Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Penelitian

Rencana Penelitian - Di dalam penelitian apapun itu, baik penelitian kuantitatif niscaya tidak akan lepas dari salah satu tahapan yang biasa kita sebut dengan tahapan persiapan. Makara dalam tahapan ini juga meliputi suatu acara penjajakan ataupun orientasi ataupun orientasi lapangan maupun orientasi medan serta tahapan penyusunan planning penelitian dan juga instrumen penelitian.

Meskipun penelitian kualitatif lebih menekankan diri pada acara di lapangan sebagai target penelitian, akan tetapi bukan berarti dalam penyusunan planning penelitian sanggup ditinggalkan begitu saja. Mengapa demikian? alasannya ialah bagaimanapun juga suatu acara penelitian tersebut juga harus cenderung bersifat terarah dan juga terfokus, di dalamnya termasuk penelitian kualitatif. Makara penyusunan planning penelitian itu dimaksudkan untuk memilih arah fokus dan juga tujuan dari penelitian itu sendiri. Rencana penelitian menyerupai yang dimaksudkan ini kerap kali tampil dalam banyak sekali macam istilah menyerupai rancangan penelitian, usul penelitian, anjuran penelitian, proyek proposal, proyek statement dan lain sebagainya.

Sebenarnya kata planning kerap kali disebut pula sebagai rancangan, di sini maksudnya kerap kali persiapan yang hendak dilakukan untuk melaksanakan
sesuatu itu sesuai dengan mksud dan tujuan tertentu. Sehingga dari situlah suatu planning termasuk planning sebuah penelitian paling tidak harus meliputi unsur-unsur menyerupai berikut ini :
Kenyataan atau keadaan kini ini selaku latar belakang
Kecenderungan yang tengah berlaku di lapangan
Permasalahan yang sekiranya akan muncul
Anggapan-anggapan dasar yang sanggup digunakan
Jawaban yang ada, yang kemungkinan tanggapan tersebut benar
Tujuan yang akan dicapai
Sasaran yang akan dijangkau
Langkah untuk mencapai tujuan atau target yang di dalamnya meliputi :

a) Pemilihan teknik ataupun metode operasional

b) Pemilihan untuk daerah operasionalnya

c) Pemilihan untuk waktu operasionalnya

d) Pemilihan personalia atau tenaga maupun target serta organisasinya

e) Penetapan dana baik itu dalam jumlah ataupun asalnya

Pada dasarnya planning ataupun perencanaan itu ialah sederetan petunjuk yang telah disusun secara logis dan juga secara sistematis. Apabila kita mengingat suatu rencana, maka yang planning tersebut merupakan sebuah citra mengenai sesuatu tujuan maupun cara-cara untuk mencapainya. Makara setidaknya dalam planning penelitian itu sanggup disimpulkan harus memuat penetapan atau perumusan mengenai :
Latar belakang suatu penelitian
Kecenderungan yang tengah berlaku
Anggapan dasar
Prakiraan tanggapan (berupa hipotesis)
Tujuan dari penelitian tersebut
Sasaran dari penelitian tersebut
Cara untuk mencapai tujuan tersebut


Posting Komentar untuk "Rencana Penelitian"