Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Penelitian

Langkah Penelitian - Rancangan penelitian merupakan awal dari proses pelaksanaan suatu penelitian yang hendak dilakukan, dengan demikian berarti masih terdapat acara lain yang juga harus ditempuh. Di dalam melaksanakan penelitian ilmiah, kita harus melalui langkah-langkah tertentu dengan sistematis atau yang disebut dengan mekanisme penelitian. Oleh alasannya itu intinya langkah-langkah penelitian yang dimaksud ialah sebagai berikut ini :

1. Membuat Sebuah Rancangan Penelitian
Seorang peneliti harus menyusun rancangan penelitian atau yang disebut dengan tawaran penelitian, hal ini termasuk langkah-langkah yang sangat penting. Sebenarnya tawaran penelitian bisa juga menentukan keberhasilan acara penelitian.

2. Pengumpulan Data
Riset atau penelitian merupakan acara ilmiah yang dilakukan secara sistematis dan terarah serta mempunyai tujuan. Dalam proses pengumpulan data, kita perlu jenis data, cara memperoleh, sumber data, dan besarnya yang dibutuhkan. Sementara langkah yang perlu untuk diperhatikan pada proses pengumpulan data ialah :

  1. Seleksi data, ialah menentukan data yang benar-benar valid serta berafiliasi dengan inti masalah.
  2. Sumber data, ialah berusaha untuk menemukan sumber data aslinya guna mendapat hasil yang akurat.
  3. Validasi data, ialah mencari data kasatmata yang sesuai dengan tujuan dan duduk kasus penelitian.
  4. Catatan data, ialah menciptakan suatu catatan lapangan dengan cermat serta seksama untuk tujuan supaya data yang didapat tidak tercampur dengan yang lainnya dan semoga tidak lupa
  5. Mengoreksi, merevisi dan memodifikasi data, ialah melaksanakan pengecekan data yang sudah terkumpul serta mencari kembali data apabila dirasa kurang.

3. Pengolahan Data
Melakukan pengolahan data dengan cara menimbang, mengatur, menyaring serta mengklarifikasi data sudah terkumpul. Di sini ada empat tahapan dalam pengolahan data ialah :

Menentukan variabel yang hendak dilakukan tabulasi dengan cara menciptakan daftar variabel untuk inventarisasi dalam menentukan variabel yang hendak dianalisis.

Menentukan metode tabulasi dengan menentukan cara yang sesuai dengan jumlah dari variabel serta jumlah respondennya. Selain itu juga tenaga, biaya dan fasilitas.

Editing, yakni melaksanakan koreksi atas kesalahan di dalam data yang dikarenakan adanya kekeliruan pengolahan data.

Analisis data, yakni menyederhanakan data semoga gampang dibaca dan di interpretasikan.

4. Penyusunan Laporan
Ini merupakan langkah terakhir dari acara penelitian. Di sini mulai dilakukannya pembuatan laporan ke dalam bentuk karya tulis. Kaprikornus laporan ini akrab kaitannya dengan kemampuan bahasa, berpikir runtut dan berpikir logis. Pada laporan yang lengkap tidak hanya memuat kajian hasil, melainkan juga proses penelitiannya secara menyeluruh. Urutan dari isi laporan penelitian biasanya menyerupai berikut :

Pendahuluan

Kajian Pustaka

Metodologi Penelitian

Hasil Penelitian

Saran serta implikasi

Posting Komentar untuk "Langkah Penelitian"