Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri - Ciri Pembuluh Balik Vena

Pengertian, fungsi, jenis, ciri-ciri pembuluh balik vena - pengertian Pembuluh balik vena merupakan salah satu pembuluh darah yang tugasnya membawa darah ke jantung. Darah yang akan di bawa oleh pembuluh balik vena merupakan darah yang bersal dari kapiler yang ada di dalam jaringan badan untuk kembali kepada jantung. Pembuluh balik vena bentuknya tidak elastis, dan ukurannya lebih kecil dari pembuluh nadi serta mempunyai dinding yang lebih tipis. Pada dikala darah kembali ke jantung, pembuluh balik vena akan medapat tekanan. Tekanan ini terkadang sanggup menciptakan darah yang tadinya menuju jantung akan kembali lagi menjauh dari jantung, maka dari itu untuk mencegah hal tersebut terjadi, pembuluh balik vena mempunyai katup-katup yang jumlahnya banyak, hal ini sebagai upaya semoga darah berjalan dengan normal.

Pembuluh balik vena terdiri dari 2 jenis. Jenis pembuluh balik vena ialah pembuluh balik vena besar cuilan atas dan pembuluh balik vena besar denah bawah. Pembuluh balik vena besar cuilan atas mempunyai kiprah untuk mendapatkan dan mengangkut darah dari cuilan atas badan manusia. Sedangkan pembuluh balik vena besar cuilan bawah fungsinya untuk mendapatkan dan mengankut darah bada cuilan dari tengah ke cuilan bawah badan manusia.

Pembuluh balik vena beraa dibawah kulit, namun denyutan pada pembuluh ini tidak terasa sebab mempunyai tekanan darah yang rendah, hal ini merupakan perjuangan badan semoga terhindar dari kehilangan banyak darah dikala terjadi luka, sebab darah akan hanya menetes hingga darah sanggup membeku dan menghentikan pendarahan. Pembuluh balik vena ini dilewati oleh darah yang terkandung karbon dioksida didalamnya.

Jenis pembuluh balik vena ada 4 macam yaitu:

1. Vena Pulmonalis pembuluh vena ini merupakan daerah darah yang mengandung oksigen yang dihirup oleh paru-paru untuk dibawa oleh pembuluh ini menju jantung. Pembuluh vena ini mempunyai 2 jenis teridi dari vena pulmonalis cuilan kiri dan vena pulmonalis cuilan kanan.

2. Vena cava ialah pembuluh balik vena yang tugasnya membawa darah pada badan insan menuju ke jantung cuilan atrium kanan. Jenis vena cava ada 2 ialah vena cava superior dan interior.

3. Vena Superfisialis merupakan pembuluh balik vena cava yang letaknya berada di dibawah kulit.

4. Vena Dalam: merupakan pembuluh darah balik vena yang selal bersisian dengan arteri, tersimpan di selubung pembungkus keduanya.

Ciri-ciri pembuluh balik vena diantaranya: pembuluh balik vena mempunyai dinding-dinding yang tipis dibandingkan dengan pembuluh nadi, pembuluh balik vena merupakan pembuluh yang tidak mempunyai elastisitas, pembuluh balik vena mempunyai diameter yang lebih lebar dari diameter pembuluh nadi, pembuluh balik vena terletak di bawah kulit atau permukaan tubuh, pembuluh balik vena mempunyai warna kebiru-biruan, pembuluh balik vena mempunyai ukuran kira-kira 1,5 cm, pembuluh balik vena mempunyai kandungan karbondioksida yang tinggi.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri - Ciri Pembuluh Balik Vena"