Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Organ Pencernaan Manusia

Fungsi organ pencernaan insan – Salah satu cara makhluk hidup untuk mempertahankan hidupnya ialah dengan cara makan, khususnya manusia. Saat ini aku juga akan membahas sesuatu yang tidak jauh kaitannya dengan makan yaitu wacana fungsi organ pencernaan manusia. Manusia makan untuk mendapat energy yang sanggup digunakan atau digunakan untuk mempertahankan hidupnya. Namun tahukah anda? Bahwa setiap kuliner yang anda makan itu membutuhkan beberapa proses untuk sanggup dijadikan sebagai energy.

Proses perubahan tersebutlah yang lebih dikenal dengan istilah pencernaan. Pencernaan ialah proses untuk merubah partikel kuliner yang ukurannya besar untuk dirubah menjadi partikel yang ukurannya kecil sehingga sanggup dengan gampang diserap oleh badan untuk dirubah menjadi zat yang diharapkan badan untuk dijadikan sebagai energy. Manusia mempunyai beberapa organ pencernaan, dan organ organ tersebut mempunyai fungsi masing. Adapun fungsi organ pencernaan insan akan aku paparkan secara lebih terperinci diuraian yang ada dibawah ini.

Fungsi organ pencernaan

Fungsi organ pencernaan itu ialah untuk merubah kuliner dari yang tadinya bentuknya besar dirubah menjadi bentuk yang lebih kecil untuk sanggup lebih gampang diserap oleh tubuh. Organ pencernaan pada insan ada beberapa, diantaranya ialah mulut, kerongkongan, lambung, usus, pankreas dan juga alat pembuangan.

Organ organ pencernaan tersebut yang terdapat didalam badan manusia, mempunyai fungsi masing masing dalam proses mencerna makanan. Pencernaan kuliner pada manusi itu dimulai dari lisan dan akan diakhiri pada alat pembuangan. Pencernaan pada insan dimulai dengan mengunyah atau memecahkan partikel menjadi lebih lembut yang dibantu oleh gigi dan enzim air liur dan diakhiri dengan pembuangan sampah atau sisa sisa kuliner yang sudah tidak diharapkan lagi oleh badan melalui alat pembuangan. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai fungsi organ pencernaan insan tersebut akan dijelaskan pada uraian yang ada dibawah ini.

Fungsi organ pencernaan manusia

Pada klarifikasi diatas telah disebutkan organ organ pencernaan yang terdapat dalam badan manusia. Dan telah dijelaskan pula bahwa setiap organ tersebut mempunyai fungsi masing masing dalam proses pencernaan. Berikut ialah klarifikasi lebih dalam mengenai fungsi organ pencernaan manusia:
  • Organ mulut. Orgam lisan mempunyai fungsi untuk mengunyah kuliner yang masih terlalu besar sehingga akan sulit untuk dicerna oleh tubuh. Mulut berfungsi untuk merubah kuliner menjadi partikel yang kecil. Mulut memecahkan kuliner dibantu oleh gigi dan juga cairan enzim berupa air liur
  • Organ tenggorokan berfungsi untuk mengantarkan kuliner dari lisan menuju kerongkongan 
  • Organ kerongkongan berfungsi untuk mengantarkan kuliner menuju ke lambung memakai gerak peristaltic 
  • Organ lambung berfungsi untuk merubah kuliner menjadi lebih lembut lagi ibarat bubuur sehingga akan lebih gampang diproses. 
  • Organ usus kecil berfungsi untuk mencampur cairan empedu dengan chime 
  • Organ usus besar berfungsi untuk proses pembusukan sisa dari kuliner yang tidak sanggup untuk dicerna oleh lambung untuk disimpan dipankreas 
  • Pancreas berfungsi untuk menyimpan sisa sampah kuliner sebelum dikeluarkan lewat alat pembuangan 
  • Alat pembuangan berfungsi untuk mengeluarkan sisa sampah yang telah ditampung didalam pankreas

Posting Komentar untuk "Fungsi Organ Pencernaan Manusia"