Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Simaklah atikel berikut untuk mengenal dan mengetahui bagian-bagian mata dan fungsinya. Mata ialah bab yang sangat penting, alasannya merupakan salah satu dari panca indera manusia. Mata sanggup berfungsi dengan baik apabila ada cahaya. Dengan adanya cahaya ini maka mata akan sanggup melihat dengan baik. Bila di dalam kegelapan maka mata tidak bisa melihat benda dikarenakan tidak ada cahaya yang masuk. Mata sendiri terdiri dari dua organ, yaitu organ dalam dan luar. namun untuk artikel kali ini hanya akan membahas bagian-bagian mata dan fungsinya.

Mata merupakan alat optik, sehingga cara kerjanya menurut sifat-sifat cahaya. Berikut ialah keterangan dari gambar di atas:

Keterangan

1. Kornea

Bagian ini ialah bab terluar mata, kornea sendiri mempunyai karakteristik berpengaruh dan tembus terhadap cahaya. Fungsi dari kornea sendiri ialah mendapatkan serta meneruskan cahaya yang masuk ke mata dan menawarkan donasi terhadap bab sensitif mata yang ada di bawahnya. cahaya yang diterima kornea akan diteruskan ke bab dalam mata yang lalu berakhir di retina.

2. Aqueous humor
Adalah lensa mata dan cairan kornea, fungsinya ialah membiaskan cahaya ke bab dalam mata

3. Lensa kristalin
lensa mata ini mempunyai kiprah yang penting yaitu mengatur letak bayangan semoga jatuh sempurna di bintik kuning. Lensa mata mempunyai kiprah untuk memfokuskan
cahaya dan meneruskanya semoga jatuhnya sempurna di bab retina.

4. Iris
selaput ini di bab tengahnya membentuk celah lingkaran. Fungsi dari iris ialah menawarkan warna mata, dan mengatur perbesaran pupil (kondisi ini dilakukan untuk membatasi banyaknya jumlah cahaya yang sanggup masuk ke iris). letaknya sendiri berada di tengah bola mata dan sempurna di belakang kornea. Jenis ras atau bangsa menjadi faktor yang mensugesti warna iris yang beda-beda.

5. Pupil
Adalah celah yang terbentuk akhir iris, fungsi dari celah ini ialah kawasan cahaya masuk. Fungsi dari pupil ialah mengatur jumlah cahaya yang masuk. Fungsinya ini hampir sama dengan diagfragma pada kamera atau alat potret. pupil ini berbentuk ibarat celah lingkaran yang letaknya berada di tengah iris.

6. Otot mata

Otot ini berfungsi untuk mengatur besar dan kecilnya lensa, selain itu juga berfungsi sebagai penyangga lensa kristalin.

7. Vitreus humor
Bentuknya ibarat cairan bening dan biasanya mengisi rongga mata. Fungsinya meneruskan cahaya dari lensa menuju ke retina.

8. Retina
Lapisan yang terdapat di bab belakang dinding bola mata dimana disitu kawasan bayangan akan dibentuk. Istilah lain dari bab ini ialah selaput jala, dimana bab ini ialah bab yang peka terhadap cahaya. Terlebih pada bintik kuning, retina sendiri mempunyai fungsi untuk menangkap cahaya dan  kemudian meneruskannya hingga ke saraf mata. lalu cahaya akan diterima di ujung-ujung saraf yang ada di bab selaput jala.

9. Bintik kuning
Lengkungan yang terdapat di retina dan merupakan bab yang paling peka.

10. Syaraf optik
Syaraf ini berfungsi untuk meneruskan rangsang cahaya yang tiba dari retina menuju ke otak. Tugasnya sendiri memang untuk meneruskan rangsang cahaya semoga hingga ke otak. Saraf optik membawa semua gosip yang akan diproses di dalam otak. Pada karenanya kita sanggup melihat suatu objek atau benda.

Posting Komentar untuk "Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya"