Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertumbuhan Pada Insan

Pertumbuhan pada manusia – Pada artikel yang sebelumnya aku telah bahas wacana embrio dan juga perkembangan embrio. Pada kesempatan kali ini aku bahas wacana pertumbuhan pada manusia. Pertumbuhan yang terjadi pada insan itu biasanya dihubungkan dengan adanya penambahan dari jumlah dan juga ukuran sel yang ada di dalam badan manusia. Misalnya yaitu pada ketika bayi gres terlahir ke dunia, hanya mempunyai berat sekitar 3 kg, hal ini berbeda pada ketika bayi tersebut sudah menginjak umur 6 bulan beratnya akan bermetamorfosis sekitar 8 hingga 9 kg dan bayi itu akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia. Masalah wacana pertumbuhan yang terjadi pada insan itu akan aku bahas pada uraian yang ada di bawah ini.

Pertumbuhan insan

Pertumbuhan merupakan sebuah proses pertambahan yang mencakup ukuran, bobot, volume, serta jumlah sel yang mempunyai sifat irreversible atau sel yang tidak sanggup kembali ke asal mulanya. Adapun yang dimaksud dengan perkembangan yaitu suatu proses perubahan ataupun diferensiasi dari sel untuk menuju suatu keadaan yang jauh lebih dewasa. Pertumbuhan dan juga perkembangan itu mempunyai arti yang sama sama penting bagi setiap makhluk hidup khususnya manusia. Pertumbuhan insan dan juga perkembangan insan itu akan membawa insan pada tingkat kedewasaan. Pada ketika insan telah tumbuh menjadi dewasa, maka insan tersebut akan sanggup menghasilkan keturunannya melalui proses reproduksi sehingga hal ini akan menciptakan populasi insan sanggup tetap terjaga kelestariannya.

Pertumbuhan manusia itu sendiri mencakup dua buah tahapan, yaitu tahap yang pertama yaitu tahap pra kelahiran yaitu tahap dimana insan tersebut belum dilahirkan ke dunia atau tahap dimana insan masih ada di dalam rahim ibunya. Tahap yang ke dua yaitu tahap pasca kelahiran yaitu tahap dimana insan itu telah terlahir ke dunia. Ke dua tahapan pertumbuhan yang terjadi pada insan itu akan aku jelaskan lebih detail pada uraian berikut.

Pertumbuhan pada insan

Pertumbuhan pada manusia itu terdiri atas dua buah tahapan menyerupai yang telah aku jelaskan di atas, ke dua tahapan itu yaitu tahap pra kelahiran dan tahap pasca kelahiran. Dari masing masing tahap tersebut mempunyai tahapan tahapan sendiri. Yang pertama yaitu tahap pra kelahiran, tahap pra kelahiran itu mencakup tiga buah tahapan yaitu :
  1. Tahap tri semester pertama, pada tahapan ini dimulai semenjak kandungan usia 3 bulan pertama. Dimana janin tersebut masih disebut dengan embrio
  2. Tahap tri semester ke dua, pada tahap ini embrio sudah disebut sebagai janin. Karena embrio tersebut telah mengalami perkembangan sel secara lebih sempurna. 
  3. Tahap tri semester ketiga, tahap ini janin telah berkembang dengan sangat sempurna. Janin sudah nampak terlihat menyerupai insan dan akan terus mengalami perkembangan hingga ketika akan terlahir ke dunia
Tahapan yang ke dua pada pertumbuhan insan yaitu tahap pasca kelahiran. Pada tahapan ini mencakup tahap balita atau anak anak, tahap remaja, tahap dewasa, dan tahap renta atau lansia.

Posting Komentar untuk "Pertumbuhan Pada Insan"