Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Pembelajaran Visual

Media pembelajaran visual dalam pendidikan dikala ini sangat diharapkan sekali, mengingat teknologi yang semakin canggih sanggup dijadikan sebagai media untuk belajar. Dalam pendidikan niscaya selalu ada media pembelajaran untuk dipakai membimbing siswa, namun masih banyak para guru yang tidak memperhatikan akan hal tersebut.

Media pembelajaran visual merupakan suatu penyampaian informasi secara kreatif dengan cara menampilkan gambar atau grafik dengan letaknya yang gampang dimengerti oleh si peserta pesan, sehingga gagasan pun juga sanggup diterima dengan baik. Jika media visual dihubungkan dengan suatu proses belajar, maka akan menciptakan pembelajaran terasa menyenangkan dan tidak monoton saja yang siswa lihat. Karena dari media visual inilah guru dituntut kreatif ketika memberikan suatu materi, sehingga sang murid sanggup mendapatkan klarifikasi bahan tersebut dengan nalar yang baik, dan juga akan mengasyikkan ketika belajar.

Suatu proses yang dilakukan secara terus menerus merupakan hal yang membosankan, sama hal nya dengan murid, kalau gurunya hanya menandakan suatu definisi apalagi teror dengan berbicara di depan saja sangatlah membosankan bagi siswa. Maka dari itu guru dituntut merencanakan suatu pelajaran dengan semenarik mungkin memakai salah satu media yang disebut visual.

Media visual sanggup berupa gambar maupun foto. Contohnya divdalam pelajaran IPS adalah, guru sedang membahas bahan Negara yang ada di dunia. Karena melalui globe sangat sulit sekali untuk dilihat, alasannya ukurannya yang terlalu kecil, maka guru sanggup menyebarkan peta dengan ukuran besar dan diperlihatkan kepada siswa. Setelah itu, siswa harus menunjuk gambar yang disebutkan oleh guru, dan yang terakhir guru menugaskan siswa menciptakan gambar peta. Hal tersebut merupakan proses mencar ilmu yang sangat baik untuk diterapkan, lantaran selain pelajaran menjadi gampang untuk dihapalkan, belum dewasa juga sanggup mengekspresikan hasil karyanya dengan menggambar peta. Jika semua guru di Indonesia sanggup menerapkan media pembelajaran dengan baik, pastinya tidak ada lagi murid-murid yang sengaja absen sekolah atau takut dengan pelajarannya.

Media pembelajaran visual sanggup diterapkan untuk semua mata studi. Misalnya untuk pelajaran matematika sanggup memakai gambar balok atau segitiga untuk memilih suatu rumus, dan untuk pelajaran seni sanggup melukiskan kreasi yang dimiliki para siswa. Jika Anda kurang memahami pengertian media pembelajaran silahkan klik di sini.

Posting Komentar untuk "Media Pembelajaran Visual"