Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Objek Penelitian

Objek Penelitian - Pada dasarnya objek merupakan apa yang hendak diselidiki di dalam acara penelitian. Ada beberapa masalah yang perlu untuk kita pahami semoga sanggup memilih serta menyusun objek penelitian di dalam metode penelitian dengan baik yaitu berafiliasi dengan apa itu objek penelitian di dalam penelitian kualitatif. Selain itu apa saja objek penelitiannya dan juga kriteria ibarat apa yang sanggup dijadikan objek dari penelitian yang kita lakukan.

Menurut pengertian, objek yaitu keseluruhan dari tanda-tanda yang terdapat di sekitar kehidupan kita. Apabila kita lihat dari sumbernya, maka objek di dalam suatu penelitian kualitatif disebut sebagai situasi sosial yang di dalamnya terdiri dari tiga elemen yaitu :

  1. Tempat
  2. Pelaku
  3. Aktivitas

Yang mana dari ketiga elemen tersebut saling bersinergi. Akan tetapi objek penelitian kualitatif juga tidak semata-mata bergantung pada situasi sosial dari tiga elemen itu saja melainkan juga sanggup berupa tumbuhan, insiden alam, binatang, kendaraan dan sebagainya.

Apabila dikaitkan dengan sumbernya, maka objek penelitian sanggup dibedakan menjadi 2 bab yaitu objek primer dan sekunder. Sementara untuk pengertian dari objek primer yaitu suatu objek yang diperoleh dengan melalui sumber pertama, sedangkan untuk objek sekunder yaitu objek yang didapatkan dengan melalui sumber kedua. Untuk misalnya yaitu, pada dikala melaksanakan sebuah wawancara, maka objek primernya yaitu hasil dari wawancara tersebut, sedangkan untuk objek sekundernya yaitu dokumen yang tertulis ataupun aneka macam hasil pembicaraan yang mempunyai kegunaan untuk mendukung sumber objek serta objek primernya. Sebenarnya objek sekunder masih dibedakan lagi menjadi 2 macam yaitu :
  1. Sumber yang berafiliasi dengan masalah utama dari penelitian secara langsung
  2. Sumber umum, layaknya buku-buku serta rujukan yang tidak berafiliasi secara langsung, namun mempunyai relevansi.
Untuk persyaratan bagi permasalahan yang sanggup dan juga layak untuk dijadikan objek penelitian yaitu :
  • Permasalahannya masih baru
  • Menarik minat dari banyak kalangan
  • Memiliki relevansi serta manfaat untuk masyarakat
  • Memungkinkan untuk sanggup dikembangkan dalam penelitian selanjutnya
  • Memungkinkan untuk dilakukan sesuai pada waktu dan dana

Sementara itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan berafiliasi dengan objek penelitian yaitu :
  • Objek untuk penelitian harus sesuai latar belakang, baik akademis maupun sosial.
  • Objek untuk penelitian yaitu bab yang tidak terpisahkan dari peneliti semoga penelitian yang dilakukan menarik.
  • Jangan mengkaji atau meneliti di bidang penelitian orang lain.
  • Objek penelitian, kecil maupun besar di sekitar kita.
  • Usahakan objek penelitian tidak berada pada daerah kita bekerja atau daerah kita berdomisili semoga sanggup objektif dalam meneliti.

Posting Komentar untuk "Objek Penelitian"