Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Batang yaitu salah satu bab organ yang terdapat dalam tumbuhan. Batang merupakan sumbu bagi tumbuhan, sanggup dikatakan bahwa batang merupakan tulang punggung atau daerah untuk bertumpu dan juga untuk tumbuh oleh organ tumbuhan bab yang lain ibarat daun dan akar.Daun dan akar yaitu pembantu batang dalam menjalankan fungsi batang pada tumbuhan secara lebih khusus. Organ organ yang terdapat di dalam tumbuhan antara lain yaitu batang, akar, daun, bunga dan juga buah. Organ organ tersebut yang terdapat di dalam tumbuhan mempunyai fungsi masing masing untuk kelangsungan hidup bagi tumbuhan itu sendiri.

Fungsi batang bagi tumbuhan

Tumbuhan mempunyai organ yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya demi kelangsungan hidupnya. Organ yang terdapat didalam tumbuhan salah satu nya yaitu batang. Batang mempunyai fungsi yang sangat penting terhadap kelangsungan hidup tumbuhan, alasannya batang merupakan daerah rujukan bagi organ yang lainnya.

Batang mempunyai dua pembuluh yaitu floem dan xilem, tiap tiap pembuluh tersebut mempunyai fungsi yang berbeda berbeda. Floem mempunyai fungsi untuk mengangkut seluruh makanan yang telah dibentuk didalam daun dan diangkut ke seluruh bab tumbuhan, sedangkan xylem mempunyai fungsi untuk mengangkut air dan juga zat hara untuk ditujukan kepada daun. Pada bab kulit batang ada organ yang berjulukan lentisel, organ itu berfungsi untuk alat pernafasan bagi tumbuhan. Sedangkan fungsi batang bagi tumbuhan yaitu sebagai berikut :

  • Batang sebagai penopang untuk seluruh bab tumbuhan biar tetap tegak
  • Batang sebagai alat buat menyalurkan sari sari makanan yang dihasilkan oleh daun menuju ke seluruh bab tumbuhan 
  • Batang sebagai alat untuk mengangkut mineral dan juga air dari akar menuju daun 
  • Batang sebagi daerah untuk menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan tertentu 
  • Batang sebagai daerah untuk tumbuh daun cabang dan bunga

Fungsi tumbuhan

Tumbuhan yaitu salah satu jenis makhluk hidup yang ada di dunia, tumbuhan mempunyai organ organ penting didalamnya yang membantu kelangsungan hidupnya ibarat daun, batang, akar, bunga dan juga buah. Organ organ tersebut mempunyai beberapa fungsi untuk kehidupan tumbuhan itu sendiri, sedangkan tumbuhan juga mempunyai fungsi untuk kehidupan manusia, berikut yaitu fungsi tumbuhan bagi kehidupan insan :

  1. Tumbuhan mempunyai akar, dan akar itu mempunyai fungsi bagi insan alasannya dari akar tumbuhan tersebut sanggup dijadikan sebagai obat herbal atau obat tradisional, ibarat kunyit, jahe, kencur
  2. Tumbuhan mempunyai daun yang berfungsi bagi manusia, missal daun sanggup dijadikan sebagai obat ibarat daun sambiloto, daun papaya, dan lain lain, daun juga sanggup berfungsi sebagai materi makanan seperti,kangkung, sawi, bayam, daun singkong, dll. 
  3. Tumbuhan mempunyai batang yang berfungsi sebagai materi bangunan 
  4. Tumbuhan mempunyai buah yang berfungsi untuk insan yaitu sanggup dimanfaatkan untuk sumber vitamin dan sangat elok untuk kesehatan tubuh 
  5. Tumbuhan mempunyai bunga yang sanggup berfungsi untuk hiasan rumah ibarat bunga mawar, kamboja, melati, dll.

Posting Komentar untuk "Fungsi Batang Pada Tumbuhan"