Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengulas Teori Pembelajaran

Teori Pembelajaran - Proses berguru merupakan suatu aktivitas secara sedikit demi sedikit yang dilakukan insan untuk terus mengalami perubahan dari segi sikap sebagai bentuk akhir dari interaksi yang terjadi antar individu di dalam lingkungan masyarakat, keluarga sampai berbangsa serta bernegara. Adapun proses pembelajaran tersebut, mempunyai kecenderungan atas perubahan sikap maupun referensi pikir serta pengetahuan yang dipunyai oleh masing-masing orang. Di dalam proses pembelajaran pun terdapat sebuah teori pembelajaran yang menjadi pedoman, untuk memperoleh proses pembelajaran secara maksimal yang bersifat prespektif. Makara proses pembelajaran itu dilakukan berdasar teori pembelajaran tersebut, sehingga perubahan sikap yang bisa kita amati pribadi yakni berupa penampilan. Sementara perubahan sikap yang tidak bisa kita amati yakni berupa kemampuan masing-masing individu untuk bertindak atas sesuatu hal.

Adapun proses pembelajaran sendiri merupakan suatu hal yang sangat lengkap, sebab di dalamnya akan melibatkan banyak sekali tingkah laris dan referensi pikir yang mempunyai tugas penting demi kelangsungan proses pembelajaran itu sendiri. Teori pembelajaran juga terbagi menjadi empat bagian, ada teori pembelajaran humanistik, tingkah laku, kognitif dan sosial. Makara masing-masing teori tersebut mempunyai fungsi serta tugas tersendiri selama berlangsungnya proses pembelajaran tersebut terjadi. Untuk lebih jelasnya simak ulasan
berikut :

• Teori pembelajaran humanistik
Teori ini lebih terfokus pada tugas dari pendidikan sebagai penyedia untuk memperlihatkan pembelajaran yang baik terhadap para siswa. Adapun dalam teori ini juga menjelaskan bahwa proses pembelajaran itu merupakan sebuah cara untuk mencetak kepribadian orang di dalam lingkungannya semoga menjadi seseorang yang lebih kooperatif yang mana dibutuhkan bisa membuatkan potensi untuk mencapai tujuan hidup.

• Teori pembelajaran tingkah laku
Teori ini terfokus pada tingkah laris seseorang atas hasil dari sebuah interaksi yang telah terjadi. Adapun hasil itu bisa berupa perubahan dari segi tingkah laris menjadi lebih baik.

• Teori pembelajaran kognitif
Teori ini terfokus pada kemampuan kognitif individu dengan melalui tahapan proses pembelajaran. Makara kemampuan ini akan meliputi suatu proses pendidikan, bisa berupa aktivitas pribadi maupun tugas pribadi dari setiap individu pada suatu insiden tertentu.

• Teori pembelajaran sosial
Teori ini mempunyai keterkaitan dengan sikap sebagai bentuk proses penguatan serta mempunyai peluang untuk mengalami pengulangan. Adapun pada teori ini juga diberlakukan sumbangan eksekusi atas sikap negatif yang dilakukan sebab terjadi ketidaksesuaian.

Pengetahuan yang bisa kita dapatkan dari proses pembelajaran tersebut tidak hanya berupa isu atau fakta saja, melainkan juga bisa dipakai untuk kehidupan secara nyata. Di samping itu teori pembelajaran juga sangat dibutuhkan bisa dijadikan alat bantu untuk mengatasi dan menuntaskan persoalan yang timbul selama proses pembelajaran. Dengan begitu hasil dari pembelajaran bisa pribadi diterapkan dalam kehidupan kita. Silahkan klik link berikut untuk definisi dan klarifikasi lebih lanjut mengenai teori belajar.

Posting Komentar untuk "Mengulas Teori Pembelajaran"