, alasan lain alasannya yakni ada teori balance (keseimbangan).
Berikut dua buah ayat yang menyatakan bahwa insan itu lebih tinggi derajatnya dari binatang:
ôs)s9 $uZø)n=y{ z`»|¡SM}$# þÎû Ç`|¡ômr& 5OƒÈqø)s? ÇÍÈ  
Artinya:
Sesungguhnya Kami sudah membuat insan dalam bentuk yang sebaik-baiknya . (QS. At-Tin [95]:4).
* ôs)s9ur $oYøB§x. ûÓÍ_t/ tPyŠ#uä öNßg»oYù=uHxqur Îû ÎhŽy9ø9$# ̍óst7ø9$#ur Nßg»oYø%yuur šÆÏiB ÏM»t7ÍhŠ©Ü9$# óOßg»uZù=žÒsùur 4n?tã 9ŽÏVŸ2 ô`£JÏiB $oYø)n=yz WxŠÅÒøÿs? ÇÐÉÈ  
Artinya:
Dan Sesungguhnya sudah Kami muliakan belum dewasa Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami diberi mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang tepat atas kebanyakan makhluk yang sudah Kami ciptakan. (QS. Al-Israa’ [17]:70).

اُلَّذِ ى أَحْشَنَ كُلَّ شَيْ ءٍخَلَقَهُ وَبَدَ أَخَلْقَ أُلْانْسَنِ مِنْ طِيْنِ
Artinya:
Yang menciptakanr segala sesuatu yang Dia Ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan dari tanah.




3.      5 buah alasan mengapa rasa ingin tahu (RIT) menjadi cikal-bakal sari ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan lainnya adalah:
-          Karena insan mempunyai sifat berkembang fikirannya sehingga selalu ada impian untuk membuat hal baru, maupun mengubah sesuatu yang usang biar terlihat lebih modern.
-          Manusia mempunyai keterampilan sehingga dari rasa ingin tahu yang ada ia bisa merelalisasikannya dengan kemapuan yang dimiliki.
-          Manusia mempunyai sifat ingin maju selalu, insan pun  berfikir ingin maju dan lebih maju lagi, sehingga mendapatkan rasa ingin tahu apa saja yang harus dilakukan biar kehidupan menjadi lebih gampang.
-          Manusia mempunyai kemampuan berfikir yang tidak semata-mata didorong untuk mempertahankan kelestarian hidupnya tapi dari rasa ingin tahu muncul impian untuk membuat hidupnya lebih sangat bahagia, membuat hal-hal gres yang mempunyai kegunaan (ilmu).
-          Karena rasa ingin tahu yang dimiliki insan yang terus berkembang dan seolah tanpa batas menjadikan perbendaharaan pengetahuan.
Berikut ini yakni 2 buah ayat wacana pengetahuan:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ  


Artinya :
“Hai orang-orang diberiman apabila engkau dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah pasti Allah akan memdiberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah engkau", Maka berdirilah, pasti Allah akan meninggikan orang-orang yang diberiman di antaramu dan orang-orang yang didiberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang engkau kerjakan.” (QS. al-Mujaadilah [58] :11).

šù=Ï?ur ã@»sVøBF{$# $ygç/ÎŽôØnS Ĩ$¨Z=Ï9 ( $tBur !$ygè=É)÷ètƒ žwÎ) tbqßJÎ=»yèø9$# ÇÍÌÈ  
Artinya:
Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang diberilmu. (QS. al-Ankabuut [29]:43).

ë=»tGÏ. çm»oYø9tRr& y7øs9Î) Ô8t»t6ãB (#ÿr㍭/£uÏj9 ¾ÏmÏG»tƒ#uä t©.xtFuŠÏ9ur (#qä9'ré& É=»t6ø9F{$# ÇËÒÈ  
Artinya:
Ini yakni sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya menerima pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran.(QS. Shaad [38]:29).


Îûur ÇÚöF{$# ×M»tƒ#uä tûüÏZÏ%qçHø>Ïj9 ÇËÉÈ   þÎûur ö/ä3Å¡àÿRr& 4 Ÿxsùr& tbrçŽÅÇö7è? ÇËÊÈ  
Artinya:
20. Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin.
21. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka Apakah engkau tidak memperhatikan? (QS. adz-Dzariyaat [51]:20-21).















4.      Rasa ingin tahu dimulai dari semenjak insan itu masih balita.
misal:
-          Pada suatu hari seorang balita sedang melepas potongan mobil-mobilannya, memang terlihat mirip merusak tapi bahu-membahu balita itu ingin mengetahui apa-apa saja yang tersusun dimobil-mobilan itu hingga ia bisa bergerak dikala dimainkan.
-          Biasanya ada balita yang suka memegang atau bahkan mengecap benda atau makanan yang sudah kotor kemudian sang ibu memarahinya, padahal itu yakni hal masuk akal alasannya yakni itulah bahu-membahu rasa ingin tahu dari seorang balita, balita ingin mengetahui rasanya mirip apa.
-          Balita sering memegang benda tajam mirip pisau itu memang sangat membahayakan tapi bahu-membahu ia ingin mengetahui apa fungsi dari pisau itu sendiri, kadang setelah ia terluka terkena pisau ia akan tahu bahwa pisau yakni untuk memotong setelah itu ia akan takut memegangnya lagi.
-          Balita sering mendengar kata-kata yang bahu-membahu tidak baik dari orang cukup umur kemudian ia mengikutinya dengan mengucapkannya. Dia tidak tahu itu artinya apa kemudian ibunya dengan pelan-pelan akan menerangkan kalau kata-kata itu tidak baik.
-          Balita suka melihat benda yang menyala mirip api kadang ada yang mendekat ke api bahkan memegangnya setelah itu ia akan menangis alasannya yakni kegerahan tapi dari situ ia tahu bahwa benda yang menyala itu gerah.




5.      5 buah teladan mitos yaitu:
-          Bentuk guratan yang ada di bulan mirip seorang nenek atau kakek yang sedang duduk, sebagian masyarakat percaya bahwa nenek atau kakek itu sedang memancing seujung naga dan apabila naga itu sudah tertangkap maka dunia akan kiamat.
-          Dikampung saya ada mitos wacana apabila burung hantu berbunyi, dengan bunyinya “Kulai-kulai” namun masyarakat kampong menyebutnya burung-burung kulai. Jika burung itu sudah berbunyi maka akan ada salah satu dari masyarakat kampung yang akan meninggal, katanya apabila bunyi burung itu nyaring maka keberadaan burung itu jauh, sebaliknya apabila suaranya kecil maka burung itu dekat.
-          Apabila ada rama-rama (kupu-kupu besar) masuk kerumah, maka dipercaya aka nada kabar baik yang didengar dan akan ada keluarga yang hadir.
-          Apabila ada orang menabrak kucing hingga kucing itu tewas, dan apabila mayatnya dibiarkan saja tidak diurusi, maka dipercaya tidak usang orang yang menabrak kucing juga akan meninggal atau mengalami hal yang sama dengan kucing itu. Namun apabila setelah kucing itu tertabrak kemudian yang menabrak melepaskan bajunya untuk membungkus jenazah kucing kemudian menguburnya atau ban kendaraan beroda empat yang menabrak kucing tersebut di pukul pakai gadang (pohon pisang) dipercaya tidak akan terjadi apa-apa pada si penabrak tersebut.
-          Intan trisakti (Galuh Cempaka) yakni watu permata yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Intan ini ditemukan didaerah pumping Kecamatan Cempaka Kabupaten Banjarbaru. Dahulunya Kecamatan Cempaka masuk dalam tempat Kabupaten Banjar (Martapura) intan yang mempunyai berat sekitar 165 karat. Ceritanya lampau didaerah Cempaka ditemukan intan ini yang didiberi nama Trisakti oleh para penambang tradisional cempaka yang menemukannya. Sesudah inovasi intan yang menghebohkan ini terjadilah rentetan peristiwa di Negeri ini mulai dari kebakaran terbesar di Martapura, kemudian terjadinya pembantaian G30 S/PKI di Amuntai dan banyak persoalan lainnya. Anehnya intan itu kesudahannya hilang tak tahu kemana dan persoalan teratasi. Konon kabarnya, bila penambang tradisional menemukan lagi intan trisakti atau galuh cempaka dalam bongkahan besar maka akan terjadi peristiwa lagi di Negeri ini.
Dan mitos yang masih popular alias masih digandrungi khususnya remaja yakni ramalan bintang, remaja sangat menggemari dan bahkan banyak yang percaya alasannya yakni didalamnya terdapat ramalan perihal, keuangan, karir, dan yang paling disenangi yakni ramalan wacana asmara.












6.      Ilmu alamiah itu bila dihayati sepenuh hati bisa mempertebal iman.
-          Manusia itu tumbuh dan bergerak dalam persoalan ini bahu-membahu insan tidak bergerak sendiri tapi ibaratnya insan itu spesialuntuklah sebagai boneka dan Allah sebagai mouse atau penggeraknya.
-          Manusia tiruananya suatu dikala akan meninggal dan Allah lah yang mempunyai kuasa kapan seseorang akan dimatikan, maka setelah mengetahui dan menyadari hal itu pasti seseorang akan lebih bertaqwa kepada Allah SWT.
-          Manusia mengadakan pertukaran zat yang diamanahi oleh Allah. Allah Maha Besar, Allah membuat insan dikala insan bernafas dan udara yang dihembuskan atau dikeluarkannya yakni karbondioksida yang bermanfaa bagi flora sebaliknya Allah membuat flora yang menghasilkan oksigen yaitu gas yang dihirup insan untuk bernafas, mengetahui itu pasti insan akan lebih menjaga kelestarian alam yang berarti bertambah keimanannya kepada Allah SWT.
-          Apabila insan sudah mempelajari wacana alam semesta ini, ia akan tahu mulai dari makhluk yangb besar hingga makhluk terkecil dengan segala keunikannya, maka mereka akan berkata Subhanallah maha Besar Allah membuat ala mini lengkap dengan isinya.
-          Jika manusia-manusia mempelajari wacana angkasa dimana banyak plguat-plguat, asteroid, komet, matahari, bulan dan bintang. Dimana matahari sebagai sentra dari tata surya, siapa lagi yang membuat dunia dan seluruh isinya selain Dia Maha Besar Allah SWT.

Berikut ini ayat al-Qur’an :


Anjuran memperhatikan alam semesta (QS. al-Ghaasyiyah [88]: 17-20)
Ÿxsùr& tbrãÝàYtƒ n<Î) È@Î/M}$# y#øŸ2 ôMs)Î=äz ÇÊÐÈ   n<Î)ur Ïä!$uK¡¡9$# y#øŸ2 ôMyèÏùâ ÇÊÑÈ   n<Î)ur ÉA$t6Ågø:$# y#øx. ôMt6ÅÁçR ÇÊÒÈ   n<Î)ur ÇÚöF{$# y#øx. ôMysÏÜß ÇËÉÈ  
Artinya:
17. Maka Apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana Dia diciptakan,
18. dan langit, bagaimana ia ditinggikan?
19. dan pegunungan-pegunungan bagaimana ia ditegakkan?
20. dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

$uZù=yèy_ur Îû ÇÚöF{$# zÓźuru br& yŠÏJs? öNÎgÎ/ $uZù=yèy_ur $pkŽÏù %[`$yÚÏù Wxç7ß öNßg¯=yè©9 tbrßtGöku ÇÌÊÈ   $uZù=yèy_ur uä!$yJ¡¡9$# $Zÿø)y $Wßqàÿøt¤C ( öNèdur ô`tã $pkÉJ»tƒ#uä tbqàÊ̍÷èãB ÇÌËÈ  
Artinya:
31. dan sudah Kami jadikan di bumi ini pegunungan-pegunungan yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan sudah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, biar mereka menerima petunjuk.
32. dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya. (QS. al-Anbiyaa’ [21]:31-32).
7.      Kemukakan  sebuah energy dan keuntungannya bagi insan yaitu:
·         Energy cahaya matahari
Energy ini sangat besar dan banyak keuntungannya bagi manusia, bahwa energy cahaya matahari disebut juga sebagai energy sumber kehidupan.
Manfaatnya bagi insan yaitu:
-          Cahaya matahari sangat diharapkan dikala ekspresi dominan hujan atau hambar sebagai penghangat alami badan manusia.
-          Kebanyakan masyarakat desa maupun kota memanfaatkan cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian.
-          Petani memakai cahaya matahari untuk menjemur padi yang dipetik.
-          Bisa dipakai sebagai pembangkit tenaga listrik yang dipakai sebagai penerangan.
-          Mengandung vitamin D pada waktu berkas sinar Ultraviolet disaring dikulit, sinar tersebut mengubah simpanan kolesterol dikulit menjadi vitamin D. mendapatkan paparan sinar matahari selama 5 menit saja sama artinya dengan mempersembahkan 400 unit vitamin D pada badan anda.
-          Membentuk dan memperbaiki tulang, menigkatkannya vitamin D dalam badan alasannya yakni paparan sinar matahari sanggup meningkatkan perembesan kalsium didalam badan anda. Kondisi ini yakni solusi dalam pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit mirip rakhitis dan osteomalacia.
-          Sebagai penawar benjol dan pembunuh kuman sinar matahari bisa membunuh kuman penyakit, virus dan juga jamur. Pada perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonisis, pneumonia, mumps, dan asma, tetapi sinar matahari sangat dibutuhkan. Bahkan beberapa dari virus penyebar kanker sanggup dibinasakan oleh sinar ultraviolet ini. Infeksi jamur temasuk candida, juga kuman diudara bereaksi dan sanggup dibinasakan oleh sinar matahari.
-          Meningkatkan kebugaran pernafasan, penigkatan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya kejaenteng-jaenteng yakni salah satu kegunaan sinar matahari selain itu, sinar matahari juga bisa meningkatkan kebugaran pernafasan alasannya yakni jumlah glikogen akan bertambah setelah berjemur dibawah terik matahari.
-          Kekebalan dikala kulit terkena sinar matahari terjadi pemanbahan sel darah putih, terutama limfosit yang dipakai untuk menyerang penyakit. Secara tidak pribadi anti bodi pun akan ikut meningkat. Kondisi ini akan bertahan hinggan 3 minggu. Menurut penelitian, 10 menit dibawah matahari satu atau dua kali seminggu sanggup mengurangi resiko terkena flu hingga 30-40%.
-          Meredam kolestrol darah, setelah kolesterol dibawah kulit dirubah menjadi vitamin D, otak dan badan kemudian mempersembahkan sinyal kepada kolestrol yang ada didalam darah untuk keluar dari darah menuju ke kulit. Dari proses inilah kadar kolestrol dalam darah sanggup dikontrol dengan baik.
-          Mengurangi gula darah, sinar matahari yakni insulin alami yang mempersembahkan kegampangan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal inilah yang merangsang badan untuk mengubah gula darah menjadi glukogen yang kemudian disimpan di hati dan di otak. Prose inilah sebagai turunnya kadar gula darah.






8.      5 plguat yang mempunyai satelit terbanyak yaitu:
-          Yupiter mempunyai 63 satelit dan empat satelit yang terbesar yaitu Ganymede, Callisto, Lo. dan Europa menampakkan kemiripan dengan plguat kebumian, mirip pegunungan berapi dan inti yang gerah. Ganymede ialah satelit terbesar di tata surya, berukuran lebih besar dari Merkurius.
-          Saturnus, plguat ini mempunyai 60 satelit (tiga yang belum dipastikan). Dua diantaranya yaitu Titan dan Enceladus meskipun spesialuntuk berdiri hamper dari es saja. Titan berukuran lebih besar dari Merkurius dan ialah satu-satunya satelit yang mempunyai atmosfer yang cukup berarti.
-          Uranus, plguat ini mempunyai 27 satelit yang diketahui dan satelit terbesar yakni Titania, Oberon, Umbriel, Ariel dan Miranda.
-          Neptunus, plguat ini mempunyai 13 satelit yang diketahui satelit yang terbesar yakni Triton yang geologinya aktif dan mempunyai geyses nitrogen cair. Triton ialah satu-satunya satelit besar yang orbitnya terbalik arah (Retrogade). Neptunus juga didampingi beberapa plguat minor yang orbitnya disebut Trojan Neptunus, benda-benda tersebut mempunyai resonansi 1:1 dengan Neptunus.
-          Mars, plguat ini mempunyai 2 satelit alami yang kecil yaitu Deimos dan Phobos yang diduga ialah asteroid yang terjebak di gravitasi Mars.
Berikut ini satu buah ayat pada Surah Yasin wacana Astronomi:
×ptƒ#uäur ãNßg©9 ã@ø©9$# ãn=ó¡nS çm÷ZÏB u$pk¨]9$# #sŒÎ*sù Nèd tbqßJÎ=ôàB ÇÌÐÈ   ߧôJ¤±9$#ur ̍øgrB 9hs)tGó¡ßJÏ9 $yg©9 4 y7Ï9ºsŒ ㍃Ïø)s? ̓Íyèø9$# ÉOŠÎ=yèø9$# ÇÌÑÈ   tyJs)ø9$#ur çm»tRö£s% tAÎ$oYtB 4Ó®Lym yŠ$tã Èbqã_óãèø9$%x. ÉOƒÏs)ø9$# ÇÌÒÈ   Ÿw ߧôJ¤±9$# ÓÈöt7.^tƒ !$olm; br& x8Íôè? tyJs)ø9$# Ÿwur ã@ø©9$# ß,Î/$y Í$pk¨]9$# 4 @@ä.ur Îû ;7n=sù šcqßst7ó¡o ÇÍÉÈ  
Artinya:
37.  Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka yakni malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, Maka dengan serta merta mereka berada dalam kepetangan.
38. Dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.
39. Dan sudah Kami menetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (sesudah Dia hingga ke manzilah yang terakhir) Kembalilah Dia sebagai bentuk tandan yang tua.
40. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak sanggup menlampaui siang. dan masing-masing beredar pada garis edarnya. (QS. Yasin [36]: 37-40).
أَلَمْ تَرَ إِلى رَ بِّكَ كَيْفَ مَدَّ اٌلظِّلَّ وَ لَوْ شَاءَ لَجَعَلَهُ ءَ سَا كِنَا ثُمَّ جَعَلْنَا اُلشَّمْسَ عَلَيْهِ دَ لِيْلًا
Artinya:
Apakah engkau tidak memperhatikan (Penciptaan) Tuhanmu bagaimana Dia memnajangkan (dan memendekkan) baying-bayang dan kalau ia menghendaki pasti Dia menjadikan  tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu.
9.      Anaximenes (560-520 SM)
Berpendapat bahwa unsure dasar pembentuk tiruana benda yakni air. Namun air ialah salah satu bentuk saja. Ia beropini mirip itu alasannya yakni menurutnya air sanggup merenggang menjadi api (gas) atau sanggup memadat menjadi tanah (padat). Jika dihubungkan dengan pendapat wacana Penciptanya Nabi Adam yaitu bahwa Nabi Adam diciptakan dari lumpur berair yang hitam seandainya lumpur itu kering atau tidak berair (air) maka itu mungkin tidak berbentuk lumpur tapi spesialuntuk debu-debu, berarti disini air berperan dalam membentuk debu atau tanah itu menjadi lumpur yang kemudian Allah SWT diberi nyawa/ruh sehingga terciptalah Nabi Adam as.
·         Unsure pembentuk yakni air
·         Air bisa merenggang dan bisa terjadi percikan api (air bisa menjadi api)
misal : Saat kita memasak air tapi dikala air itu sudah mendidih dan terlalu usang kesudahannya air itu habis dan bisa mengakibatkan munculnya percikan api.
·         Api yakni transmutasi (Memindahkan/ Merubah suatu bentuk kepada bentuk benda yang lain).
misal : kayu yang dibakar kemudian dipadamkan apinya menjadi arang tapi apabila kayu itu dibakar habis maka menjadi abu, dan lama-lama bubuk menjadi tanah dihubungkan dengan Penciptaan Nabi Adam bahwa Nabi Adam diciptakan dari tanah hitam yang berarti yang kemudian menjadi lumpur.




10.  Uraikan wacana bumi beserta ke Istemewaannya? Jelaskan mitos wacana pegunungan meletus kaitannya dengan mempertebal Iman?
Jawab:
·         Bumi
Garis Tengah
: Pada kutub, 12.714 Km

: Pada khatulistiwa, 12.757 Km
  (Jari-jari  bumi, 6.378 Km)
Keliling Khatulistiwa
: 40.000 Km
Jarak Dari Matahari
: terjauh, 152 juta Km

  Terdekat, 147 Km
Kecepatan Berputar Mengelilingi Matahari
: 106.200 Km/Jam
Kecepatan Melepaskan Diri Dari Gravitasi Bumi
: 40.500 Km/Jam
Massa
: 6.600 juta Ton
Panjang Hari
: 23 1/2
Berat Jenis
: 5.41 (dibandingkan air)
Jarak Bumi-Bulan
: 384.55o Km
Umur Bumi
: 4.700 juta tahun

Dibandingkan plguat lain bumi ialah plguat yang istemewa, keistemewaan bumi antara lain:
-          Jarak bumu dengan matahari tidak terlalu erat dan tidak terlalu jauh sehingga udara di bumi tidak terlalu gerah dan tidak terlalu dingin.
-          Terdapat air di bumi (samudera dan lautan).
-          Mempunyai atmosfer sehingga mempunyai awan dan hujan.
-          Atmosfer membuat perbedaan suhu antara siang dan malam (seperti bulan tidak terlalu ekstrim.
-          Atmosfer mengandung oksigen sehingga terdapat kehidupan.
-          Atmosfer melindungi kehidupan dari kerusakan akhir sinar dan dzarah matahari yang sanggup merusak bumi.
melaluiataubersamaini begitu pantaslah kita bersyukur kepada Allah SWT. alasannya yakni bumi diciptakan sebagai tempat tinggal insan dan makhluk lain dimana bumi jaraknya tidak terlalu gerah (sedang) dan tidak terlalu jauh dari matahari sehingga tidak terlalu hambar pula seandainya bumi itu jaraknya erat dengan matahari insan maupun makhluk lainnya pasti akan kegerahan. Tapi Maha Besar Allah sudah membuat tempat (bumi) yang nyaman sebagai tempat makhluk-Nya tinggal.
·         Ada mitos bahwa bila pegunungan meletus masyarakat percaya bahwa penunggu pegunungan sedang marah.
-          Menurut saya mitos ini terdengar sangat lucu, tidak pantas kita percaya dengan mitos mirip ini, bila kita yakni orang yang mempunyai agama dan Tuhan. Jika ada pegunungan yang meletus harusnya kita introspeksi diri bagaimana perilaku kita s elama ini atau bagaimana kelakuan orang disekitar selama ini. Gunung meletus yakni tanda peringatan dari Allah mungkin selama ini insan sudah lalai menjalankan kewajiban-kewajiban kepada Allah sehingga Allah murka dan mempersembahkan menunjukan dengan diletuskannya pegunungan oleh Allah SWT.


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Alamiah Dasar"