Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema Penelitian

Tema Penelitian - Pada dasarnya penelitian merupakan pengolahan, pencarian ataupun penganalisasian sebuah objek yang hendak dilakukan dengan menurut teori maupun cara sistematis guna mendapat tanggapan dari suatu duduk kasus yang ada. Lalu apa itu tema penelitian? Makara untuk melaksanakan sebuah penelitian memang diharuskan memilih tema maupun judul penelitian. Untuk tema sendiri merupakan pokok duduk kasus atau pokok pikiran yang dikemukakan ke dalam sebuah penelitian.

Dalam memilih tema juga harus di pikirkan baik-baik jauh sebelum proses penelitian itu dimulai, lantaran tema itulah yang akan menjadi batasan atas penelitian yang hendak di lakukan. Namun sering kali kita salah mengartikan antara tema dan judul, alasannya yaitu judul itu yang akan menjadi nama dari hasil penelitian yang dilakukan, jadi ada baiknya untuk judul dipikirkan sesudah penelitian itu selesai.

Terkadang memilih tema penelitian masih menjadi permasalahan bagi peneliti pemula. Lantas bagaimana solusinya? Nah, yang harus anda perhatikan untuk memilih tema sebuah penelitian yaitu :

Ketahuilah dan tentukanlah apa yang menjadi minat Anda, Hal ini memang penting, alasannya yaitu melaksanakan penelitian itu juga tidak gampang dan niscaya akan ada masalah, membutuhkan biaya serta membutuhkan tenaga dan usaha. Semua itu akan berat untuk dilakukan apabila kita melaksanakan sesuatu hal yang tidak kita minat.

Melakukan studi pustaka, Hal ini harus kita lakukan, lantaran buat apa melaksanakan suatu penelitian yang pernah atau sudah di publikasikan? Tentu apa yang kita lakukan menjadi sia-sia dan bahkan mungkin kita dituduh menjiplak. Makara baca semua penelitian yang telah di publikasikan untuk mencegah terjadinya duplikasi. Itulah mengapa studi pustaka perlu dilakukan.

Perhatikan sikon dan budget, Ini yang harus diperhatikan khususnya untuk peneliti pemula, kebanyakan ingin melaksanakan penelitian yang muluk-muluk namun tidak punya cukup biaya maupun atmosfer yang sanggup mendukung. Untuk atmosfer sanggup berupa sumber referensi, pembimbing, peralatan, termasuk sulit tidaknya dalam melaksanakan penelitian tersebut

Langkah kedua dan ketiga sangat dekat kaitannya, jadi sesudah kita mengetahui niscaya mengenai kondisi atmosfer yang riil di sekitar kita, khususnya biaya. Maka dengan membaca semua pustaka yang ada, dari situ kita sanggup mempunyai citra mengenai tema penelitian apa yang sanggup kita lakukan di daerah kita. Apabila memang ingin melaksanakan pengulangan, maka lakukanlah sekiranya yang mempunyai muatan lokal yang kuat.

Langkah terakhir, baca dan lihat hasil diskusi pada pustaka yang kita miliki. Dari sini kita sanggup mendapat inspirasi yang manis dan pas untuk tema penelitian yang hendak kita lakukan. Makara apabila anda berbakat, maka anda juga sanggup mendapat inspirasi tema yang benar-benar masih original.

Posting Komentar untuk "Tema Penelitian"