Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penelitian Eksperimen Pendidikan

Penelitian Eksperimen Pendidikan - Salah satu penelitian yang paling sering digunakan oleh seorang peneliti dalam bidang pendidikan yaitu penelitian eksperimen pendidikan. Di dalam penelitian eksperimen, variabel bebas ( independent variabel ) serta variabel terikat ( dependent variabel ), telah ditentukan secara terang oleh para peneliti mulai awal penelitian. Variabel bebas terkadang yakni variabel yang diubah secara matematis. Dalam bidang pendidikan, yang diamati sebagai variabel bebas antaranya yakni : teknik mengajar, jenis – jenis penguatan / reinforcement, frekuensi penguatan, akomodasi pendidikan, materi belajar, lingkungan belajar, jumlah kelompok mencar ilmu dan lain sebagainya. Variabel terikat yang juga disebut dengan criterion variabe yakni variabel yang diukur menjadi akhir dari manipulasi terhadap variabel bebas.

Variabel terikat ini sering disebut dependent variabel alasannya memang fungsi mereka bergantung pada variabel bebas. Penelitian eksperimen pendidikan yakni sebuah penelitian yang sanggup menjawab pertanyaan jika anda melaksanakan sesuatu terhadap keadaan yang dikendalikan secara
ketat apa yang akan terjadi ?. Untuk mengetahui apa ada perubahan / tidak terhadap sebuah kondisi yang di kontrol secara ketat, jadi anda membutuhkan perlakuan / treatment pada keadaan tersebut serta hal inilah yang dikerjakan terhadap penelitian eksperimen pendidikan. Maka penelitian eksperimen pendidikan sanggup dikatakan sebagai teknik penelitian yang digunakan untuk mencari korelasi perlakuan pada yang lain di dalam kondisi yang telah terkendali ( Sugiono : 2010 ).

Menurut MacLin dan Solso : 2002, penelitian eksperimen pendidikan merupakan sebuah penelitian yang didalamnya ditemukan paling tidak 1 variabel yang diubah untuk mempelajari antara korelasi sebab-akibat. Oleh alasannya itu, penelitian eksperimen pendidikan akrab kaitannya di dalam menguji sebuah hipotesis. Maka, dengan kata lain sebuah penelitian eksperimen pendidikan pada prinsipnya sanggup diartikan sebagai metode sistematis untuk membangun korelasi yang berisi fenomena alasannya akhir / causal – effect relationship. Sebagai pola korelasi antara alasannya – akhir dibidang pendidikan misalnya, mahasiswa yang mempunyai nilai matematika diatas rata – rata cenderung sukses dalam menuntaskan mapel merencana mesin.

Penelitian eksperimen pendidikan terkadang dilaksanakan oleh peneliti untuk menemukan balasan dari pertanyaan yang bekerjasama dengan suatu hal jika dilakukan pada keadaan yang di kontrol dengan teliti. Sekian sedikit ulasan singkat ihwal penelitian eksperimen pendidikan, biar berguna.

Posting Komentar untuk "Penelitian Eksperimen Pendidikan"