Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Guru

Karakteristik Guru - Guru di dalam proses berguru mengajar memiliki tugas untuk membantu supaya proses berguru mengajar siswa bisa berjalan dengan lancar. Seorang guru tidak menstransfer ilmu yang sudah dimilikinya, namun membantu siswa guna membentuk pengetahuannya. Seorang guru dituntut semoga lebih memahami jalan pikiran dan cara pandang siswa. Guru haruslah profesional, kreatif dan menyenangkan dengan mengambil posisi sebagai orang renta yang penuh rasa sayang pada muridnya, sobat sebagai tempat mengadu perasaan murid, fasilitator yang siap untuk melayani murid sesuai dengan minat serta bakatnya.

Ada aneka macam macam karakteristik guru profesional. Yang pertama ialah taat pada perundang-undangan. Hal ini sesuai dengan isyarat etik guru Indonesia dimana guru melaksanakan segala kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Kebijaksanaan bidang pendidikan di Indonesia dipegang oleh pemerintah. Untuk hal ini seorang guru harus tahu wacana kebijakan pemerintah supaya bisa melaksanakannya. Baik untuk segala peraturan pelaksanaan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang ada di sentra atau oleh dinas pendidikan daerah.

Karakteristik guru profesional yang kedua ialah memelihara serta meningkatkan organisasi profesi. Secara bersama-sama, guru menjaga dan meningkatkan mutu organisasi guru sebagai bentuk pengabdian. Hal tersebut menawarkan bahwa perananan suatu organisasi profesi sebagai sarana dedikasi sangatlah penting.

Organisasi profesi memiliki tugas untuk melaksanakan pengawasan mutu layanan atas suatu bidang profesional yang dilakukan secara kesejawatan, baik perorangan atau melalui organisasi profesi. Organisasi profesi diperlukan bisa melaksanakan pengawasan menyerupai yang dimaksud dan sudah siap untuk menjalankan fungsinya.

Sedangkan karakteristik guru yang ketiga ialah memelihara kekerabatan dengan sobat sejawat. Di dalam isyarat etik guru disebutkan bahwa guru harus menjaga kekerabatan seprofesi, memiliki semangat kekeluargaan, serta kesetiakawanan sosial. Untuk itu guru hendaknya bisa membuat dan memelihara kekerabatan dan semangat kekeluargaan serta kesetiakawanan sosial ke sesama guru di dalam lingkungan atau di luar kerjanya.

Karakteristik atas seorang guru yang sangat disenangi oleh murid ialah demokrasi, kooperatif, baik hati, sabar, adil, konsisten, suka menolong, ramah, terbuka, suka humor, menguasai pekerjaan, fleksibel, peduli dan perhatian terhadap minat murid, bisa membuat suasana yang baik di tempat kerja.

Posting Komentar untuk "Karakteristik Guru"