Pengertian Harga Dan Tujuannya Berdasarkan Para Ahli
Pengertian Harga dan Tujuannya Menurut Para Ahli - Harga merupakan suatu nilai yang dibentuk untuk menjadi patokan nilai suatu barang. Berikut beberapa pengertian harga berdasarkan para andal
· Djasmin Saladin 2001: harga merupakan salat tukar yang digunakan untuk mendapat produk atau jasa dengan sejumlah uang.
· Basu Swastha & Irawan 2005: harga ialah sesuatu yang dibutuhkan untuk mendapat suatu kombinasi antara pelayanan ditambah produk dengan membayar jumlah uang yang sudah menjadi patokan.
· Buchari Alma 2002: harga merupakan sebuah nilai yang ditentukan untuk suatu barang maupun jasa yang ditentukan dengan uang.
· Henry Simamora 2002: harga ialah nilai uang yang harus dikeluarkan untuk mendapat produk atau jasa yang diinginkan. Baca: Pengertian, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi
· Tjiptono 2002: harga yaitu hukurn moneter yang sanggup ditukarkan untuk mendapat hak atas suatu barang atau pemakaian layanan jasa.
· Harini 2008: harga merupakan nilai uang yang seseorang butuhkan untuk memperoleh sejumlah produk dan pelayanan.
Berdasarkan pengertian harga berdasarkan para andal diatas sanggup disimpulkan bahwa harga yaitu nilai uang yang ditentukan secara global yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk mendapat suatu produk atau pelayanan jasa yang diinginkan.
Peranan harga tak lepas dari proses jual beli suatu produk atau jasa. Harga membantu konsumen untuk memilih seseorang akan membeli barang atau tidak. Suatu perusahaan memilih nilai untuk mendapat keuntungan dari produk yang dijual perusahaan tersebut. Untuk memilih harga suatu produk atau jasa, ada beberapa dasar yang harus dipertimbangkan. Machfodz 2005 mengatakan: penetapan suatu harga sanggup dipengaruhi oleh faktor internal yang terdiri dari tujuan perusaan dalam memasarkan produk, taktik yang digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk, biaya yang dikeluarkan preusahaan untuk memproduksi dan memasarkan produk dan pembiayaan karyawan serta metode yang digunakan perusaan untuk memasarkan produk dan faktor eksternal yang sanggup dilihat dari model pasar yang akan dituju produk, persaingan harga dengan produk lain, serta lingkungan yang akan menjadi sasaran produk tersebut.
Penetapan harga suatu produk atau jasa tergantung dari tujuan perusahaan atau penjual yang memasarkan produk tersebut. Menurut Harini 2008 penetapan harga mempunyai tujuan yaitu:
1. Penetapan harga suatu produk mempunyai tujuan untuk mecapai sasaran perusahaan untuk memperoleh penghasilan serta memdapatkan sasaran investasi yang sudah ditentukan prosentase keuntungannya, sehingga untuk memenuhi hal tersebut diharapkan adanya penetapan harga niscaya dari suatu produk yang telah diproduksi perusahaan
2. Fungsi penetapan harga yang kedua merupakan hal yang harus diperhatikan untuk kestabilan harga suatu produk
3. Penetapan harga dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan produk dalam peredaran pasar, sehingga produk tetap sanggup bertahan dipasaran.
4. Penetapan harga harus dilakukan untuk mencegah terjadiya persaingan dengan perusaan lain yang mempunyai produk yang hampir sama.
5. Perusahaa menetapkan harga untuk memilih keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan biar perusahaan tetap sanggup memproduksi suatu barang yang akan dipasarkan.
Machfoedz 2005 juga beropini “Tujuan dari penetapan suatu harga yaitu utuk mencapai sasaran perusaan, mendapat keuntungan dari penjualan, meningkatkan serta membuatkan produksi produk, serta meluaskan sasaran pemasaran. Baca: Pengertian Bimbingan dan Kerjasama Menurut Para Ahli
· Djasmin Saladin 2001: harga merupakan salat tukar yang digunakan untuk mendapat produk atau jasa dengan sejumlah uang.
· Basu Swastha & Irawan 2005: harga ialah sesuatu yang dibutuhkan untuk mendapat suatu kombinasi antara pelayanan ditambah produk dengan membayar jumlah uang yang sudah menjadi patokan.
· Buchari Alma 2002: harga merupakan sebuah nilai yang ditentukan untuk suatu barang maupun jasa yang ditentukan dengan uang.
· Henry Simamora 2002: harga ialah nilai uang yang harus dikeluarkan untuk mendapat produk atau jasa yang diinginkan. Baca: Pengertian, Tujuan dan Fungsi Sosialisasi
· Tjiptono 2002: harga yaitu hukurn moneter yang sanggup ditukarkan untuk mendapat hak atas suatu barang atau pemakaian layanan jasa.
· Harini 2008: harga merupakan nilai uang yang seseorang butuhkan untuk memperoleh sejumlah produk dan pelayanan.
Berdasarkan pengertian harga berdasarkan para andal diatas sanggup disimpulkan bahwa harga yaitu nilai uang yang ditentukan secara global yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk mendapat suatu produk atau pelayanan jasa yang diinginkan.
Peranan harga tak lepas dari proses jual beli suatu produk atau jasa. Harga membantu konsumen untuk memilih seseorang akan membeli barang atau tidak. Suatu perusahaan memilih nilai untuk mendapat keuntungan dari produk yang dijual perusahaan tersebut. Untuk memilih harga suatu produk atau jasa, ada beberapa dasar yang harus dipertimbangkan. Machfodz 2005 mengatakan: penetapan suatu harga sanggup dipengaruhi oleh faktor internal yang terdiri dari tujuan perusaan dalam memasarkan produk, taktik yang digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk, biaya yang dikeluarkan preusahaan untuk memproduksi dan memasarkan produk dan pembiayaan karyawan serta metode yang digunakan perusaan untuk memasarkan produk dan faktor eksternal yang sanggup dilihat dari model pasar yang akan dituju produk, persaingan harga dengan produk lain, serta lingkungan yang akan menjadi sasaran produk tersebut.
Penetapan harga suatu produk atau jasa tergantung dari tujuan perusahaan atau penjual yang memasarkan produk tersebut. Menurut Harini 2008 penetapan harga mempunyai tujuan yaitu:
1. Penetapan harga suatu produk mempunyai tujuan untuk mecapai sasaran perusahaan untuk memperoleh penghasilan serta memdapatkan sasaran investasi yang sudah ditentukan prosentase keuntungannya, sehingga untuk memenuhi hal tersebut diharapkan adanya penetapan harga niscaya dari suatu produk yang telah diproduksi perusahaan
2. Fungsi penetapan harga yang kedua merupakan hal yang harus diperhatikan untuk kestabilan harga suatu produk
3. Penetapan harga dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan produk dalam peredaran pasar, sehingga produk tetap sanggup bertahan dipasaran.
4. Penetapan harga harus dilakukan untuk mencegah terjadiya persaingan dengan perusaan lain yang mempunyai produk yang hampir sama.
5. Perusahaa menetapkan harga untuk memilih keuntungan yang akan didapat oleh perusahaan biar perusahaan tetap sanggup memproduksi suatu barang yang akan dipasarkan.
Machfoedz 2005 juga beropini “Tujuan dari penetapan suatu harga yaitu utuk mencapai sasaran perusaan, mendapat keuntungan dari penjualan, meningkatkan serta membuatkan produksi produk, serta meluaskan sasaran pemasaran. Baca: Pengertian Bimbingan dan Kerjasama Menurut Para Ahli
Posting Komentar untuk "Pengertian Harga Dan Tujuannya Berdasarkan Para Ahli"