Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Proses berguru mengajar memang merupakan bab terpenting dalam mengimplementasikan kurikulum, termasuk memahami prinsip-prinsip pembelajaran itu sendiri. Adapun untuk bisa mengetahui efektivitas dan juga efisiensi suatu pembelajaran bisa kita lihat melalui kegiatan pembelajaran ini. Oleh alasannya itu, dalam melaksanakan pembelajaran sudah sepatutnya seorang pengejar mengetahui bagaimana cara untuk menciptakan kegiatan berguru bisa berjalan dengan baik serta bisa mencapai tujuan sesuai dengan yang diinginkan.

Memang, prinsip-prinsip pembelajaran yakni bab terpenting yang wajib diketahui para pengajar sehingga mereka bisa memahami lebih dalam prinsip tersebut dan seorang pengajar bisa menciptakan pola yang sempurna dalam pembelajarannya. Dengan begitu pembelajaran yang dilakukan akan jauh lebih efektif serta bisa mencapai sasaran tujuan. Untuk mengetahui lebih terperinci mengenai apa saja prinsip-prinsip pembelajaran tersebut, sebaiknya simak ulasan berikut :

• Prinsip motivasi dan perhatian
Dalam sebuah proses pembelajaran, di sini perhatian sangatlah berperan penting sebagai awalan dalam memicu kegiatan belajar. Sementara motivasi mempunyai keterkaitan dengan minat siswa, sehingga mereka yang mempunyai minat tinggi terhadap mata pelajaran tertentu juga bisa menjadikan motivasi yang lebih tinggi lagi dalam belajar.

• Prinsip keaktifan
Pada hakikatnya berguru itu merupakan proses aktif yang mana seseorang melaksanakan kegiatan untuk mengubah sikap dan
pemikiran menjadi lebih baik.

• Prinsip berpengalaman atau keterlibatan secara langsung
Jadi prinsip ini bersahabat kaitannya dengan prinsip acara di mana masing-masing individu haruslah terlibat pribadi untuk mencicipi atau mengalaminya. Adapun bekerjsama di setiap kegiatan pembelajaran itu haruslah melibatkan diri kita secara langsung.

• Prinsip pengulangan
prinsip pengulangan di sini memang sangatlah penting yang mana teori yang bisa kita jadikan petunjuk sanggup kita cermati dari dalil yang di kemukakan Edward L Thorndike mengenai law of learning.

• Prinsip tantangan
Penerapan materi berguru yang kita kemas dengan lebih menantang menyerupai halnya mengandung permasalahan yang harus dipecahkan, maka para siswa pun juga akan tertantang untuk terus mempelajarinya.

• Prinsip penguat dan balikan
Kita tahu bahwa seorang siswa akan lebih semangat kalau mereka mengetahui serta mendapat nilai yang baik. Terlebih lagi kalau hasil yang didapat sangat memuaskan sehingga itu bisa menjadi titik balik yang akan sangat kuat untuk kelanjutannya.

• Prinsip perbedaan individual
Proses berguru masing-masing individu memang tidaklah sama baik secara fisik maupun psikis. Untuk itulah di dalam proses pembelajaran mengandung penerapan bahwa masing-masing siswa haruslah dibantu supaya lebih memahami kelemahan serta kekuatan yang ada pada dirinya dan kemudian bisa mendapat perlakuan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing.

Jadi itulah beberapa prinsip-prinsip pembelajaran yang patut anda ketahui, sehingga kita juga bisa lebih memahami arti dari proses pembelajaran itu sendiri.


Posting Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Pembelajaran"