Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model-Model Pembelajaran Terpadu



Model Pembelajaran Terpadu - Pada ulasan berikut ini aku sengaja mengajak anda sekalian untuk membicarakan perihal bermacam-macam hal menarik yang aku rangkum perihal model pembelajaran terpadu. Model pembelajaran semacam ini dinilai efektif saat dipakai dalam acara pembelajaran bagi para penerima didik. Seperti apakah model pembelajaran terpadu ini? simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Setidaknya terdapat sepuluh model pembelajaran yang sanggup dikembangkan dalam acara pembelajaran terpadu. Di antaranya model-mode tersebut antara lain.

Model pembelajaran terpadu yang pertama ialah model penggalan. Model ini merupakan sebuah model pembelajaran yang memadukan penggalan-penggalan bahan pembelajaran yang terdapat dalam sebuah mata pelajaran saja. Contohnya ialah pada pembelajaran bahasa terdapat bahan perihal kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis yang sanggup dipadukan.

Kedua, ialah model keterhubungan. Model ini berciri khusus perihal banyak bahan pembelajaran yang memiliki satu payung khusus atau induk bahan pembelajaran misalkan biologi, fisika ke dalam bahan pelajaran IPA.

Model sarang. Model ini mempunyai ciri khusus dimana seorang tenaga pendidik memadukan bermacam-macam bentuk pemahaman konsep dalam sebuah acara pembelajaran.

Model rangkaian atau urutan, model pembelajaran yang semacam ini sanggup diartikan sebagai sebuah rangkaian acara pembelajaran yang saling berkaitan satu sama lainnya. Atau sanggup kita katakan sebagai sebuah model pembelajaran parallel.

Model bagian. Pada model pembelajaran yang menyerupai ini sanggup menjadi penggabungan antara dua bahan pembelajaran yang terdapat dalam dua mata pelajaran yang berbeda, namun mempunyai bahan yang sama. Contoh penggunaan model pembelajaran ini sanggup diterapkan pada acara pembelajaran IPS dan PKN yang mempunyai bahan yang sama.

Model jaring laba-laba. Yang menjadi ciri khusus dari model pembelajaran ini ialah bahwa acara pembelajaran ini didasarkan pada pembelajaran tematik atau yang mempunyai tema yang sama.

Model keterpaduan. Model pembelajaran ini memadukan banyak sekali mata pelajaran yang berbeda namun diasumsikan mempunyai esensi yang sama atau serupa. Misalkan saja pada pembelajaran IPA, IPS maupun pada pembelajaran bahasa.

Selain tujuh model di atas masih terdapat tiga model pembelajaran yang lain di antaranya model pembelajaran galur, celupan dan jaringan yang masing-masing mempunyai ciri khas. Demikian yang sanggup aku sampaikan, supaya sanggup bermanfaat untuk anda sekalian.

Posting Komentar untuk "Model-Model Pembelajaran Terpadu"