Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Koperasi

Pengertian koperasi. Koperasi ialah suatu tubuh perjuangan yang berbadan aturan dan berlandaskan berdasarkan asas kekeluargaan dan juga asas demokrasi ekonomi serta terdiri dari beberapa anggota didalamnya. Koperasi merupakan salah satu acara organisasi ekonomi yang bekerja dalam bidang gerakan potensi sumber daya yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Sumber daya ekonomi yang aada dalam koperasi terbatas sehingga lebih mengutamakan kesejahteraan dan kemajuan anggotanya terlebih dahulu. Agar suatu koperasi sanggup berjalan lancar, koperasi harus sanggup bekerja secara efisien dan mengikuti adanya prinsip dan kaidah ekonomi yang ada.

Pengertian koperasi berdasarkan undang – undang tahun 1967 ialah system organisasi ekonomi pada rakyat yang mempunyai sifat sosial, mempunyai beberapa anggota dan berbadan hokum. Koperasi ialah suatu susunan pada ekonomi sebagai salah satu bentuk perjuangan bersama berdasarkan pada asas kekeluargaan. Koperasi bukan sebuah perkumpulan modal akan tetapi perkumpulan dari orang –orang yang akan menjadi anggota koperasi. System kerjasama yang ada dalam koperasi berdasarkan pada sebuah rasa persamaan suatu derajat, tidak membeda- bedakan antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya. Kerja koperasi juga didasari atas adanya rasa kesadaran yamg dimiliki oleh seluruh anggotanya. Koperasi dijadikan sebagai salah satu wadah sosial dan juga wadah demokrasi ekonomi. System kerja yang terjadi didalam sebuah koperasi diadaptasi dengan kemauan anggotanya yang dihasilkan melalui proses mefakat yang telah disetujui oleh seluruh anggota koperasi.

Pengertian koperasi itu sendiri adalah suatu perjuangan yang berbadan hokum yang mempunyai beberapa anggota dan mempunyai tujuan untuk mensejaterakan anggotanya. Koperasi dijadikan sebagai salah satu tubuh perjuangan berbadan hukum, yang sanggup melaksanakan suatu acara perjuangan sendiri. Akan tetapi juga sanggup melaksanakan kerjasama dengan tubuh yang lainnya,karena tidak menutup kemungkinan juga kalau suatu koperasi melaksanakan kerjasama dengan tubuh perjuangan yang lainnya ibarat bekerjasam dengan tubuh perjuangan swasta atau sanggup juga bekerja sama dengan tubuh perjuangan milik Negara.

Jika ditinjau lebih dalam ada beberapa perbedaan antara koperasi dengan tubuh perjuangan yang lainnya. Dilihat dari segi pengertian koperasi dan pengertian tubuh perjuangan yang lain saja sudah berbeda. Selain itu ada juga beberapa hal yang sanggup membedakan antara koperasi dengan tubuh perjuangan yang lainnya. Perbedaan itu ialah :
  • Dari segi organisasi, koperasi mempunyai perbedaan dengan tubuh perjuangan lain. Kekuatan paling tinggi didalam koperasi ada di tangan anggotanya, koperasi juga tidak membeda-bedakan kepentingan anggotanya, sedangkan pada tubuh perjuangan lain, anggotanya dibatasi pada orang- orang yang mempunyai modal saja, didalam pelaksanaan acara kekuasaan paling tinggi ada ditangan pemilik modal paling besar. 
  • Dari segi tujuan perjuangan koperasi juga berbeda dengan tubuh perjuangan lain. Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan semua anggotanya dan melayani anggota secara adil, tidak membeda- bedakan antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya. Jika pada tubuh perjuangan yang lain tujuannya ialah untuk memperoleh suatu keuntungan. 
  • Dilihat dari segi perilaku kekerabatan perjuangan koperasi juga berbeda dengan tubuh lainnya. Koperasi senantiasa melukakan kerjasama dengan koperasi lainnya, kalau tubuh perjuangan lain tidak berhubungan melainkan melaksanakan adanya persaingan.
  • Dari segi pengolahan perjuangan pun koperasi berbeda dengan tubuh perjuangan lain, kalau pada koperasi pengolahan usahanya dilakukan secara fer atau terbuka pada semua anggotanya, kalau pada tubuh perjuangan pengolahan usahanya cenderung lebih tertutup. Baca: Pengertian Demokrasi Liberal, Pancasila, dan Terpimpin

Posting Komentar untuk "Pengertian Koperasi"