Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Ciri-Ciri Cerpen

Apa yang dimaksud dengan cerpen? Ada banyak klarifikasi dari para jago mengenai pengertian dongeng pendek. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa cerpen ialah dongeng atau kisah pendek dengan jumlah kata kurang dari 10.000 dengan menawarkan kesan tunggal dan ceritanya terpusat pada salah satu tokoh.

Susanto dalam Tarigan menjelaskan bahwa, cerpen merupakan dongeng dengan jumlah kata 5000 kata atau sekitar tujuh belas halaman kuarto. Sedangkan Sumardjo dan Saini menjelaskan bahwa cerpen ialah dongeng fiktif yang belum niscaya kebenarannya serta ceritanya relatif pendek dan cerpen bukanlah suatu analisis argumentatif.

Dari klarifikasi di atas tentunya kita sudah sanggup mendefinisikan dongeng pendek. Cerita pendek ialah dongeng singkat berbentuk prosa yang jumlah katanya sekitar 2 hingga 20
halaman. Jika halamannya sudah lebih dari seratus halaman berarti bukanlah cerpen melainkan novel atau dongeng panjang. Cerita pendek ini juga memiliki ciri khusus yang membedakan dengan dongeng lain. Berikut klarifikasi ciri-ciri dongeng pendek:

- Bentuk ceritanya lebih pendek dari novel (singkat dan padat)

- Jumlah katanya tidak lebih dari 10.000 kata

- Isi ceritanya berasal dari kehidupan sehari-hari (biasanya dari pengalaman langsung atau orang lain)

- Tidak mengangkat atau menggambarkan semua kisah pelakunya sebab yang dilukiskan hanyalah problem tunggal atau inti sarinya saja.

- Tokoh-tokoh digambarkan mengalami problem atau konflik hingga pada penyelesainnya.

- Pemakaian katanya sangat sederhana dan hemat sehingga gampang dikenal pembaca.

- Kesan yang ditinggalkan sangat mendalam sehingga pembaca ikut mencicipi isi dari dongeng pendek.

- Hanya satu insiden saja yang diceritakan.

- Alur dongeng tunggal dan lurus

- Penokohan pada cerpen sangat sederhana, tidak mendalam dan singkat

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian dan ciri-ciri dongeng pendek. Terimkasih telah berkunjung agar goresan pena di atas sanggup dijadikan tumpuan Anda. Baca artikel terkait menarik lainnya di serpihan bawah artikel ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Ciri-Ciri Cerpen"