Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Penelitian

Strategi Penelitian - Dalam sebuah penelitian tentunya kita sulit dalam memecahkan masalah. Selain itu dalam pembuatan usulan dan laporan tentunya akan sulit direalisasikan kalau gosip yang kita dapatkan sangat minim. Untuk menyiasati hal ini maka kita harus menerapkan taktik yang sempurna dalam mendapat informasi. Berikut beberapa taktik penelitian :

1. Studi kasus

Merupakan taktik yang banyak dipakai dalam penelitian kualitatif, walaupun tidak semua peneliti studi masalah ini yakni peneliti kualitatif. Studi masalah ini berfokus pada paradigma yang sifatnya naturalistic, kebudayaan, holistic dan fenomenologi. studi masalah dibagi menjadi beberapa jenis yakni studi masalah yang mempunyai sifat exploratory, dan descriptive. dimana studi masalah jenis ini terdapat banyak perjuangan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, mengapa dan bagaimana, serta di tingkat tertentu juga menggunakan pertanyaan apa / apakah. Ada juga studi masalah intrinsic artinya perjuangan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut wacana suatu hal. Kaprikornus jenis studi masalah ini tidak bermaksud untuk menciptakan teori. Studi masalah instrumental yakni studi yang menghasilkan hal-hal gres yang sanggup memperdalam suatu teori. Yang terakhir studi masalah kolektif, merupakan ekspansi dari studi instrumental yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman serta menyumbang kepada pembentukan teori.

2. Survey

Strategi ini umumnya dipakai untuk memetakan duduk masalah secara singkat serta cepat. Analogi dari taktik survey ini di dalam fotografi yakni ketika seorang fotografer menciptakan sebuah jepretan terhadap objek. Dengan demikian, semakin luas info yang didapat dari pemetaan yang cepat dan singkat ini maka populasi juga semakin tinggi, serta ini akan menciptakan pengambilan kesimpulan menjadi lebih baik.

3. Eksperimen

Strategi ini dipakai untuk melihat efek variabel satu terhadap variabel lainnya. Dengan demikian, kondisi yang ada dicoba untuk dikendalikan sedemikian rupa, sehingga hanya variabel khusus yang menjadi perhatian. Untuk itu, umumnya disediakan 2 kelompok yang berbeda dengan tujuan untuk menarik perhatian saja. 2 kelompok ini kemudian diberi perlakukan yang berbeda. Kemudian efek dari perlakuan tersebut yang nantinya diamati serta dibandingkan.

Itu tadi beberapa taktik penelitian yang sanggup anda terapkan dalam pembuatan sebuah usulan dan laporan. Sehingga anda tidak mengalami kesulitan dalam mencari ide. Semoga berguna.

Posting Komentar untuk "Strategi Penelitian"