Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Gawang Permainan Futsal

Pada dikala ini olah raga futsal menjadi semakin popular dan semakin banyak digemari. Semakin banyaknya pecinta olahraga futsal ini mengakibatkan peluang bagi para pebisnis untuk membuka bisnis lapangan futsal. hal ini telah terbukti dengan semakin banyaknya lapangan futsal yang bangun baik itu secara indoor maupun outdoor. Sebelum anda membuka bisnis lapangan futsal anda perlu memperhatikan wacana ukuran lapangan futsal, termasuk juga ukuran gawang futsal. Apa bila anda masih awam mengenai futsal, maka artikel dari kami ini akan sangat membantu bagi anda yang sedang mencari tahu mengenai ukuran gawang futsal. Sama menyerupai permainan sepak bola, Gawang futsal juga mempunyai ukuran yang telah ditentukan secara nasional dan bahkan internasional. Berikut ini ukuran dari gawang futsal :

1. Gawang terdiri dari dua buah tiang sejajar dengan posisi vertikal dan mempunyai jarak yang sama dari setiap sudut. Pada sisi atasnya dihubungkan dengan tiang horizontal.
2. Gawang harus diletakkan sempurna pada potongan tengah masing-masing garis gawang.
3. Jarak kedua tiang vertikal atau lebar gawang yaitu 3 meter diukur dari potongan dalam tiang, dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan atau disebut juga dengan tinggi gawang yaitu 2 meter yang diukur dari potongan dalam tiang palang atas gawang ke lantai.
4. Tiang vertikal dan tiang horizontal mempunyai diameter 8 cm.
5. Jaring gawang terbuat dari tali nilon,rami atau goni, yang dikaitkan pada kedua tiang vertikal dan horizontal pada sisi belakang gawang.
6. Kedalaman gawang yaitu jarak dari ujung potongan dalam dari posisi gawang pribadi ke arah sisi luar lapangan, paling sedikit 80 cm di potongan atas serta 100 cm pada potongan bawah
7. Bentuk penampang tiang yaitu kotak dan llingkaran, dan bentuk penampang lingkaran lebih dianjurkan, sebab relatif lebih kondusif bila terjadi benturan serta pantulan bola dengan tiang, penampang bulat juga lebih menghasilkan arah yang akurat.

Selain ukuran gawang, anda juga harus memperhatikan ukuran lapangan futsal, berikut yaitu ketetapan untuk ukuran lapangan futsal :

Apabila garis gawang antara 15 sampai 16 m, pada radius seperempat lingkaran hanya akan diukur sebesar 4 m. Di dalam hal ini pada titik penalti tidak lagi ditempatkan pada garis yang dibatasi oleh tempat penalti, akan tetapi berada pada jarak 6 meter dari titik tengah antara posisi kedua tiang gawang.

Garis sanggup digambarkan di sisi luar lapangan, 5 meter dari sudut lapangan dan juga pada sudut kanan serta kiri dari garis gawang untuk memastikan jarak ini sanggup diamati apabila tendangan sudut ini dilakukan. Dan Lebar garis ini yaitu 8 cm.

Dua buah garis perhiasan dengan masing-masing jarak 5 meter di kanan dan kiri titik penalti kedua untuk menggambarkan jarak pengamatan ketika tendangan bebas dilakukan dari titik penalti kedua.

Untuk Tempat duduk pemain cadangan berada di belakang garis pembatas lapangan, letaknya sempurna di samping tempat bebas yg berada di depan meja pencatat waktu (time keeper)

Demikian artikel dari kami mengenai Ukuran Gawang Pemain Futsal yang mungkin sanggup bermanfaat untuk anda.

Posting Komentar untuk "Ukuran Gawang Permainan Futsal"