Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Guru

Di dalam sopan santun guru Indonesia dituliskan dengan terang bahwa guru membimbing murid untuk membentuk mereka menjadi insan seutuhnya yang berjiwa pancasila. Etika bagi guru yaitu terhadap penerima didiknya, terhadap pekerjaan dan terhadap daerah kerja. Etika tersebut wajib dimiliki oleh seorang guru untuk mewujudkan proses mencar ilmu mengajar yang baik.

Guru sebaiknya memberi teladan yang baik bagi muridnya. Keteladanan seorang guru yaitu perwujudan realisasi aktivitas mencar ilmu mengajar dan menanamkan sikap kepercayaan kepada murid. Guru yang berpenampilan baik dan sopan akan mempengaruhi sikap murid demikian juga sebaliknya. Selain itu di dalam menawarkan teladan kepada murid, guru harus bisa mencontohkan bagaimana bersifat objektif dan terbuka pada kritikan serta menghargai pendapat orang lain.

Guru harus bisa mempengaruhi dan mengendalikan muridnya. Perilaku dan eksklusif guru akan menjadi cuilan yang ampuh untuk mengubah sikap murid. Guru hendaknya menghargai potensi yang ada di dalam keberagaman murid. Seorang guru dalam mendidik seharusnya tidak hanya mengutamakan ilmu pengetahuan atau perkembangan intelektual saja, namun juga harus memperhatikan perkembangan eksklusif anak didiknya baik perkembangan jasmani atau rohani.

Etika guru yang berikutnya yaitu profesional terhadap pekerjaan. Sebagai seorang guru yaitu pekerjaan yang mulia. Guru harus melayani masyarakat di bidang pendidikan secara profesional. Supaya bisa menawarkan layanan yang memuaskan pada masyarakat maka guru harus bisa menyesuaikan kemampuan serta pengetahuannya dengan impian dan ajakan masyarakat.

Yang berikutnya yaitu profesional terhadap daerah kerja. Suasana yang baik ditempat kerja bisa meningkatkan produktivitas. Kinerja guru yang tidak optimal bisa disebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak memberi jaminan pemenuhan kiprah dan kewajiban guru secara optimal.

Pendekatan pembelajaran kontekstual bisa menjadi pemikiran bagi guru semoga lebih kreatif. Strategi mencar ilmu yang membantu guru untuk mengaitkan bahan pelajaran dengan situasi akan mendorong murid mengaitkan pengetahuan yang sudah dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sikap profesional guru pada daerah kerja yaitu dengan cara membuat kekerabatan yang serasi di lingkungan daerah kerja dan lingkungan. Etika guru sangat diharapkan dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Posting Komentar untuk "Etika Guru"