Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Dan Format Multimedia Pembelajaran

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai multimedia pembelajaran, sebaiknya kita pahami dahulu apa itu pengertian dari multimedia dan pembelajaran itu sendiri. Kaprikornus Multimedia yaitu suatu media yang menggabungkan dua atau lebih unsur media yang terdiri dari gambar, foto, teks, video maupun animasi yang terintegrasi. Sementara pembelajaran diartikan sebagai sebuah proses membuat lingkungan untuk berlangsungnya proses berguru mengajar. Di dalam sebuah pembelajaran sendiri yang paling utama yaitu bagaimana siswa itu belajar, berguru dalam arti acara mental sehingga mereka bisa menghasilkan sebuah perubahan prilaku menjadi lebih baik yang sifatnya konstan.

Berbicara mengenai manfaat dari multimedia pembelajaran ini jikalau dipilih, dipakai dan dikembangkan dengan sempurna maka bisa memperlihatkan manfaat yang sangat banyak untuk para siswa dan guru. Secara umum manfaat tersebut yaitu mengakibatkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, atraktif dan juga bisa meningkatkan kualitas berguru mengajar. Hal tersebut bisa didapatkan sebab mengingat beberapa keunggulan yang dimiliki dalam multimedia pembelajaran yaitu :

  • Mampu membesarkan benda yang berukuran kecil atau tak nampak dengan mata sekalipun menyerupai basil dan kuman.
  • Mampu memperkecil benda yang mustahil dihadirkan sebab ukurannya yang terlalu besar menyerupai gedung, pesawat, gajah dan sebagainya dalam proses pembelajaran.
  • Mampu menyajikan suatu insiden ataupun benda dengan lebih kompleks menyerupai beredarnya planet, bekerjanya sebuah mesin dan lain-lain.
  • Mampu menyajikan sebuah insiden yang jauh menyerupai salju, bulan dan sebagainya.
  • Mampu menyajikan sebuah insiden yang berbahaya untuk dipelajari menyerupai gunung meletus.
  • Mampu meningkatkan daya tarik siswa dalam mempelajarinya.

Selain itu karakteristik dari multimedia di dalam sebuah pembelajaran yaitu :

Menyajikan lebih dari satu media secara bersamaan, contohnya saja dengan menggabungkan unsur visual dan audio.

Lebih bersifat interaktif
Bersifat berdikari sehingga siswa bisa berguru secara pribadi tanpa bimbingan orang lain.

Pada dasarnya dalam menyajikan suatu pembelajaran dengan memakai multimedia, terdapat beberapa format yang bisa kita gunakan atau terapkan. Tapi apa saja format tersebut? perhatikan berikut ini :

Tutorial
Kaprikornus tutorial ini merupakan sebuah pembelajaran yang memakai multimedia untuk penyampaian materi, baik itu secara teks, grafik maupun video.

Drill
Drill ini dipakai untuk melatih para pengguna sehingga mereka bisa jago dalam mempelajari suatu keterampilan maupun untuk penguasaan sebuah konsep tertentu. Adapun jadwal ini menyediakan beberapa soal yang nantinya akan ditampilkan acak, jadi setiap soal yang muncul selalu berbeda.

Simulasi
Pembelajaran yang satu ini dikemas dengan format penyampaian yang lebih dinamis dan biasa di aplikasikan di dunia nyata.

Eksperimen
Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan simulasi, tapi eksperimen ini lebih ditujukan untuk kegiatan yang sifatnya percobaan. Misalnya saja latihan praktikum di sebuah laboratorium.

Permainan
Permainan di sini disajikan untuk proses pembelajaran. Dengan begitu dibutuhkan acara berguru bisa lebih menarik dengan bermain.

Dengan mengetahui pengertian dan juga banyak sekali format yang bisa kita terapkan dalam pembelajaran. Maka dibutuhkan proses berguru mengajar bisa lebih baik dan lebih efisien mengingat betapa pentingnya multimedia pembelajaran itu sendiri untuk dikala ini.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Dan Format Multimedia Pembelajaran"